fbpx
BerandaHidup Sehat15 Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Sakit tenggorokan saat puasa merupakan salah satu kondisi yang seringkali membuat bingung. Di luar bulan Ramadhan, sakit tenggorokan dapat diatasi dengan mengonsumsi bahan-bahan yang efektif menenangkan rasa sakit. Jangan khawatir, berikut 10 cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa serta penyebab dan cara mencegah sakit tenggorokan Anda.

cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa

Penyebab sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan, radang tenggorokan, atau tenggorokan kering dapat disebabkan oleh banyak hal. Mengetahui penyebab tenggorokan dapat membantu Anda menemukan cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa yang tepat.

1. Virus

Salah satu penyebab sakit tenggorokan yang paling sering ditemukan adalah infeksi virus. Virus yang dapat masuk ke tubuh sangatlah bermacam-macam termasuk flu, influenza, mono, campak, cacar air, Covid-19, Croup.

2. Bakteri

Bakteri juga dapat menginfeksi saluran pernapasan Anda. Salah satu bakteri yang paling umum adalah Streptococcus pyogenes (streptokokus grup A).

3. Alergi

Alergi dapat menyebabkan tenggorokan Anda sakit atau kering. Mulai dari alergi bulu hewan peliharaan, jamur, debu, dan serbuk bunga dapat menyebabkan kondisi ini. 

4. Udara kering dan polusi

Udara yang terlalu kering di dalam ruangan atau polusi di luar ruangan dapat membuat tenggorokan Anda sangat kering dan sakit. Asap rokok, alkohol, bahan kimia, bahkan makan makanan pedas dapat mengiritasi tenggorokan Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Tegang otot

Ketika Anda berteriak atau berbicara dalam jangka waktu yang lama atau frekuensi sering, tenggorokan dapat kering dan sakit secara perlahan. 

Cara mengatasi radang tenggorokan saat puasa

Berikut adalah beberapa cara mengatasi sakit atau radang tenggorokan ketika Anda sedang menjalani ibadah puasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Mandi Air Hangat

Cara yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan baik Anda yang memiliki shower ataupun tidak. Uap dari air hangat akan membantu melembabkan pita suara secara alami. Anda akan merasa lebih nyaman setelah mandi air hangat daripada dengan air dingin.  

2. Gunakan air humidifier

Sama halnya seperti mandi air hangat, udara yang baik dan lembab akan membuat tenggorokan Anda lebih baik. Opsi yang satu ini tepat untuk digunakan oleh orang yang tidak bisa mendapatkan air hangat untuk mandi. Air humidifier juga baik untuk dinyalakan ketika Anda tidur di malam hari karena akan menjaga kelembaban tenggorokan saat tidur. 

3. Air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh air garam yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri. Selain itu berkumur air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan tetap bersih. Anda dapat berkumur air garam dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air setiap hari.

4. Minum air yang cukup di malam hari

Memperbanyak cairan seperti air putih adalah obat alami terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan. Kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan air liur dan lendir yang cukup. Alhasil, tenggorokan akan kering dan radang menjadi lebih parah. Dalam kondisi apapun, minum setidaknya 8 gelas sehari. Anda juga bisa menggantinya dengan teh jahe madu hangat atau teh hijau tawar hangat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Makan sup ayam ketika berbuka

Anda bisa memilih menu sup ayam yang lezat untuk meredakan sakit tenggorokan. Sup ayam akan memberikan cairan dan kehangatan yang diperlukan radang tenggorokan. Selain itu, makanan ini memiliki kandungan sodium yang berfungsi sebagai anti peradangan. Kaldu dari ayam juga dapat membantu meningkatkan sel darah putih yang disebut neutrofil untuk melawan infeksi.

6. Menghindari makanan berminyak saat sahur dan berbuka

Makanan berminyak seperti gorengan atau ayam goreng dapat memperparah sakit tenggorokan. Makanan yang digoreng dapat menyebabkan iritasi saat melewati tenggorokan sehingga memperparah sakit tenggorokan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

7. Istirahatkan suara dan tubuh

Tenggorokan yang sakit perlu untuk diistirahatkan dengan benar. Kurangi berbicara untuk sementara agar tenggorokan tidak kering dan bekerja terlalu keras. Selain itu, gunakan masker dengan benar jika Anda perlu keluar rumah sehingga tidak terpapar hal-hal yang akan mengiritasi tenggorokan lebih parah.

8. Makan permen pelega tenggorokan ketika berbuka

Permen pelega tenggorokan dengan kandungan ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus dapat setidaknya meredakan sakit tenggorokan untuk sementara. Bahan-bahan tersebut memiliki zat anti peradangan yang dapat memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan-jaringan pada tenggorokan Anda. Permen tersebut juga dapat meningkatkan produksi air liur sehingga menjaga tenggorokan tetap basah. 

9. Konsumsi antibiotik

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh bakteri, gunakan antibiotik untuk meredakannya. Antibiotik dapat Anda beli di apotek dengan menggunakan resep dokter. Pada umumnya dokter akan memberikan antibiotik untuk dihabiskan selama 5-10 hari. Antibiotik harus dihabiskan sesuai jadwal supaya tidak ada celah untuk bakteri hidup kembali.

10. Konsumsi obat radang tenggorokan over-the-counter

Di saat sahur atau berbuka puasa, Anda bisa mengonsumsi obat khusus radang. Degirol Hisap 0.25 Mg 4 Tablet (Rp7.258) mengandung Dequalinium Chloride yang dapat meredakan tenggorokan gatal serta mengatasi infeksi selaput lendir mulut. SP Troches Strawberry – 12 tablet hisap (Rp18.200) juga merupakan antiseptik oral yang dapat membunuh kuman, bakteri, dan jamur di mulut dan tenggorokan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian 10 cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa di bulan Ramadhan. Jika Anda mengalami gejala sakit tenggorokan, segera istirahat dan lindungi dari dari ancaman Covid-19. Dapatkan obat-obatan dan suplemen untuk lawan Covid-19 asli dan murah hanya di Apotek Online Lifepack.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman