fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Eugenol adalah salah satu jenis senyawa dari kimia fenilpropanoid. Senyawa ini merupakan cairan berminyak warna kuning pucat yang berasal dari ekstrak minyak esensial tertentu khususnya dari minyak cengkeh, kemangi, kayu manis, buah pala dan daun teluk. 

Senyawa ini dapat sedikit larut di dalam air dan larut dalam pelarut organik. Sifat dari senyawa ini memiliki rasa yang pedas dan aromanya seperti cengkeh. Nama eugenol berasal dari nama ilmiah cengkeh yakni Eugenia caryophyllata atau Eugenia aromaticum. Kandungan senyawa ini menjadi komponen utama pada minyak esensial yang diekstrak dari cengkeh dengan takaran kandungannya sebanyak 72% hingga 90%.

Informasi

Ada banyak manfaat dari penggunaan Eugenol yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Senyawa ini biasanya digunakan dalam minyak esensial, minyak wangi, penyedap, obat antiseptic dan anastesi lokal. Eugenol ini menjadi salah satu bahan paling utama dalam pembuatan rokok kretek (cengkeh) di Indonesia. 

Senyawa ini biasanya digunakan dalam produksi isoeugenol yaitu untuk pembuatan vanillin. Eugenol juga dapat dicampurkan dengan seng oksida sehingga membentuk suatu bahan yang sering dikenal sebagai seng oksida eugenol. Gabungan kedua bahan tersebut memiliki aplikasi restorative dan prostodontik yang digunakan dalam kedokteran gigi. 

Cara kerja eugenol dapat membantu mematikan sinyal saraf pemicu rasa sakit sehingga dapat mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Senyawa ini memiliki sifat anti radang yang sangat efektif untuk mengempiskan bengkak pada gusi serta mampu meredakan iritasi di area gigi yang bermasalah. Eugenol juga dapat membasmi sel kanker kolon tertentu yang dialami penderita melalui jalur in vitro. 

Dosis

Dosis penggunaan eugenol akan berbeda-beda pada setiap orang, karena pemberian dosis harus disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan pasien. Pastikan Anda menggunakan dosis sesuai yang tertera pada kemasan produk. Anda konsultasikan lebih dulu dengan dokter atau apoteker untuk mengetahui dosis yang aman dari penggunaan senyawa ini.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Anda sebaiknya menghubungi dokter terlebih dahulu jika sedang menggunakan obat-obatan lain termasuk vitamin, suplemen dan obat herbal sebelum menggunakan eugenol. 

Kelompok Orang Berisiko

Jika Anda sedang dalam kondisi hamil atau menyusui, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi Eugenol. Jika Anda sedang menjalani operasi atau berencana akan melakukan operasi, Anda tidak diperbolehkan menggunakan eugenol. Hubungi dokter terlebih dahulu sebelum menjalankan operasi jika ingin menggunakan senyawa ini. 

Anda juga tidak disarankan menggunakansenyawa ini jika mengalami hipersensitivitas atau alergi tertentu khususnya alergi terhadap eugenol. Jika sedang dalam penggunaan senyawa ini, Anda sebaiknya tidak melakukan kegiatan mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena efek samping dari eugenol dapat menyebabkan pusing dan mengantuk sehingga membahayakan dan tidak aman dikonsumsi bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan tersebut. 

Anda juga tidak diperbolehkan minum alkohol jika ingin mengonsumsi senyawa ini karena efek sampingnya dapat menyebabkan kantuk berlebihan. 

Efek Samping

Senyawa ini aman digunakan jika sesuai dengan aturan dan takaran yang tepat. Penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan timbulnya berbagai efek samping yang ringan hingga parah. Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan eugenol antara lain:

  • Kejang
  • Diare
  • Mual dan muntah
  • Pusing atau pingsan
  • Gangguan pernapasan
  • Batuk darah dalam urin
  • Luka bakar di mulut atau tenggorokan
  • Detak jantung lebih cepat
  • Merusak fungsi hati

Jika Anda merasa khawatir dengan gejala efek samping yang Anda alami setelah menggunakan eugenol, Anda perlu menghubungi dokter untuk diperiksa lebih lanjut agar dapat dirawat dan mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Cara Konsumsi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam penggunaan senyawa ini. Eugenol yang terdapat pada minyak cengkeh dapat mengatasi masalah sakit gigi. Cara penggunaannya yaitu Anda campurkan 2 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu, Anda celupkan bola kapas atau cotton bud dan tempelkan pada gigi yang sakit. 

Kompres selama beberapa saat hingga rasa sakitnya mereda. Selain dalam kemasan minyak, Anda bisa gunakan senyawa ini dalam kemasan bubuk seperti cengkeh bubuk. Cara penggunaannya yaitu Anda bubuhkan bubuk cengkeh tersebut pada gigi yang sakit kemudian Anda berkumur-kumur untuk membersihkan sisa-sisa bubuk cengkeh yang tertinggal di dalam mulut. 

Hindari penggunaan eugenol pada area sensitif seperti mata dan hidung. Simpanlah eugenol di tempat yang aman dan suhu ruangan yang sejuk agar terhindar dari paparan sinar matahari. Hindari obat eugenol dari jangkauan anak-anak.

Penggunaan eugenol tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak atau berlebih karena akan menimbulkan efek samping yang serius. Anda dapat mengurangi dosis atau menghentikan penggunaan eugenol jika tidak memberikan manfaat atau efek timbal balik yang menunjukkan hasil yang baik. Jika setelah penggunaan eugenol kondisi Anda tidak kunjung membaik, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan medis yang tepat. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis