fbpx
BerandaDiabetesKencing Manis Basah

Ditinjau oleh dr. Irma Lidia

kencing manis basah

Bagi banyak orang, kencing manis basah merupakan penyakit kencing manis yang ditandai dengan adanya luka atau gangren yang kondisinya basah. Pengkonsumsian obat khusus untuk penderita penyakit ini dapat membantu penanganan gangren basah tersebut. Simak berikut ini ulasan terkait obat kencing manis basah tersebut.

Apa Itu Kencing Manis Basah? 

Seyogianya, istilah kencing manis basah sama sekali tak digunakan dalam dunia medis. Namun, masyarakat mengidentifikasi kencing manis basah ini dari kondisi luka atau gangren yang basah yang muncul pada tubuh penderita diabetes. Luka atau gangren ini sendiri umumnya muncul pada bagian jari tangan, jari kaki, serta lengan dan kaki.

Gangren merupakan kondisi yang kerap menimpa penderita kencing manis. Kondisi ini terjadi karena terhambatnya aliran darah yang seharusnya mengalir ke jaringan tubuh. Akibatnya, jaringan tubuh itu pun menjadi mati dan tak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jaringan tubuh yang telah mati ini ditandai dengan perubahan warnanya menjadi biru keunguan hingga kehitaman.   

Gangren basah merupakan salah satu tipe dari gangren. Gangren basah ini sendiri terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang jaringan tubuh yang tak teraliri oleh darah tersebut. Akibatnya, area gangren basah ini pun menjadi membengkak, mengeluarkan cairan seperti nanah, dan juga mengeluarkan aroma yang tak sedap. 

Gejala Gangren Basah pada Penderita Kencing Manis

“Luka yang tidak terkontrol dengan baik pada penderita diabetes dapat berkembang menjadi gangren dan sulit sembuh. Oleh karena itu, penting bagi pasien diabetes untuk mengontrol gula darahnya dengan memodifikasi gaya hidup dan minum obat sesuai anjuran dokter. Jangan lupa untuk kontrol rutin untuk menghindari komplikasi.” jelas dr. Irma Lidia, tim dokter dari Lifepack. Untuk kontrol kadar gula secara rutin di rumah, Anda bisa menggunakan Accu-chek Active New Family Pack Extra – 1 buah – Alat tes gula darah/glukosa Accu Check (Rp513.700).

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gangren basah bisa diidentifikasi dari gejala yang ditimbulkannya. Umumnya, gangren basah ini ditandai dengan area luka yang lembab dan tak jarang mengeluarkan cairan seperti nanah. Semakin cepat gejalanya disadari, maka akan semakin cepat pula penanganan bisa diberikan atas gangren basah ini. Simak berikut ini apa saja gejala yang ditimbulkan oleh gangren basah tersebut.  

  1. Area gangren membengkak dan terasa nyeri
  2. Demam dan badan terasa tak nyaman
  3. Warna permukaan kulit yang berubah menjadi merah, coklat, biru, hijau kehitaman, hingga hitam
  4. Keluarnya cairan seperti nanah yang berbau tak sedap
  5. Permukaan kulit yang kering dan terlihat mengkilap
  6. Terlihat garis pembatas antara kulit dengan jaringan sehat dengan kulit yang jaringannya sudah rusak pada permukaan kulit

Pengobatan untuk Gangren Basah 

Penanganan yang tepat dan cepat untuk gangren basah akan memberikan dampak besar bagi penderitanya. Pasalnya, jika gangren basah ini tak segera ditangani, maka dapat mengakibatkan amputasi pada bagian tubuh yang jaringannya telah mati tersebut. Berikut ini beberapa bentuk pengobatan untuk gangren basah tersebut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Pengontrolan Gula Darah 

Mengontrol gula darah agar tetap stabil dan tak melonjak tinggi, merupakan bagian penting dalam proses penanganan gangren basah. Kadar gula yang tak terkontrol dan masih tinggi, hanya akan memperlambat proses penyembuhan gangren tersebut. Pengontrolan gula darah bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat khusus untuk penderita kencing manis. 

Adapun obat kencing manis basah yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah seperti metformin. Metformin akan menurunkan produksi glukosa pada liver, serta meningkatkan sensitivitas tubuh atas insulin, sehingga penggunaan insulin oleh tubuh akan optimal. Obat ini sendiri bisa memicu efek samping pada pengonsumsinya seperti mual, kembung, dan diare.  

  1. Menggunakan Antibiotik 

Penggunaan antibiotik pada penderita diabetes bisa membantu mencegah terjadinya infeksi, serta mengobati infeksi yang telah terlanjur terjadi, seperti pada gangren basah. Antibiotik dapat dimasukkan ke dalam tubuh melalui jarum infus. Dengan begini, gangren basah yang kondisinya terlanjur terinfeksi oleh bakteri akan berangsur sembuh.

  1. Terapi Oksigen Hiperbarik
kencing manis basah

Terapi oksigen hiperbarik merupakan terapi yang memang kerap dipilih untuk menangani gangren basah pada penderita diabetes. Penderita diabetes dengan gangren basah akan ditempatkan di sebuah ruang khusus, yang didalamnya sudah terisi dengan oksigen dengan tekanan yang lebih tinggi dibanding oksigen di alam bebas biasanya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Saat menjalani terapi oksigen hiperbarik ini, oksigen dengan level tinggi tersebut akan masuk ke dalam darah, sehingga akan mempercepat proses penyembuhan jaringan tubuh yang rusak tersebut. Selain itu, terapi oksigen hiperbarik juga akan memperlambat proses tumbuhnya bakteri, sehingga infeksi lebih lanjut pun bisa dihindari.  

  1. Operasi Pengangkatan Jaringan atau Debridemen

Jika jaringan tubuh yang telah mati berisiko memicu infeksi pada jaringan tubuh lain yang masih sehat, maka operasi pengangkatan jaringan atau debridemen juga bisa dilakukan. Dokter akan mengangkat jaringan tubuh yang telah mati untuk mencegah infeksi bakteri pada jaringan tubuh lain yang masih sehat di sekitarnya. Amputasi mungkin dilakukan dalam proses ini. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Penyakit kencing manis basah diidentifikasi oleh masyarakat luas sebagai kencing manis dengan gangren basah. Gangren basah ini ditandai dengan kondisi seperti luka yang berair atau bernanah serta mengeluarkan aroma tak sedap. Pengkonsumsian obat kencing manis basah serta beberapa bentuk pengobatan seperti terapi oksigen, merupakan bentuk penanganan atas kencing manis basah ini. 

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

pemanis pengganti gula

7 Daftar Pemanis Pengganti Gula untuk Pasien Diabetes

Diabetes   17/02/2022
obat kencing manis

Obat Kencing Manis yang Umum Diresepkan Dokter

Diabetes   15/10/2021
gula basah pada ibu hamil

Gula Basah dan Ciri-cirinya Pada Ibu Hamil

Diabetes   15/10/2021
cara menyembuhkan diabetes

Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Diabetes?

Diabetes   14/10/2021
kencing manis pada pria

Waspadai Gejala Kencing Manis pada Pria Sedari Dini

Diabetes   12/10/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman