fbpx
BerandaStrokeCara Mengobati Pasien Stroke Susah Bicara dengan Terapi Wicara

Stroke terjadi ketika aliran darah menuju otak terhambat. Kondisi ini disebabkan oleh pecah atau tersumbatnya pembuluh darah yang mengalirkan darah mengandung oksigen ke otak dan jaringan lainnya. Salah satu tanda terjadinya stroke adalah pasien mengalami susah bicara. Lantas, bagaimana cara mengobati pasien stroke yang susah bicara?

cara mengobati stroke susah bicara

Manfaat Terapi Wicara 

Terapi wicara dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berbahasa dan berkomunikasi. Dalam terapi wicara, terapis akan menilai, mendiagnosis dan menangani gangguan wicara serta masalah komunikasi. Selain pasien stroke yang susah bicara, terapi wicara juga dapat diberikan pada anak-anak yang mengalami kesulitan bicara dan orang yang mengalami gangguan pendengaran serta kesulitan menelan. 

Beberapa manfaat terapi wicara di antaranya:

  • Meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian
  • Meningkatkan kemampuan untuk memahami dan mengekspresikan ide, pikiran dan perasaan
  • Mempersiapkan anak untuk sekolah usia dini
  • Meningkatkan kualitas vokal
  • Meningkatkan kemampuan bahasa awal
  • Meningkatkan kemampuan menelan
  • Peningkatan kualitas hidup

Cara Mengobati Pasien Stroke yang Susah Bicara

Terapi wicara adalah terapi yang bermanfaat bagi pasien terutama pada pasien setelah mengalami stroke. Setiap pasien mengalami gangguan bicara yang berbeda, tergantung dari area otak mana yang mengalami stroke dan seberapa besar keparahan setelah stroke. Terapis akan memberi latihan bicara yang disesuaikan dengan kondisi pasien dan membantu meningkatkan kemampuan bicara pasien dan pembelajaran bahasa. 

Walaupun demikian, belum diketahui secara pasti berapa banyak sesi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan bicara dan bahasa pasien setelah stroke.

Sebuah penelitian memperlihatkan, 16 kali sesi terapi yang dilakukan selama 30-60 menit dalam 2 kali per minggu terbukti memberikan manfaat pada pasien stroke subakut (24 jam sampai 5 hari). 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beberapa latihan atau cara yang bisa digunakan untuk mengobati pasien stroke susah bicara antara lain: 

Latihan Lidah

Dalam terapi wicara, pasien dapat memulai latihan dengan menggerakkan lidah. Beberapa latihan lidah yang bisa dicoba antara lain:

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Lidah keluar masuk: Mengeluarkan lidah sejauh mungkin lalu tahan selama 2 detik dan tarik kembali. Tahan selama 2 detik lalu ulangi
  • Gerakkan lidah dari kiri ke kanan: Buka mulut dan gerakkan lidah hingga menyentuh sudut kanan mulut. Tahan selama 2 detik, lalu sentuh sudut kiri mulut. Tahan selama 2 detik dan ulangi. 
  • Gerakkan lidah atas ke bawah: Buka mulut dan julurkan lidah, lalu arahkan lidah ke arah hidung. Tahan selama 2 detik, lalu turunkan lidah ke arah dagu. Tahan selama 2 detik dan ulang. 

Latihan gerak ini membantu melatih lidah bergerak dalam pola terkoordinasi sehingga membantu meningkatkan kemampuan mengucap. 

Tersenyum

Senyum menjadi salah satu cara sederhana mengobati pasien stroke ringan susah bicara. Saat tersenyum, banyak otot wajah yang bergerak sehingga dapat meningkatkan kemampuan gerak oral. 

Anda dapat melakukannya dengan tersenyum di depan kaca, tahan selama 2 detik, lalu lepaskan otot wajah, Ulangi selama beberapa kali. 

Beberapa pasien stroke bukan hanya mengalami sulit bicara namun sulit menggerakkan satu sisi wajah. Ketika Anda latihan tersenyum di depan kaca, cobalah untuk membuat senyum yang simetris sebisa mungkin. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Mengerutkan Bibir

Latihan mengerutkan bibir juga baik untuk melatih bicara pada orang stroke. Mulailah dengan mulut dalam kondisi rileks. Kemudian kerutkan kedua bibir seperti sedang berciuman, tahan posisi ini selama 2 detik. 

Kembalikan bibir dalam kondisi rileks lalu ulangi. Untuk latihan dalam tahap lanjut, pasien dapat mencoba mengerutkan bibir sepelan mungkin. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Berlatih Mengucap Konsonan dan Vokal

Setelah latihan gerak motorik, pasien dapat mencoba berlatih kemampuan verbal. Salah satu caranya adalah dengan latihan mengucapkan huruf konsonan dan vokal. Pasien dapat berlatih mengucapkan huruf vokal seperti a, i, u, e, o lalu lanjut ke huruf konsonan dan vokal seperti ba-bi-bu secara berulang kali. Jika sudah lancar, pasien dapat melanjutkan dengan variasi konsonan dan vokal yang lebih beragam. 

Membaca Nyaring

Jika gangguan bicara membuat Anda sulit menggerakkan mulut dan lidah dengan benar, Anda dapat mencoba membaca atau melafalkan huruf-huruf dengan nyaring. Anda bisa memulai dengan beberapa kata secara nyaring, lalu berkembang hingga kosa kata dan kalimat. 

Bermain Kosa Kata

Pada tahapan terapi lebih lanjut, pasien dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan berbahasa dengan permainan. Permainan seperti bermain memori, mencari kata dan teka-teki silang menjadi permainan yang dapat meningkatkan kemampuan fungsi kognitif dan keterampilan berpikir. 

Pasien stroke umumnya mengalami gangguan bicara. Terapi wicara merupakan salah satu cara mengobati pasien stroke yang susah bicara. Selain itu, pasien mungkin memerlukan terapi gerak dan obat-obatan sesuai dengan kondisi pascastroke yang dialami. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar cara mengobati stroke susah bicara. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan stroke hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

sayuran untuk penderita stroke

Sayuran untuk Penderita Stroke: Apa Saja?

Stroke   30/01/2023
hiburan untuk penderita stroke

9 Pilihan Hiburan untuk Penderita Stroke

Stroke   28/01/2023
pasien stroke sering menangis

Mengapa Penderita Stroke Sering Menangis?

Stroke   27/01/2023
ct scan stroke hemoragik

Kenali Perbedaan CT Scan Hemoragik dan Iskemik

Stroke   26/01/2023
bahaya mana stroke kiri atau kanan

Mana yang Lebih Berbahaya, Stroke Kiri atau Stroke Kanan?

Stroke   24/01/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman