fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Glucosamine atau yang juga biasa disebut dengan glukosamin adalah zat alami yang terdapat pada tulang rawan. Namun zat alami tersebut juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi obat herbal. Glukosamin yang terdapat pada obat herbal tersebut dibuat dengan menggunakan kulit kerang. Suplemen herbal yang satu ini sebenarnya memiliki 3 jenis bentuk yakni glucosamine sulfate, hydrochloric serta N-acetyl-glucosamine

Walaupun begitu, ketiga jenis tersebut dapat memberikan efek yang berbeda-beda. Namun glucosamine sendiri umumnya memang digunakan untuk tujuan menjaga tulang rawan serta tulang sendi.

Informasi

Suplemen herbal yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kondisi kerusakan yang terjadi pada tulang rawan, peradangan maupun penyakit yang timbul karena hilangnya tulang rawan itu sendiri misalnya osteoarthritis.

Kebanyakan, suplemen herbal yang satu ini memang dikonsumsi dengan cara diminum, namun, Anda juga bisa menemukan bentuk lain dari glukosamin, seperti bentuk injeksi maupun obat oles. Karena obat yang satu ini termasuk ke dalam suplemen herbal, maka Anda dapat membeli obat ini dengan bebas tanpa perlu menggunakan resep dari dokter.

Dosis

Pemberian dosis suplemen herbal ini bisa berbeda-beda, tergantung kondisi maupun usia pasien. Secara umum dosis glukosamin yang akan diberikan adalah:

Dosis Dewasa untuk Mengatasi Kondisi Osteoarthritis

  • Dosis yang diberikan umumnya 1500 mg dengan jadwal minum sekali perhari atau bisa juga 500 mg dengan jadwal minum 3 kali per harinya.
  • Dosis suplemen ini dapat diminum sendiri atau bisa juga diminum bersamaan dengan chondroitin sulfate dalam dosis 400 mg yang diminum dengan jadwal 2 hingga 3 kali sehari. Umumnya obat ini bisa dikonsumsi selama kurang lebih 3 tahun.
  • Dosis glucosamine sulfate sendiri dapat dikonsumsi hingga dosis 750 mg dengan jadwal minum 2 kali sehari. Dosis ini juga bisa dikonsumsi secara bersamaan dengan ekstrak akar kunyit dengan dosis 500 mg. Penggunaan kedua obat tersebut umumnya dilakukan selama 6 minggu.

Glucosamine Oles, Dosis Dewasa untuk Osteoarthritis

  • Glucosamine sendiri merupakan salah satu komponen yang terdapat dalam krim dengan kandungan glucosamine sulfate sebanyak 30 mg/gram, selain itu juga terdapat kandungan chondroitin sulfate dengan dosis 50 mg per gram serta kandungan lainnya. Penggunaan obat ini adalah dengan dioles pada permukaan kulit. Umumnya pengobatan akan berlangsung selama 6 minggu.

Glucosamine Injeksi

  • Dosis dewasa osteoarthritis: dosis untuk injeksi adalah sebanyak 400 mg glucosamine sulfate. Injeksi tersebut dilakukan 2 kali seminggu. Pengobatan ini umumnya dilakukan selama kurang lebih 6 minggu tergantung kondisi pasien. 

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Interaksi obat yang terjadi pada glukosamin adalah dapat membuat kinerjanya menjadi berubah. Selain itu, interaksi pun dapat meningkatkan terjadinya efek samping. Interaksi obat sendiri bisa terjadi lantaran menggunakan obat lain secara bersamaan dengan suplemen ini.

Namun, ada kondisi tertentu dimana  penggunaan obat yang dapat berinteraksi tetap diberikan kepada pasien. Namun dokter umumnya akan mengurangi dosisnya supaya interaksi tidak menimbulkan masalah apapun. Berikut beberapa obat yang dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi secara bersamaan dengan glucosamine.

  • Anisindione
  • Dicumarol
  • Warfarin, yakni obat yang berfungsi guna mengencerkan darah

Kelompok Orang Berisiko

Berikut beberapa penyakit atau kondisi yang dapat memicu kontraindikasi. Diantaranya adalah:

  • Diabetes, beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa glukosamin sulfat dapat meningkatkan gula darah pada penderita diabetes. Namun ada penelitian baru yang menunjukkan bahwa glukosamin sulfat tidak memengaruhi kontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Glukosamin sepertinya aman untuk kebanyakan penderita diabetes, tetapi gula darah harus dipantau secara ketat.
  • Glaukoma, karena glukosamin sulfat tampaknya meningkatkan tekanan di dalam mata dan memperburuk glaukoma. Jika Anda memiliki glaukoma, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi glukosamin.
  • Kadar kolesterol yang tinggi tinggi
  • Kadar trigliserida yang tinggi
  • Kanker
  • Gangguan liver, dengan gejala sakit kuning yang ditAndai dengan perubahan warna kulit dan mata yang menjadi kekuningan.
  • Asma atau mengalami gangguan pernafasan lain
  • Memiliki alergi pada kerang atau kulitnya
  • Sedang menggunakan obat dengan fungsi mengencerkan darah.

Efek Samping

Penggunaan suplemen herbal ini juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Namun, tidak semua orang yang menggunakan obat ini akan mengalami efek samping. berikut beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan karena mengkonsumsi obat Glucosamine sulphate.

  • Reaksi alergi. Reaksi alergi ini ditAndai dengan pembengkakan yang terjadi pada area wajah, tenggorokan, bibir. Selain itu juga ditAndai dengan kesulitan untuk bernapas serta munculnya ruam pada kulit.
  • Mual dan muntah
  • Diare dan sembelit
  • Heartburn, atau munculnya rasa sensasi terbakar pada bagian dada
  • Mengantuk
  • Sakit kepala

Tidak semua orang dapat mengalami efek samping ini. Efek samping lain pun bisa dialami oleh beberapa orang. Jika Anda merasakan efek samping dari penggunaan obat tersebut pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Cara Konsumsi

Cara mengkonsumsi obat herbal ini adalah dengan mengikuti aturan pemakaian yang tertera pada kemasan obat.  Atau Anda juga bisa mengikuti petunjuk dokter. Jangan mengubah dosis di luar aturan pakai tanpa mengkonsultasikannya dengan dokter Anda terlebih dahulu. Pastikan untuk memberi tahu tentang kondisi kesehatan Anda serta obat yang sedang Anda gunakan. Umumnya obat ini akan dikonsumsi selama kurang lebih 8 minggu. Untuk hasil yang maksimal, pastikan untuk menggunakan atau meminum obat secara rutin.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis