fbpx

Dexketoprofen Trometamol

Nov 11, 2020 | direktoriObat, Informasi Kesehatan Obat dari Huruf D | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Irma Lidia

Sensasi sakit layaknya ditusuk-tusuk yang Anda rasakan ketika mengalami nyeri tentu ingin segera dihilangkan. Salah satu caranya adalah mengonsumsi obat-obatan seperti obat Dexketoprofen Trometamol. Yuk, mari kita simak bagaimana informasi mengenai obat satu ini, termasuk dosis, kontraindikasi, efek samping, hingga cara konsumsinya di artikel berikut ini (Baca juga Natrium Diclofenac).

Informasi

Dexketoprofen Trometamol adalah sebuah produk obat generik dari Nulab Pharmaceutical yang bermanfaat untuk meredakan nyeri intensitas ringan hingga nyeri intensitas menengah. Sebut saja nyeri karena dismenore, nyeri muskuloskeletal akut, nyeri sakit gigi, hingga nyeri akibat operasi. Dexketoprofen biasa diproduksi dalam bentuk suntikan dan ada juga yang berbentuk tablet.

dexketoprofen trometamol
Obat Dexketoprofen Trometamol biasa digunakan untuk meredakan nyeri intensitas ringan hingga nyeri intensitas menengah.

Cara kerja obat ini yakni dengan menghambat enzim siklooksigenase agar tidak terlalu banyak memproduksi prostaglandin dalam tubuh manusia. Dengan begitu, rasa sakit yang Anda rasakan ketika terjadi peradangan akan sedikit berkurang. Namun meski ampuh untuk mengobati serangan nyeri, namun obat ini tidak disarankan dipakai dalam jangka panjang.

Dosis

Termasuk dalam golongan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID), satu tablet obat ini yang mengandung dosis 12,5 mg boleh dikonsumsi tiap 4-6 jam per hari. Sementara itu, dosis 25 mg bisa dikonsumsi tiap 8 jam tiap harinya dan dosis maksimal 75 mg bisa dikonsumsi per satu kali sehari saja.

Untuk dosis suntikan, kandungan 50 mg dari obat ini bisa diberikan tiap 8-12 jam sekali. Bahkan jika memang dibutuhkan, obat ini bisa diberikan 6 jam sesudah suntikan pertama dengan syarat tidak melebihi dosis 150 mg per hari.

Kontraindikasi

Berbicara mengenai interaksi obat ini dengan obat lainnya, memang ada beberapa obat yang tidak disarankan dikonsumsi bersamaan dengan Dexketoprofen Trometamol. Salah satu contoh obat tersebut adalah obat diabetes seperti Glibenclamide karena dapat membuat resiko Hipoglikemia.

Beberapa obat lain yang juga dilarang adalah Methotrexate yang dapat menimbulkan kelainan darah, Lithium yang dapat meningkatkan kadar Litium dalam darah Anda, dan Cyclosporin yang dapat merusak fungsi ginjal. Selanjutnya, larangan konsumsi juga berlaku untuk Phenytoin atau Sulfonamida karena dapat meningkatkan efek samping obatnya dan Antihipertensi yang dapat menurunkan kegunaan obat ini.

Tidak hanya beberapa obat tersebut, ada juga Antikoagulan seperti Warfarin atau Heparin, obat-obat golongan OAINS lain seperti Diclofenac, dan obat Kortikosteroid yang juga disarankan tidak dikonsumsi bersama obat ini agar tidak meningkatkan pendarahan. Resiko yang sama juga akan didapatkan ketika mengonsumsi obat ini dengan Pentoxifylline, Antiplatelet seperti Aspirin dan Antidepresan jenis Selective Serotonin Reuptake Inhibitors.

Adapun kelompok orang beresiko dari konsumsi obat ini adalah orang dengan riwayat asma, polip nasal, rhinitis akut, hingga bronkospasme dan tukak lambung. Orang-orang dengan penyakit urtikaria, edema angioneurotik, dispepsia kronik, hingga gagal jantung berat, pendarahan lambung, serta penderita penyakit crohn tidak disarankan mengonsumsinya.

Selain itu, anak-anak dibawah usia 18 tahun, wanita yang tengah hamil trimester, dan sedang menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi obat ini. Meski belum ada penelitian mengenai efek obat ini pada anak-anak, wanita hamil, dan ibu menyusui, namun tidak ada salahnya Anda berjaga-jaga dengan tidak menggunakannya. Jika Anda membutuhkan obat ini, maka pergi konsultasi lebih dulu ke dokter Anda untuk mengetahui bagaimana sebaiknya resiko obat ini diambil.

Efek Samping

Ketika mengonsumsi obat-obatan, Anda kemungkinan akan terkena efek samping sesuai kondisi tubuh Anda. Untuk obat satu ini, beberapa efek samping yang bisa timbul adalah pusing, mengantuk, alergi, nyeri ulu hati, mual, hingga muntah dan diare.

Dalam kondisi berat, tubuh bisa mengalami kesulitan bernapas, serta tinja berwarna hitam dan berdarah. Macam-macam gangguan juga bisa terjadi pada susunan saraf, saluran pencernaan, hati, hipersensitivitas, kulit, urogenital, dan organ-organ lainnya. Untuk itu, segera hentikan pemakaian obat ketika Anda mengalami hal-hal di atas. Lebih baik lagi, Anda segera ke rumah sakit memeriksakan diri agar tidak terjadi hal yang berbahaya.

Cara Konsumsi

Dalam satu dus, terdapat 5 strip obat ini yang mana dalam satu stripnya ada sekitar 10 tablet. Harganya sangat murah, yakni hanya sekitar 4 ribuan rupiah satu tabletnya. Agar obat tidak rusak, maka sebaiknya Anda menyimpannya di dalam tempat sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari.

Untuk konsumsi atau pemakaian obatnya, Anda harus menaati anjuran dokter. Tanyakan bolehkah Anda mengonsumsi obat ini dan berapa dosis yang tepat untuk tubuh Anda. Namun secara umum, obat ini bagus dikonsumsi kala perut masih kosong atau 30 menit sebelum makan. Hal ini karena ketika Anda mengonsumsinya bersama makanan, maka penyerapannya oleh tubuh akan berkurang.

Adapun untuk obat dalam bentuk suntikan, sebaiknya biarkan dokter atau petugas medis yang memberikannya. Ketika nyeri sudah hilang, maka Anda tidak perlu lebih lanjut mengonsumsinya.Demikian ulasan mengenai Dexketoprofen Trometamol. Semoga ulasannya bermanfaat dan dapat memberi Anda tambahan informasi mengenai dunia kesehatan, khususnya obat-obatan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis