fbpx
BerandaObatClindamycin: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Bakteri merupakan salah satu organisme yang dapat menyebabkan berbagai penyakit jika menginfeksi manusia. Bakteri dapat menyerang berbagai organ tubuh seperti organ reproduksi, kulit, darah, dan masih banyak lagi. Jika mengalami infeksi, tubuh akan menunjukkan berbagai gejala infeksi. 

obat clindamycin

Saat seperti ini, dokter biasanya akan memberikan resep obat-obatan antibiotik. Salah satu obat antibiotik yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi bakteri adalah obat Clindamycin.

Tentu Lifemates penasaran kan apa saja sih manfaat dari Clindamycin ini? Apakah obat ini dapat menimbulkan efek samping? Clindamycin hydrochloride obat apa? Tenang! Lifepack akan memberikan jawabannya lewat ulasan yang telah Tim Lifepack buat khusus Lifemates berikut ini.

Clindamycin Obat Apa?

Obat Clindamycin HCl atau Clindamycin hidroksiklorida adalah obat golongan antibiotik lincomycin yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi bakteri aerob gram positif.

Beberapa infeksi yang dapat diatasi oleh obat ini, yaitu infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, infeksi saluran pencernaan, infeksi tulang dan persendian, infeksi pada organ reproduksi wanita, infeksi jaringan lunak, dan juga digunakan pada terapi toksoplasmik ensefalitis pada pasien yang juga menderita AIDS .

Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan dan mencegah penyebaran bakteri ke area tubuh lain. Obat ini merupakan obat resep sehingga penggunaannya tidak dapat sembarangan dan memerlukan resep dokter. Clindamycin tersedia dalam bentuk Clindamycin kapsul 150 mg, kapsul 75 mg, kapsul 300 mg, injeksi, salep, lotion, dan gel.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Harga Clindamycin di pasaran berkisar antara Rp7.000 – Rp50.000. Clindamycin merupakan obat antibiotik yang bekerja menghambat sintesis protein dengan cara berikatan dengan ribosom 50s. Efek bakteriostatik atau bakterisidal Clindamycin bergantung pada konsentrasi obat jenis organisme dan lokasi infeksi.

Obat ini aktif terhadap S. aureus, S. pneumoniae, S. pyogenes, S. anaerobic, S. viridans dan actinomycin isrealli. Clindamycin juga aktif terhadap bacteroides fragilis dan kuman anaerob lainnya. Dalam penggunaan obat ini harus SESUAI DENGAN PETUNJUK DOKTER.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dosis Clindamycin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa obat Clindamycin masuk ke dalam golongan obat keras sehingga penggunaanya tidak dapat sembarangan. Anda memerlukan resep dokter untuk menggunakannya. Anda tidak diperbolehkan melebihkan, mengurangi, atau penggunaan obat Clindamycin tanpa pengawasan dokter.

Pemberian dosis Clindamycin perlu memperhatikan beberapa hal seperti usia, tingkat keparahan infeksi, kondisi kesehatan pasien, dan respon tubuh terhadap obat. Namun terdapat beberapa rekomendasi dosis Clindamycin yang biasanya digunakan oleh dokter, yaitu:

Clindamycin Oral

  1. Infeksi serius: 150-300 mg yang dikonsumsi setiap 6 jam sekali.
  2. Infeksi parah: 300-450 mg yang dikonsumsi setiap 6 jam sekali.

Clindamycin Injeksi

  1. Infeksi serius: 600-1200 mg melalui injeksi/infus per hari.
  2. Jika infeksi parah: 1200-2700 mg melalui injeksi/infus per hari.
  3. Infeksi sangat parah: Maksimal 4800 mg melalui infus per hari.

Kontraindikasi

Berikut interaksi obat dan kontraindikasi pada penggunaan Clindamycin.

Interaksi Obat

Penggunaan Clindamycin HCl bersamaan dengan obat atau suplemen lain berisiko menimbulkan interaksi obat di dalam tubuh. Beberapa obat yang dapat menimbulkan interaksi jika digunakan bersamaan dengan obat ini yaitu erythromycin, tubocurarine, metocurine, amifampridine, dan beberapa obat lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kelompok Berisiko

Penggunaan Clindamycin HCl dikontraindikasikan terhadap beberapa kelompok orang dengan masalah kesehatan tertentu, seperti gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, meningitis, dan orang dengan riwayat hipersensitivitas terhadap Clindamycin HCl atau obat antibiotik lainnya.

Efek Samping

Obat Clindamycin dapat menimbulkan efek samping pada penggunanya. Gejala efek samping yang sangat umum akibat penggunaan obat ini, antara lain:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Mual dan muntah
  2. Diare
  3. Sakit kepala
  4. Gatal-gatal pada kulit atau organ intim
  5. Ruam
  6. Nyeri pada ulu hati
  7. Nyeri sendi

Peringatan

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan obat ini. Pastikan Anda benar-benar memahami cara penggunaan Clindamycin HCl. Jika belum, tanyakan kembali pada dokter atau apoteker untuk mencegah terjadinya kesalahan informasi obat. 

Jangan melebihkan atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dokter. Anda juga tidak diperbolehkan memberhentikan penggunaan obat tanpa anjuran dari dokter. Karena hal ini berisiko akan terjadinya resistensi antibiotik.

Jangan gunakan obat ini jika Anda dalam keadaan hamil, sedang menyusui, atau memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap obat Clindamycin. Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan obat ini jika memiliki permasalahan kesehatan tertentu seperti gangguan fungsi hati dan penyakit ginjal. Konsultasikan penggunaan Clindamycin HCl pada dokter jika akan digunakan bersamaan dengan obat atau suplemen lain untuk mencegah terjadinya interaksi obat.

Simpan obat di tempat yang aman dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Jangan letakkan Clindamycin di tempat yang mudah dijangkau oleh anak-anak.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar obat Clindamycin. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jam operasional pada hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman