fbpx
BerandadirektoriObatChloroquine

Chloroquine merupakan salah satu obat anti malaria yang beberapa waktu lalu sempat viral karena dipercaya dapat menyembuhkan Covid-19. Karena berita itulah sempat terjadi kelangkaan Chloroquine sehingga menyebabkan harga obat ini melambung. 

chloroquine

Walaupun belum ada bukti ilmiah namun masyarakat masih saja membeli dan menyetok obat yang khusus digunakan untuk mencegah dan mengatasi malaria tersebut. Selain sebagai antimalarial, Chloroquine juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti lupus, peradangan sendi dan infeksi amoeba sehingga jika terjadi kelangkaan suplai akan sangat merugikan pasien-pasien lain terutama pasien lupus.

Informasi

Memang benar terdapat beberapa hipotesis yang menganggap Chloroquine dapat digunakan untuk mengatasi Covid-19 tapi hal tersebut masih dalam proses penelitian. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri sampai kini belum membuat pernyataan resmi yang mengizinkan pemakaian Chloroquine sebagai pengobatan utama bagi pasien Covid-19. Keefektifan dan keamanannya sebagai obat Covid-19 belum dapat dibuktikan secara pasti.

Perlu diingatkan jika mengonsumsi Chloroquine secara sembarangan merupakan tindakan yang sangat berbahaya. Obat ini sendiri termasuk golongan obat yang harus dikonsumsi menggunakan resep dokter. Obat ini dapat dengan mudah ditemui di pasaran terutama sebagai obat generik, salah satunya Chloroquine Kimia Farma 250 mg – 100 Tablet – Hydrocortisone acetate dan Chloramphenicol 250mg 100pcs 100s (Rp31.500). Pemakaian yang sembarangan justru dikhawatirkan akan membahayakan bagi kesehatan manusia. Obat ini umumnya ditemukan dalam bentuk tablet dan tersedia dalam ukuran 150 mg dan 300 mg. Di pasaran obat ini populer dengan nama dagang Chloroquine, Erlaquin , Chloroquine Phosphate, Resochin, Malarex dan Riboquin. 

Karena belum adanya pernyataan resmi dari WHO tentang kegunaan Chloroquine pada pasien Covid-19 maka sebaiknya masyarakat tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan. Belum adanya bukti yang valid tentang keamanannya bisa menjadi boomerang jika masih nekat mengonsumsi obat jenis ini. Bahkan, bisa saja terjadi efek samping karena pemakaian obat tanpa resep dokter.

Dosis

chloroquine
Chloroquine merupakan salah satu obat anti malaria yang beberapa waktu lalu sempat viral karena dipercaya dapat menyembuhkan Covid-19.

Sebagai obat yang harus dikonsumsi dengan resep dokter, penggunaannya diatur sesuai dengan usia dan penyakit pasien yang bersangkutan. Chloroquine dapat diberikan baik kepada orang dewasa maupun kepada anak-anak dengan dosis yang lebih kecil. Berikut dosis berdasarkan jenis penyakit yang diderita.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Malaria

Pasien dewasa akan diberikan Chloroquine sebanyak 600 mg sebagai dosis awal pada hari pertama. Setelah 6-8 jam setelahnya diberikan ulang dengan dosis sebanyak 300 mg. Selanjutnya 1-2 hari kemudian pasien diberikan 300 mg Chloroquine setiap sehari sekali. 

Sedangkan untuk pasien anak-anak sendiri Chloroquine yang diberikan bergantung pada berat badan anak. Pada hari pertama pasien diberikan Chloroquine dengan dosis awal 10 mg/kgBB (maks. 600 mg) berselang 6 jam kemudian diberikan 5 mg/kgBB (maks. 300 mg). Selanjutnya 1-2 hari kemudian pasien diberikan 5 mg/kgBB Chloroquine setiap sehari sekali.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Mencegah Malaria

Pasien dewasa akan diberikan Chloroquine sebanyak 300 mg sekali dalam satu minggu. Chloroquine wajib dikonsumsi 1 minggu sebelum bepergian ke tempat dengan banyak kasus malaria, selama berada di daerah tersebut serta masih harus dikonsumsi setelah 4 minggu meninggalkan tempat tersebut. 

Sedangkan untuk pasien anak-anak sendiri Chloroquine wajib dikonsumsi dengan dosis 5 mg/kgBB seminggu sekali. Sama seperti orang dewasa, orokin wajib dikonsumsi 1 minggu sebelum bepergian ke tempat dengan banyak kasus malaria, selama berada di daerah tersebut serta masih harus dikonsumsi setelah 4 minggu meninggalkan tempat tersebut.

Infeksi Akibat Amoeba

Pasien dewasa akan diberikan Chloroquine sebanyak 600 mg pada hari pertama dan kedua perawatan lalu dilanjutkan 300 mg/hari yang telah dikombinasikan dengan emetine atau dehydroemetine untuk 2-3 minggu kedepan. Sedangkan untuk pasien anak-anak sendiri disarankan untuk memberikan dosis 6 mg/kgBB/hari dan maksimal 300 mg/hari.

Peradangan Sendi

Pasien dewasa akan diberikan Chloroquine sebanyak 150 mg/hari dengan dosis maksimal sebanyak 2,5 mg/kgBB/hari. Sedangkan untuk pasien anak-anak disarankan memberikan 3 mg/kgBB/hari. Jika dirasa tidak ada perbaikan setelah 6 bulan maka disarankan untuk menghentikan pengobatan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Lupus

Pasien dewasa akan diberikan Chloroquine sebanyak 150 mg/hari dengan sebanyak 2,5 mg/kgBB/hari. Pengurangan dosis dilakukan sesuai izin dokter berdasarkan kondisi pasien dan respon pasien akan pengobatan.

Kontraindikasi

Interaksi dengan Obat Lain

Chloroquine sendiri memiliki beberapa risiko yang cukup besar bila digunakan bersamaan dengan obat lain. Obat-obatan seperti fenilbutazon, cimetidine atau antasida, amiodarone atau halofantrine, pirimetamin atau sulfadoxine, mefloquine dan quinacrine dipercaya dapat meningkatkan resiko efek samping serta menurunkan efektifitas Chloroquine. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kelompok Orang Berisiko 

Chloroquine tidak disarankan diberikan kepada ibu hamil atau menyusui. Terdapat bukti yang menyatakan jika Chloroquine berisiko pada janin manusia dan dapat terserap ke dalam ASI. Obat dapat digunakan jika dalam pengawasan ketat dokter. Selain itu, Chloroquine juga tidak disarankan diberikan kepada orang yang memiliki alergi terhadap obat ini.

Efek Samping

Efek samping Chloroquine bervariasi antara ringan hingga berat. Beberapa yang bersifat ringan adalah kram perut, otot terasa lemas, mual, muntah, diare sakit kepala dan penglihatan kabur. Jika Anda merasakan keluhan tersebut semakin memburuk hingga menimbulkan keluhan yang lebih serius maka disarankan untuk menemui dokter.

Cara Konsumsi

Obat ini harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter. Sebaiknya Anda tidak mengubah dosis atau menghentikan konsumsi obat ini tanpa petunjuk dokter. Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman lebih dulu sebelum menelan tablet ini untuk mencegah mual. Untuk menghindari kontaminasi, sebaiknya simpan obat ini di tempat yang sejuk, kering, terhindar dari sinar matahari langsung, kelembaban, udara panas serta jangkauan anak-anak.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022
simvastatin vs atorvastatin

Sama-sama Obat Kolesterol, Ini Bedanya Simvastatin vs Atorvastatin

direktoriObat   06/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman