fbpx
BerandaStrokeDeteksi Dini Gejala Stroke dengan Metode FAST

Stroke adalah masalah kesehatan yang perlu ditangani dengan segera. Terlambat menangani gejala stroke dapat menyebabkan kerusakan otak dan kelumpuhan pada pasien secara permanen. Namun tak jarang gejala stroke sering kali disalahartikan dengan gejala penyakit lain seperti pusing atau hipertensi sehingga menyebabkan penanganan stroke terhambat. Lantas, bagaimana cara deteksi dini gejala stroke? Simak ulasannya berikut ini. 

deteksi dini gejala stroke

Deteksi Dini Gejala Stroke dengan Metode FAST

Stroke adalah kondisi terganggunya aliran darah ke otak akibat sumbatan atau perdarahan. Terhambatnya aliran darah ke otak dapat menyebabkan jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi sehingga menyebabkan kematian sel otak. 

Salah satu metode sederhana yang bisa dilakukan untuk deteksi dini gejala stroke adalah dengan menggunakan metode F.A.S.T. Metode ini dapat membantu pasien mendapatkan penanganan stroke yang sesuai dengan kondisi yang dialaminya. Mengingat perawatan stroke paling efektif dapat diberikan ketika diagnosis stroke dapat dilakukan dalam kurun waktu 3-4,5 jam setelah pasien mengalami gejala stroke pertamanya. 

Metode F.A.S.T dapat dilakukan dengan cara berikut: 

F— Face (wajah): Saat menghadapi pasien dengan dugaan stroke, coba minta pasien untuk tersenyum dan perhatikan apakah salah satu sisi wajah atau sudut bibir  ada yang kendur atau tidak ikut terangkat ke atas. 

A—Arms (lengan): Minta pasien mengangkat kedua tangannya ke atas, kemudian perhatikan apakah pasien merasa salah satu tangannya terasa lemah dan turun dengan sendirinya. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

S—Speech (kemampuan bicara): Minta pasien untuk bicara dan perhatikan apakah bicaranya jelas? Anda dapat menanyakan hal sederhana seperti nama pasien, atau menirukan kata-kata yang Anda ucapkan. Dengarkan perkataannya apakah ada kata-kata yang terdengar samar dan tidak jelas. 

T—Time (waktu): Apabila Anda menjumpai salah satu dari gejala di atas muncul, sebaiknya segera hubungi rumah sakit terdekat agar pasien segera mendapatkan penanganan. Meskipun gejala yang tampak di atas sudah menghilang, sebaiknya pasien tetap mendapatkan pemeriksaan darurat di rumah sakit. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika Anda mendampingi pasien dengan kondisi stroke tersebut, catat kapan gejala pertama stroke muncul lalu sampaikan pada tim medis untuk membantu menentukan jenis perawatan yang sesuai. 

Gejala Stroke yang Sering Muncul

Ketika Anda sedang bersama orang yang sedang mengalami stroke, perhatikan beberapa gejala stroke yang sering muncul. Gejala stroke cenderung terjadi secara tiba-tiba dan dapat memburuk dalam jangka waktu singkat. Beberapa gejala yang perlu Anda kenali antara lain:

Merasa kebas atau mati rasa

Salah satu gejala stroke yang paling sering terjadi adalah mati rasa di area wajah, lengan, kaki atau salah satu sisi tubuh pasien. Untuk mengenali apakah gejala tersebut merupakan gejala stroke atau bukan, Anda bisa mencoba tersenyum atau mengangkat kedua tangan. Jika salah satu tangan melorot dengan sendirinya atau satu sisi wajah tampak tidak dapat bergerak atau berubah mimik maka hal ini dapat menjadi salah satu  gejala stroke. 

Penglihatan mengabur

Gejala stroke lainnya yang perlu diwaspadai adalah munculnya gangguan penglihatan. Menurunnya gangguan penglihatan ini terjadi secara tiba-tiba, umumnya ditandai dengan penglihatan membayang atau mendadak salah satu sisi mata mengalami kebutaan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Gangguan bicara

Gejala stroke yang mudah diamati adalah adanya gangguan bicara pada pasien. Pasien dapat mengalami gangguan bicara secara mendadak. Ia tidak mampu mengucapkan kata dengan lancar seperti lidah terpelintir sehingga tidak dapat bicara dengan jelas. 

Pasien juga dapat mengalami gangguan bahasa tidak mengerti apa yang orang lain katakan atau sebaliknya, pasien mengerti namun tidak dapat mengekspresikannya dengan kata-kata.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sakit kepala

Sakit kepala pada gejala stroke sering kali sulit dibedakan dengan sakit kepala lainnya. Namun untuk sakit kepala stroke biasanya ditandai dengan muntah, pusing hingga hilangnya kesadaran. Terkadang sakit kepala pada gejala stroke dapat muncul terasa sangat hebat secara tiba-tiba tanpa didahului dengan penyebab atau kondisi tertentu lainnya. 

Sulit berjalan

Apabila Anda melihat seseorang yang mendadak berjalan sempoyongan atau kesulitan berjalan dan mengatur keseimbangan tubuh, diikuti dengan sakit kepala cukup intens, hal ini dapat menjadi gejala stroke. Segera panggil bantuan medis dari rumah sakit untuk memberikan penanganan pada pasien. 

Penanganan Dini Gejala Stroke

Serangan stroke termasuk dalam kondisi darurat medis yang perlu ditangani dengan segera. Pertolongan pertama pada penderita stroke diperlukan untuk meminimalisir komplikasi akibat serangan stroke. Jika Anda menghadapi pasien yang mengalami stroke, beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan antara lain: 

Periksa pernapasan pasien. Jika pasien merasa kesulitan bernapas maka coba longgarkan pakaian pasien agar dapat bernapas dengan lebih lega. Minta pasien untuk menarik napas dalam dan mengembuskannya agar pernapasan dapat kembali normal. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apabila pasien dalam kondisi pingsan dan tidak ditemukan denyut nadi, Anda dapat segera memanggil ambulans.

Perbaiki posisi pasien. Baringkan pasien ke dalam posisi yang nyaman dan angkat sedikit bagian kepala ke atas seperti mendongak jika pasien tidak sadar. Apabila pasien dalam keadaan ingin muntah, posisikan pasien dalam keadaan miring untuk memudahkan pasien memuntahkan isi perut dan mencegah dari kemungkinan tersedak. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Segera bawa ke rumah sakit. Penanganan paling penting adalah segera panggil pertolongan pertama dari rumah sakit terdekat. Selama menunggu bantuan datang, usahakan untuk tetap tenang dan perhatikan kondisi pasien. 

Demikian informasi seputar deteksi dini gejala stroke. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan stroke hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

<iframe width=”400″ height=”300″ src=”https://www.youtube.com/embed/AW35mv4Ejt4″ title=”YouTube video player” frameborder=”0″ allow=”accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture” allowfullscreen=””></iframe>

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

alat fisioterapi stroke

Alat Fisioterapi untuk Pasien Stroke, Apa Saja?

Stroke   27/02/2023
senam anti stroke untuk lansia

Senam Anti Stroke untuk Lansia, Ini Gerakannya

Stroke   27/02/2023
olahraga pasca stroke

Pilihan Olahraga Pasca Stroke: Manfaat dan Jenisnya

Stroke   24/02/2023
cara menghibur orang stroke

Cara Mudah Menghibur Orang Tua Stroke

Stroke   16/02/2023
makanan untuk penderita stroke

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Stroke

Stroke   16/02/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman