fbpx
BerandaHidup SehatCara Menghilangkan Varises: Mulai Cara Alami Hingga Medis

Varises merupakan salah satu penyakit pembuluh darah yang tidak boleh Anda sepelekan begitu saja. penyebab dari varises ini bisa beraneka ragam mulai dari faktor usia sampai gaya hidup. Kondisi varises ini tak hanya mengganggu penampilan, namun juga dapat menimbulkan rasa nyeri di area yang terkena. Selain itu bila varises tak diobati dengan cara yang tepat, kondisi ini dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan serius.  Pelajari cara menghilangkan varises pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.

Cara Menghilangkan Varises: Mulai Cara Alami Hingga Medis

Sebenarnya, Apa Varises Itu?

Varises adalah kondisi saat pembuluh darah vena mengalami pembengkakan. Pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan biasanya dikarenakan oleh munculnya urat yang berwarna ungu atau biru yang menonjol di permukaan kulit. Kondisi ini dikarenakan oleh darah yang seharusnya ke jantung malah kembali lagi ke kaki.

Kondisi ini disebabkan karena katup vena yang memiliki peran mengangkut darah ke jantung tak berfungsi dengan baik dan benar. Oleh sebab itu aliran balik jantung akan terganggu sehingga darah kembali mengumpul di vena. Hal ini juga mengakibatkan peningkatan tekanan pembuluh darah.

Sebenarnya, kondisi seperti ini bisa terjadi pada semua pembuluh darah vena yang berada di dalam tubuh. Tetapi, kondisi ini biasanya terjadi pada kaki, terutama di bagian betis, karena bagian ini yang jauh dari jantung selain itu efek gravitasi juga membuat darah menjadi sulit untuk kembali ke jantung. 

Bila dibiarkan secara terus menerus, akan terjadi kebocoran di pergelangan kaki, dan akhirnya menyebabkan pembengkakan. Orang yang berada dalam kondisi ini akan sering mengalami kram kaki di malam hari, bahkan tak jarang mengakibatkan pembengkakan dan nyeri. 

Pemicu Varises

Ada beberapa hal yang bisa membuat kita berisiko mengalami varises, antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

Riwayat Keluarga

Biasanya, orang yang memiliki varises mempunyai riwayat keluarga kondisi serupa. 

Jenis Kelamin

Wanita memiliki kecenderungan mengalami varises dibandingkan dengan pria. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Usia

Penuaan akan membuat katup di pembuluh darah melemah sehingga katup tersebut tak dapat berfungsi secara optimal. 

Kehamilan

Ketika berada di masa kehamilan, biasanya pertumbuhan janin akan memberi tekanan pada pembuluh darah kaki. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kondisi ini bisa membaik sesudah melahirkan. 

Kegemukan

Kelebihan berat badan bisa memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah. Hal ini juga menjadi penyebab terjadinya varises.

Malas Bergerak

Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama apalagi posisi kaki terus ditekuk bisa meningkatkan risiko dari varises, hal ini disebabkan karena posisi ini membuat pembuluh darah bekerja dengan keras agar bisa memompa darah ke jantung. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Cedera pada Kaki

Kerusakan katup atau mengalami pembekuan darah karena cedera kaki bisa meningkatkan risiko dari varises ini. 

Mengapa Kaum Hawa Sering Terkena Varises?

Mungkin Anda penasaran, mengapa wanita yang lebih sering terkena varises? Hal ini bisa disebabkan karena faktor hormonal. Untuk wanita, perubahan hormon yang biasanya terjadi selama siklus menstruasi, kehamilan bahkan menopause akan mengendurkan dinding pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang mengendur ini dapat menyebabkan katup menjadi semakin melemah.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pada dasarnya, dinding vena memiliki sifat elastis, sehingga saat mengendur dan melemah, dinding ini kehilangan sifat elastisitasnya. Bila diibaratkan, dinding yang melemah ini seperti gelang yang sudah mulai melar. Hal ini dapat membuat dinding vena menjadi lebih lebar dan panjang dan menyebabkan katupnya menjadi terpisah. 

Saat katup terpisah, darah mengalir mundur melalui katup. Aliran balik dari darah mengisi pembuluh dan membuat dinding meregang. Hal ini yang akan memicu penumpukan darah dalam pembuluh. Bila kondisi ini secara terus menerus dibiarkan begitu saja, pembuluh darah bisa semakin membengkak dan menjadi penyebab kemunculan benjolan dengan warna kebiruan di bawah permukaan kulit. 

Cara untuk Menghilangkan Varises

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan varises ini, seperti:

Rajin Melakukan Olahraga

Bila Anda tidak percaya diri karena tampilan varises di betis, cobalah untuk rajin melakukan olahraga setiap hari. Tak hanya membuat tubuh menjadi semakin bugar, namun rutin berolahraga bisa memperlancar sirkulasi darah pada kaki.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Biasanya, mereka yang memiliki berat badan berlebih akan rentan mengalami varises, apalagi pada wanita yang gemuk. Hal ini terjadi karena kegemukan akan memberi tekanan di pembuluh darah sehingga menyebabkan pelebaran pembuluh darah vena pada kaki. 

Laser

Perawatan ini akan menghilangkan varises yang berukuran kecil. Pancaran sinar yang kuat dapat membuat pembuluh darah perlahan memudar kemudian menghilang. Bila Anda takut dengan adanya jarum suntik, prosedur ini menjadi pilihan terbaik. Efek samping dari perawatan ini seperti kulit terbakar, infeksi hingga gangguan saraf.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Skemoterapi

Skemoterapi merupakan cara menghilangkan varises dengan menggunakan bahan kimia di pembuluh darah. Bahan kimia ini sangat efektif untuk membantu menyempitkan pembuluh darah serta memudarkan varises. 

Beberapa cara yang disebutkan di atas efektif untuk menghilangkan varises. Coba cara terbaik agar varises tak lagi bersarang di tubuh kita. Salah satu obat yang dapat membantu meringankan gangguan peredaran darah di kaki atau varises adalah Ardium 500 mg – 15 tablet (mulai dari 500rb).

Ingin beli obat tanpa ribet? Temukan solusi tebus obat mudah tanpa perlu keluar rumah dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store sekarang!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman