fbpx
BerandaDiabetesGlikosuria

Glikosuria adalah kondisi ketika ditemukan gula (glukosa) di dalam urin. Pada kondisi normal, urin seharusnya tidak mengandung gula. Kondisi ini dapat terjadi ketika kadar gula di dalam darah tinggi (hiperglikemia) atau ketika terjadi kerusakan pada ginjal. 

glikosuria

Glikosuria merupakan kondisi yang sering terjadi pada pasien dengan diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. 

Mengenal Glikosuria Pada Pasien DM 

Diabetes mellitus (DM) merupakan kondisi yang ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang lebih dari batas normal. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan atau resistensi terhadap hormon insulin. Hormon insulin berperan dalam perpindahan glukosa ke dalam sel untuk membentuk energi atau pada sel hati dan lemak untuk disimpan dan dijadikan cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Ketika insulin tidak bekerja sebagaimana mestinya, akan terjadi peningkatan kadar glukosa dalam darah (hiperglikemia). Glukosa akan difiltrasi di ginjal dan akan diserap kembali. Ketika kadar glukosa yang harus difiltrasi melebihi kapasitas kerja ginjal untuk menyerap glukosa, glukosa akan terbuang melalui urin. Sehingga, ketika dilakukan pemeriksaan, urin akan mengandung gula. 

Apa Gejala Glikosuria? 

Orang yang memiliki kondisi glikosuria dapat memiliki gejala yang ringan atau mungkin tidak menunjukan gejala sama sekali. Oleh karena itu, seseorang biasanya tidak menyadari adanya kondisi glikosuria sampai dilakukan pemeriksaan penunjang. 

Untuk mendiagnosis glikosuria, harus dilakukan pemeriksaan terhadap sampel urin dari pasien. Pada banyak kasus, kondisi glikosuria merupakan tanda bahaya pada pasien dengan diabetes yang belum terdiagnosis. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Glikosuria harus diterapi berdasarkan penyebab yang mendasari kondisi tersebut. Pada glikosuria yang disebabkan oleh diabetes, gejala lain yang dapat muncul antara lain: 

  • Sering merasa lapar
  • Sering merasa haus 
  • Sering buang air kecil 

Seseorang dengan diabetes dapat mengalami beberapa gejala tambahan, seperti: 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Gangguan penglihatan 
  • Luka yang membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh 
  • Penurunan berat badan signifikan yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya
  • Penggelapan warna kulit di daerah ketiak, leher, atau area lain di mana kulit cenderung memiliki lipatan 

Konsultasikan kepada dokter apabila Anda memiliki gejala seperti yang telah disebutkan diatas. 

Glikosuria juga dapat muncul pada pasien yang memiliki Diabetes gestasional (diabetes yang muncul pada kehamilan). Namun, kondisi ini biasanya terdeteksi lebih awal ketika ibu hamil melakukan pemeriksaan rutin kehamilan. 

Bagaimana Cara Diagnosa Glikosuria? 

Glikosuria dapat didiagnosis melalui beberapa jenis pemeriksaan. Namun, pemeriksaan yang paling umum dilakukan adalah urinalisis. Pada pemeriksaan ini, dokter akan meminta Anda untuk mengambil sampel urin yang akan diletakkan pada wadah khusus.

Selanjutnya, sampel urin tersebut akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani pemeriksaan kadar gula. Anda beresiko tinggi menderita diabetes apabila kadar gula dalam urin Anda lebih dari 180 mg/dL.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain pemeriksaan urin, dokter juga dapat mengusulkan pemeriksaan kadar gula darah untuk memastikan penyakit yang mendasari kondisi glikosuria yang terjadi. 

Pemeriksaan kadar gula darah yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan gula darah puasa, pemeriksaan kadar gula darah 2 jam setelah Tes Toleransi Glukosa Oral (TTGO), serta pemeriksaan kadar gula darah sewaktu. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika dari ketiga pemeriksaan tersebut Anda dicurigai menderita diabetes, dokter dapat mengusulkan pemeriksaan tambahan hemoglobin A1c (HbA1c). 

Apa Hal Yang Dapat Menyebabkan Glikosuria? 

glikosuria

Kondisi yang dapat mempengaruhi kadar gula darah biasanya juga berperan sebagai penyebab terjadinya glikosuria. Kadar gula darah diatas batas normal paling sering disebabkan oleh diabetes melitus tipe 1 dan diabetes melitus tipe 2. 

Selain kadar gula darah yang tinggi, gangguan pada ginjal juga dapat menyebabkan kondisi glikosuria. Glikosuria ginjal merupakan penyakit yang dapat diturunkan atau pun di derita ketika telah dewasa. Hal ini terjadi ketika ginjal mengalami gangguan sehingga tidak dapat berfungsi normal untuk menyaring gula atau zat lain dengan benar. 

Bagaimana Cara Mengatasi Glikosuria? 

Untuk mengatasi glikosuria, Anda perlu mengatasi penyebab dasar yang menyebabkan terjadinya kondisi ini. Jika glikosuria disebabkan oleh diabetes melitus, Anda akan menjalani pengobatan menggunakan obat-obatan anti diabetes. Obat-obatan ini bekerja untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam darah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, Anda juga dapat melakukan beberapa modifikasi pada gaya hidup untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah: 

  • Mengurangi konsumsi karbohidrat
  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Melakukan olahraga dengan teratur

Cek kadar gula darah Anda dan keluarga dengan menggunakan ACCU-CHEK INSTANT NEW FAMILY PACK – Alat Tes Gula Darah / Glukosa (Rp292.813). Pengecekan gula darah sendiri tak harus selalu dilakukan di rumah sakit, melainkan bisa dilakukan mandiri di rumah. Anda bisa cek gula darah mandiri di rumah dengan pakai Accu – Check Instant New Family Pack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

tips merawat ginjal

Tips Memelihara Kesehatan Ginjal Bagi Pasien Kronis

apakah gerd bisa sembuh total?

Apakah GERD Bisa Sembuh Total? Ketahui Terapi & Pengobatan GERD

obat langganan Aplikasi

Lifepack Plus: Aplikasi Langganan Obat Rutin dan Obat Kronis

gerd penderita untukpuasamengatasi TipsTips

Tips Puasa Untuk Penderita GERD

cara merawat ginjal

8 Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman