fbpx
BerandadirektoriObatGentamicin

Gentamicin  adalah salah satu obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam kondisi infeksi dan termasuk dalam golongan obat antibiotik. Merek dagang  Gentamicin yang beredar di Indonesia adalah Argensol, Azopt, Gentamicin, Gentasolon, Benoson G, Gentason B, Betagentam, Genticid, Bioderm, Gentiderm, Biogen Skagen, Celestoderm-V + Garamycin, Ikagen, Cinogenta, Isotic Decamisin, Dermagen, Licogenta, Dermagen Forte, Ottogenta, Digenta, Diprogenta, Proson G, Ethigent, Pyogenta, Fermaderm, Pyogenta Pediatric, Garabiotik, Rogencin, Sagestam, Garamycin Pediatric, Garapon, Garasone, Salgen, Garexin, Salgen Plus, Genalten, Genbeta, Salticin, Genoint, Sinbiotik, Skilone, Genolon, Genta, Synalten, Gentalex, Timact, Gentamerck, Ximex, Konigin, dan Zensoderm.

Gentamicin

Informasi

Gentamicin yang termasuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida ini tersedia dalam berbagai bentuk sediaan seperti injeksi (suntikan), tetes, salep atau krim dan gel. Obat yang dikenal sebagai obat antimikroba ini bekerja untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan bisa digunakan baik untuk manusia maupun hewan. Gentamicin bekerja dengan cara menghambat proses sintesis protein pada bakteri yang rentan sehingga pertumbuhan bakteri akan terhenti. Kondisi yang bisa diatasi atau diobati dengan Gentamicin seperti berbagai infeksi kulit ringan hingga sedang misalnya jerawat, pioderma, impetigo, psoriasis, dermatitis, lecet, luka bakar ringan, dan berbagai macam bentuk luka pada kulit yang disebabkan oleh bakteri khususnya bakteri gram negatif.

Obat gentamicin seperti Gentamicin KF Cream 5 g (Rp 14.800) hanya bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, sehingga tidak bisa digunakan untuk mengatasi dan mengobati infeksi kulit yang diakibatkan oleh virus atau jamur. Jadi sebelum menggunakan Gentamicin sebaiknya anda mengetahui luka atau infeksi kulit yang anda alami disebabkan oleh bakteri atau virus.

Dosis

Dosis yang biasa diberikan akan bersifat individual. Beberapa dosis yang umum diberikan akan berbeda pada kondisi seperti dibawah ini :

  • Infeksi mata, untuk dewasa teteskan 1-2 tetes ke mata hingga 6x sehari dan untuk infeksi mata berat bisa digunakan sebanyak 1-2 tetes setiap 15 menit. Untuk anak-anak bisa disamakan dosisnya dengan orang dewasa.
  • Infeksi telinga, untuk dewasa 2-3 tetes selama 3-4 kali dalam sehari dan untuk anak-anak bisa disamakan dosisnya dengan orang dewasa.
  • Infeksi saluran kemih untuk orang dewasa 160 mg satu kali dalam sehari.
  • Infeksi kulit, untuk dewasa dan anak-anak oleskan secara tipis yang sudah dibersihkan selama 3-4 kali sehari.

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada dalam obat ini. Hipersensitivitas merupakan suatu kondisi dimana munculnya sebuah reaksi yang berlebihan karena terlalu lemah atau sensitifnya respon imun tubuh. Akibatnya akan terjadi kerusakan, ketidaknyamanan, dan dapat mengakibatkan kondisi yang sangat fatal bagi tubuh. Reaksi ini dibedakan menjadi 4 tipe, yaitu hipersensitivitas tipe 1, hipersensitivitas tipe 2, hipersensitivitas tipe 3, dan hipersensitivitas tipe 4. Semakin tinggi tingkatan hipersensitivitas, maka dampak yang dihasilkan akan semakin buruk. Oleh karena itu pastikan anda selalu berkonsultasi dengan dokter jika ingin menggunakan obat-obatan tertentu untuk menghindari reaksi hipersensitivitas.

Interaksi dengan Obat Lain

Jika dikonsumsi bersamaan dengan obat dibawah ini, besar kemungkinan akan menyebabkan adanya interaksi. Beberapa obat yang perlu diwaspadai penggunaannya secara bersamaan dengan Gentamicin adalah alcuronium, atracurium, cidofovir, cisatracurium, colistimethate sodium, decamethonium, doxacurium, fazadinium, gallamine, lysine, metocurine, mivacurium, pancuronium, rocuronium, tacrolimus, vancomycin, indomethacin, methoxyflurane, polygeline, dan masih banyak lagi obat lain yang mungkin menyebabkan adanya interaksi. Oleh karena itu pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter jika anda sedang mengonsumsi obat lain saat ingin menggunakan Gentamicin.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kelompok Orang Berisiko

Beberapa kondisi kesehatan berikut ini akan dapat beresiko saat menggunakan obat Gentamicin. Masalah kesehatan yang perlu diperhatikan saat ingin menggunakan obat ini khususnya adalah asma, riwayat alergi sulfit, hipokalemia, hiperkalemia, hipomagnesemia, penyakit ginjal, masalah otot, myasthenia gravis, dan masalah saraf.

Efek Samping

Efek samping yang sering muncul dan dianggap ringan dalam penggunaan Gentamicin adalah  mual, muntah, sakit perut, tidak nafsu makan, nyeri, iritasi, ruam, dan kemerahan pada daerah yang disuntik. Namun dalam beberapa kondisi yang cukup serius, obat ini dapat menyebabkan masalah ginjal dan kerusakan saraf serius yang akan berakhir dengan resiko tuli permanen dan masalah keseimbangan. Efek samping ini ditandai dengan gejala telinga berdenging atau menderu, pusing, dan penurunan jumlah urin yang tidak biasa. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Cara Konsumsi

Karena terdiri dari berbagai macam bentuk sediaan obat, penggunaan obat ini juga berbeda-beda sebagai berikut :

  1. Untuk injeksi disuntikkan ke vena atau otot, biasanya setiap 8 jam sekali pada saat perawatan.
  2. Untuk sediaan topikal atau salep digunakan setelah kulit yang terinfeksi dibersihkan dengan air dan sabun. Cara penggunaannya dengan mengoleskan sedikit produk salep di area kulit yang terinfeksi, gosok dan usap secara merata.
  3. Untuk sediaan gentamisin injeksi dan salep tergantung dengan kondisi kesehatan, berat badan, tes laboratorium, dan respon terapi.

Jika anda menggunakan Gentamisin dalam bentuk salep, perhatikan petunjuk yang tertera di dalam kemasan untuk cara penggunaannya. Perhatikan secara teliti untuk hasil yang maksimal. Jika dirasa masih belum mengerti anda bisa menanyakannya kepada dokter atau apoteker.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

antikoagulan pengencer darah

Antikoagulan Darah: Jenis, Manfaat dan Efek Samping

direktoriObat   18/01/2023
obat felodipine

Obat Felodipine: Mekanisme, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   07/12/2022
obat vytorin

Vytorin Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya!

direktoriObat   29/11/2022
obat ezetimibe

Ezetimibe obat apa? Cek Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

direktoriObat   29/11/2022
komunitas jantung sehat

Mengenal Jenis Obat Vasodilator: Cara Kerja, Daftar Obat, dan Efek Samping

direktoriObat   25/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman