fbpx
BerandadirektoriPenyakitDiare Persisten: Penyebab dan Cara Mengatasi

Berbeda dengan diare pada umumnya yang akan sembuh sendiri dalam waktu kurang dari 2 minggu, diare persisten adalah diare yang berlangsung lebih lama. Apa itu diare persisten? Bagaimana cara mengatasinya? Jangan khawatir, simak penyebab dan cara mengatasi diare persisten di bawah.

diare persisten

Pengertian

Diare adalah penyakit pencernaan di mana feses menjadi terlalu lunak dan encer dengan frekuensi buang air besar yang berlebihan. 

Pada umumnya, pasien diare akan mendapati perasaan ingin buang air besar sebanyak lebih dari tiga kali terlepas dari adanya makanan di lambung atau tidak.

Diare sendiri dibagi menjadi tiga yaitu, diare akut, kronis, dan persisten. Ketiga diare ini dapat dibedakan sesuai dengan durasi diare yang sedang dialami.

Diare akut digunakan pada kondisi yang bertahan selama 1 atay 2 hari. Diare persisten dapat terjadi lebih dari 2 minggu namun kurang dari 4 minggu. Sedangkan diare kronis merupakan kondisi yang paling lama, yaitu sampai atau lebih dari 4 minggu.

Diare akut merupakan jenis diare yang paling seirng terjadi, namun diare persisten juga tidak jarang ditemukan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Penyebab

Pada umumnya, diare persisten disebabkan oleh berbagai faktor yang berbeda untuk setiap individu. Berikut beberapa penyebab yang dapat menjadi alasan diare yang Anda alami:

Infeksi

Diare dapat terjadi baik karena infeksi virus, bakteri, atau parasit. Infeksi virus yang paling umum sebabkan diare adalah gastroenteritis. Infeksi parasit juga dapat terjadi, umumnya karena virus seperti Entamoeba histolytica.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun diare seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri, yaitu bakteri yang paling sering ditemukan seperti Salmonella, E. Coli, dan sebagainya.

Penularan infeksi dapat terjadi karena konsumsi makanan atau minuman yang tidak berada dalam kondisi layak makan seperti kotor atau basi.

Bakteri, virus, atau parasit juga kerap kali dialami oleh orang-orang yang bepergian ke negara-negara berkembang. Sebagian negara berkembang yang tidak mengolah makanan dengan baik dan benar dapat terkontaminasi oleh mikroorganisme penyebab diare.

Konsumsi obat-obatan

Tidak hanya makanan, obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan diare. Sebagian antibiotik dapat tidak sesuai dengan sistem pencernaan sebagian orang hingga terjadi diare persisten. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Diare kronik atau diare umum seringkali memiliki alasan yang lebih beragam, seperti salah makan dan sebagainya. Namun karena diare umum akan sembuh dengan sendirinya dalam periode pendek, pengobatan diare umum dapat mengatasinya secara efektif.

Masalah pencernaan pada anak

Anak-anak atau balita juga dapat mengalami diare persisten. Diare dapat terjadi dalam jangka lama karena anak-anak mendapatkan konsumsi yang tidak seimbang. Asupan yang rendah lemak, namun tinggi akan gula dan cairan dapat menyebabkan diare. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sistem pencernaan bayi belum siap untuk mencerna gula yang tinggi tersebut. Di samping itu, gizi yang buruk juga tidak akan membantu tubuh untuk melawan infeksi seperti virus atau bakteri yang menyebabkan diare.

Di samping tiga penyebab tadi, masih banyak faktor yang menjadi penyebab diare persisten. Segera dapatkan bantuan medis jika diare Anda tak kunjung berhenti.

Cara mengatasi

Diare persisten dapat diobati dengan tepat jika Anda mengetahui penyebabnya. Sebaiknya konsultasikan keadaan dengan dokter jika diare tidak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu.

-Antibiotik untuk infeksi bakteri atau parasit

Jaminan Lifepack untuk Anda

-Obat resep jika diare disebabkan gangguan pencernaan seperti Crohn, sindrom iritasi usus, kolitis, atau kolitis ulserativa. 

-Probiotik untuk menyeimbangkan bakteri baik di usus

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ada juga beberapa pengobatan diare persisten yang bisa Anda lakukan di rumah, seperti:

-Minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi

-Hindari kafein dan alkohol yang dapat meningkatkan resiko dehidrasi

-Konsumsi makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan

Jaminan Lifepack untuk Anda

Untuk lebih tepatnya, lakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter yang relevan. Sampaikan kandungan yang tidak dapat Anda konsumsi serta komplikasi dan riwayat kesehatan lainnya.

Hindari diare persisten dengan selalu jaga kesehatan sistem pencernaan Anda dengan suplemen probiotik. Lacto-B Sachet 1 Gr – 40 Sachet – Suplemen probiotik untuk mencegah diare (Rp6.600) dapat melancarkan saluran pencernaan, serta mengatasi kondisi diare maupun kondisi lain seperti konstipasi dan dispepsia.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar diare persisten, mulai dari pengertian hingga pengobatan. Jaga kesehatan sistem pencernaan Anda bersama Apotek Lifepack

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor +62 21 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00.

Image: Incontinence photo created by jcomp – www.freepik.com

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022
fenofibrate

Fenofibrate: Manfaat, Efek Samping, Dosis

alergi sperma

Alergi Sperma: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

flu singapura pada anak

Waspada Flu Singapura Pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan

jenis hepatitis berbahaya

Jenis-jenis Hepatitis yang Berbahaya Bagi Tubuh

direktoriPenyakit   21/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman