fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Migrain masih menjadi penyakit mengganggu yang menimpa masyarakat Indonesia. Bahkan kondisi ini jika parah juga berpotensi untuk memunculkan penyakit kepala yang lebih kronis. Namun jangan khawatir karena ada obat yang bagus untuk Migrain namanya Ergotamin. 

Informasi

Ergotamin adalah obat untuk penyakit migrain atau sakit kepala sebelah. Ini disebabkan oleh kandungannya yang bagus untuk menyempitkan pembuluh darah di otak. Efeknya rasa nyeri menjadi reda arteri yang melebar juga kembali normal. 

Ergotamin juga memiliki efek kafein yang membantu relaksasi. Namun berhati-hati karena kafein tersebut obat ini bisa memicu kantuk. Makanya tidak dianjurkan mengkonsumsinya saat berkendara. 

Umumnya dokter menganjurkan konsumsi Ergotamin di awal muncul sakit migrain. Sebab di kala itu penyembuhannya jauh lebih cepat dibandingkan jika migrain sudah terjadi selama berminggu-minggu. 

Dosis Obat 

Obat tentunya harus dikonsumsi atau diminum sesuai aturan pakai. Begitu juga dengan obat migrain Ergotamin. Sedangkan untuk dosis tepat bagi obat ini adalah:

  1. Untuk serangan awal migrain: 2 mg
  2. Dosis jika masih terasa nyeri: 1 tablet setiap 30 menit
  3. Maksimal konsumsi adalah 6 mg per-hari

Gunakan obat ergotamin sesuai dengan dosis di atas. Aturan pakai semacam ini yang sejatinya bisa memberikan efek maksimal perawatan pada pasien dan dapat membantu penyembuhan pasien. 

Kontraindikasi 

Obat Ergotamin tidak dianjurkan diminum oleh ibu hamil. Pasalnya obat ini bisa memicu terjadinya mal metabolisme pada tubuh janin yang bisa membuatnya mengalami cacat permanen. 

Selain itu Ergotamin juga tidak dihimbau diminum oleh ibu yang sedang menyusui. Sebab obat bisa meresap ke dalam air susu ibu yang berpotensi membuat si kecil tidak suka untuk menyusu. 

Oleh sebab itu hentikan dulu aktifitas menyusui jika ingin minum obat Ergotamin. Alangkah lebih bijak pula untuk tidak meminumnya kecuali masa persusuan sudah selesai. Jika sudah tidak kuat menahan migrain bisa langsung dikonsumsi asal sepengetahuan dokter.

Interaksi dengan Obat Lain

Berhati-hatilah jika mengkonsumsi Ergotamin dengan produk lain. Pasalnya ada beberapa interaksi yang bakal terjadi yang semuanya merugikan pasien. Berikut interaksi-interaksi yang dimaksud:

  1. Ergotamin akan menimbulkan efek samping jika diminum bersamaan dengan obat sejenis sumatriptan
  2. Denyut jantung akan berdetak dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya 
  3. Memicu hipertensi atau darah tinggi jika diminum bersama kafein drink

Interaksi di atas menjadi alasan mengapa pasien harus menghentikan obat lain jika ingin mengkonsumsi Ergotamin. Bisa juga dengan melihat reaksi obat pertama terlebih dahulu sebelum pasien mengkonsumsi Ergotamin. 

Kelompok Orang Berisiko 

Tidak semua orang bisa minum Ergotamin apalagi ada kandungan kafein di dalamnya (Baca juga Mengenal Kafein dan Manfaat Besar Ketika Mengonsumsinya). Terutama bagi anak-anak dan orang yang sedang naik kendaraan. Pasalnya ada beberapa kontra indikasi yang bakal terjadi. 

Orang yang juga terlarang untuk minum Ergotamin adalah ibu hamil dan menyusui. Sebab dikhawatirkan akan terjadi gangguan kecacatan (tuna) pada janin yang dikandungnya. 

Efek Samping Obat 

ergotamin

Setiap obat pasti memiliki efek samping tertentu. Tanpa terkecuali obat migrain Ergotamin. Untuk obat ini efek sampingnya terbagi dua yaitu yang ringan dan berat. Efek samping ringan misalnya muntah, mual, nyeri otot dan jari kesemutan. 

Sedangkan efek samping yang masuk kategori berat seperti jantung berdebar, nyeri di bagian dada, tangan dan kaki terlihat membiru dan tungkai terasa lemah. Jika mengalami gejala ini segera hentikan konsumsi obat lalu datangi dokter. 

Cara Konsumsi Obat

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari obat Ergotamin pasien harus mengkonsumsinya sesuai aturan pakai yang benar. Silakan untuk cara minum ini bisa dilihat pada label kemasan atau membaca di resep dokter. 

Yang perlu diperhatikan soal aturan minum ini adalah silakan minum obat atas seizin dokter. Selain itu Ergotamin tidak boleh dikonsumsi untuk jangka panjang melainkan hanya ketika dibutuhkan saja. 

Umumnya Ergotamin diminum saat nyeri migrain mulai muncul. Jangan dikonsumsi setiap hari kecuali sekali minum reaksi obat tidak maksimal. Itu pun tidak boleh jangka panjang melainkan maksimal 3 hari saja. 

Jika dalam waktu tersebut migrain tidak juga sembuh segera bawa ke dokter. Mungkin yang terjadi adalah penyakit kepala jenis lain yang statusnya lebih akut dan kronis. Penyakit yang membutuhkan perawatan medis lebih khusus dibandingkan meminum obat biasa.  

Itulah obat Ergotamin yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala gangguan migrain. Sakit kepala sebelah yang rasa nyerinya sangat luar biasa. Silahkan diminum tetapi dengan memperhatikan poin-poin penting yang sudah dijelaskan di atas. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis