fbpx

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Fala Adinda

Memiliki kulit yang kering tentu menjadi tidak nyaman dan juga mengganggu penampilan. Masalah ini memang sering dijumpai pada banyak orang, tapi ketika Anda mengalaminya pasti rasanya sangat membuat tidak bahagia. Selain itu, rasa gatal dan iritasi yang mungkin terjadi pada kulit juga menjadi momok tersendiri. Tentunya, kondisi ini membuat Anda membutuhkan penanganan cepat. Yuk, simak ulasan mengenai informasi obat Dexpanthenol yang mana akan sangat bermanfaat mengatasi masalah kulit satu ini.

Informasi

Obat satu ini merupakan golongan obat resep dalam Analog Alkohol Asam D-pantotenat yang mana sering diproduksi sebagai obat topikal (pemakaian luar) dan parenteral (suntikan). Mengandung Emollient, maka sangat wajar jika Dexpanthenol ampuh mengatasi peradangan kulit seperti iritasi akibat sinar UV, ruam popok, luka, hingga kulit kering dan bersisik.

Tidak hanya itu saja, rupanya keampuhan obat ini juga bisa digunakan sebagai profilaksis. Selepas operasi besar abdominal, obat ini bisa dipakai untuk mencegah ileus paralitik dan atoni di saluran pencernaan. Bahkan, beberapa komponen dalam obat ini juga sering digunakan sebagai komposisi suplemen nafsu makan yang banyak dijual di pasaran.

Dosis

Sebenarnya, pemberian dosis dari obat ini harus menyesuaikan dengan kondisi pasien terlebih dahulu. Jadi, dosis tiap individu akan berbeda tergantung kebutuhan mereka. Adapun dosis yang biasa diberikan dalam kondisi umum baik secara intramuskular atau topikal adalah sebagai berikut :

Mencegah Atonia / Ileus Adinamik (Paralitik)

Ketika pasien sedang melewati masa pasca operasi, maka dosis yang bisa diberikan adalah sekitar 200 – 500 mg untuk kategori dewasa. Dosis ini bisa dipakai untuk intramuskular atau topikal.

Peradangan Kulit

Jika pasien tidak menjalani operasi dan hanya menderita peradangan kulit saja, dosis yang bisa diberikan adalah salep 2 dan 5% krim atau 2-5% cairan obat untuk kategori dewasa. Jika dalam bentuk salep, maka obat tinggal dioleskan ke bagian yang mengalami peradangan. Sementara itu, jika diberikan dalam bagian cairan, maka obat bisa disuntikkan di bagian kulit yang mengalami peradangan juga.

Kontraindikasi

Berbicara mengenai interaksi obat ini, beberapa obat jelas tidak disarankan dipakai bersamaan namun ada beberapa obat juga yang bisa dipakai bersamaan meski interaksi juga tidak dihindarkan. Untuk itu, meski obat ini adalah obat luar namun penggunaannya harus diawasi oleh dokter.

Salah satu jenis obat yang tidak disarankan dipakai dengan obat ini adalah Suksinil Kolin. Hal ini dikarenakan penggunaannya bersama-sama dapat meningkatkan efek dari Suksinil Kolin itu sendiri. Inilah mengapa, Anda harus berkonsultasi dulu jika hendak menggunakan obat ini dan obat lainnya.

Adapun untuk kategori kelompok orang berisiko akan obat ini adalah orang-orang yang memiliki hemofilia, penyumbatan usus, dan alergi terhadap Dexpanthenol atau zat lain yang ada di dalam komposisi obat ini. Lantaran tergolong obat keras, maka wanita hamil dan menyusui juga sebaiknya menghindari konsumsi dari obat ini. Apabila Anda terpaksa menggunakannya, maka silahkan konsultasi dulu dengan dokter pribadi Anda.

Efek Samping

Selain banyak manfaat yang didapat dari obat ini, kita tidak bisa memungkiri jika obat-obatan yang dikonsumsi oleh manusia juga tidak lepas dari efek samping. Meski pada faktanya efek samping tiap individu berbeda, namun kita harus selalu ekstra hati-hati dan selalu jujur akan riwayat kesehatan kepada dokter yang meresepkan.

Beberapa efek samping yang bisa didapat dari obat ini adalah gatal, perubahan warna kulit, iritasi, sesak napas, rasa terbakar, alergi, urtikaria, hingga pembengkakan. Sementara itu, obat ini yang diberikan dalam bentuk suntukan intravena dan intramuskular juga bisa mempunyai efek samping seperti tekanan darah rendah, alergi, muntah, agitasi, dan diare. Apabila Anda mengalami beberapa hal tersebut, maka segera hentikan pemakaian obat dan periksakan diri Anda kembali.

Cara Konsumsi

Anda bisa menjumpai obat ini dalam berbagai produk topikal seperti lotion atau salep perawatan kulit. Untuk penggunaan obat ini, Anda cukup ikuti resep dari dokter dan juga petunjuk pada kemasan obat. Jika Anda masih bingung atau takut salah, Anda bisa berkonsultasi kembali dengan dokter Anda hingga Anda benar-benar paham. Selalu periksa tanggal kadaluarsa obat agar Anda tidak mengalami hal yang tidak menyenangkan.

Beberapa hal yang harus Anda ingat sebelum memakai obat ini adalah hanya gunakan obat pada bagian luar dan hindari mata serta mulut, jangan pakai pada wanita hamil atau ibu menyusui, dan perhatikan penyimpanannya. Agar obat tidak rusak, maka Anda harus menghindarkannya dari sinar matahari. Selain itu, simpan obat di tempat yang sejuk, kering, dan bersuhu ruangan. Jauhkan juga obat dari jangkauan binatang peliharaan Anda dan anak kecil.

Demikian ulasan mengenai berbagai penjelasan terkait obat Dexpanthenol, mulai dari informasinya, dosisnya, kontradiksinya, efek sampingnya, hingga cara pakainya. Apabila setelah menggunakan obat ini Anda tidak kunjung sembuh dan mengalami perburukan kondisi, maka segera konsultasi kembali pada dokter. Semoga ulasannya bermanfaat.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis