fbpx

Fluticasone Furoate

Nov 6, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf F | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Fluticasone Furoate merupakan obat yang secara khusus digunakan untuk mencegah radang selaput hidung atau rhinitis serta alergi yang muncul dengan gejala bersin, flu, hidung tersumbat atau gatal. Obat ini termasuk dalam golongan kortikosteroid atau yang biasa dikenal dengan steroid yang dapat mengurangi pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada selaput hidung. Peradangan pada hidung biasanya akan terjadi pada saat saluran hidung terpapar partikel alergen yang menyebabkan reaksi alergi seperti serbuk sari, debu, tungau, atau bulu (Baca juga Cara Paling Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat).

Informasi

Fluticasone Furoate akan bekerja dengan cara melepaskan bahan kimia penyebab respons alergi.  Obat ini akan menghentikan dan mencegah reaksi alergi yang ada sehingga gejala radang hidung atau rhinitis akan berkurang. Selain digunakan untuk mengobati radang hidung atau rhinitis, obat ini juga bisa mengurangi gejala penyakit mata seperti gatal, mata berair, atau mata memerah. Untuk mencegah munculnya gejala serupa, obat ini bisa digunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

fluticasone furoate
Fluticasone Furoate merupakan obat untuk mencegah radang selaput hidung serta alergi dengan gejala bersin, flu, hidung tersumbat atau gatal.

Meskipun dapat digunakan secara rutin, namun obat ini termasuk dalam golongan obat keras yang penggunaannya harus menggunakan resep dokter. Jangan gunakan obat melebihi jangka waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Penggunaan obat dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan overdosis. Anda bisa menemukan obat Fluticasone Furoate dengan merk dagang Avamys Nasal Spray. Obat ini berbentuk spray sehingga dapat digunakan dengan mudah kapanpun dan dimanapun. 

Dosis

Untuk dapat menggunakan obat ini dengan aman, maka anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Dosis yang diberikan kepada satu orang mungkin akan berbeda dengan dosis yang diberikan kepada orang lainnya. Biasanya dokter akan dengan tepat memberikan resep dan dosis yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk dosis penggunaan Fluticasone Furoate dalam bentuk spray biasanya untuk usia dewasa dan remaja diatas 12 tahun bisa menggunakan obat ini sebanyak 2 spray sekali dalam sehari. Kemudian jika kondisi sudah mulai membaik dosis bisa dikurangi sebanyak 1 spray sekali dalam sehari. Berbeda dengan dosis yang diberikan pada anak-anak, anak-anak dengan usia sekitar 2 sampai 11 tahun hanya dibolehkan untuk menggunakan obat ini sebanyak 1 spray sekali dalam sehari. 

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh dan dilarang keras untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita kondisi atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap komponen atau komposisi yang ada dalam obat ini.

Interaksi dengan Obat Lain

Ada beberapa obat yang bisa dikonsumsi secara bersamaan dengan obat lainnya, namun ada pula obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan karena akan menimbulkan efek negatif yang akan memperburuk kondisi kesehatan. Fluticasone Furoate akan menyebabkan interaksi jika dikonsumsi atau digunakan secara bersamaan dengan ritonavir dan ketoconazole. Jika dikonsumsi atau digunakan secara bersamaan maka akan menyebabkan adanya resiko peningkatan paparan sistemik dari Fluticasone Furoate.

Kelompok Orang Berisiko

Orang yang menderita kondisi kesehatan seperti penderita gangguan hati atau liver, tuberkulosis, operasi nasa, glaukoma, ibu hamil dan menyusui, serta penderita katarak sebaiknya tidak menggunakan obat ini tanpa adanya petunjuk dari dokter.

Efek Samping

Meskipun obat ini dapat ditemukan dan digunakan dengan mudah, anda masih harus berhati-hati dengan efek samping yang mungkin bisa kapan saja terjadi. Adapun beberapa efek samping yang akan muncul akibat penggunaan obat ini adalah sebagai berikut :

  1. Mimisan
  2. Rasa mengganjal atau tidak nyaman pada hidung
  3. Iritasi hidung
  4. Pembengkakan pada bagian bibir
  5. Rasa terbakar pada kulit
  6. Pusing
  7. Mual
  8. Muntah

Pada kondisi khusus yang menimbulkan adanya reaksi alergi, pengguna obat akan mengalami efek samping hingga  tidak sadarkan diri atau pingsan. Oleh karena itu pastikan anda menggunakan resep dokter jika ingin menggunakan obat ini agar menghindari berbagai macam efek samping yang akan sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut maka besar kemungkinan anda mengalami efek samping dari penggunaan Fluticasone Furoate. Segera hentikan penggunaan obat dan hubungi dokter atau penyedia layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jika anda mengalami gejala yang tidak wajar lainnya maka bisa jadi itu juga merupakan salah satu bentuk efek samping yang ditimbulkan dari obat yang anda konsumsi. 

Cara Konsumsi

Karena obat ini lebih banyak dijumpai dalam bentuk spray maka cara penggunaannya pun cukup mudah. Sebelum menggunakan obat, anda dianjurkan untuk mengocok botol terlebih dahulu, kemudian tinggal disemprotkan pada lubang hidung. Semprotkan obat pada masing-masing bagian hidung, jika hendak menyemprotkan obat pada bagian hidung sebelah kiri maka tutuplah lubang hidung sebelah kanan, begitu pun sebaliknya. Setelah disemprot, maka hiruplah obat dalam-dalam agar obat dapat bekerja secara optimal. Berhati-hatilah saat menyemprotkan obat ke dalam hidung, karena bisa jadi obat akan melukai bagian dalam hidung.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis