fbpx
BerandaHidup Sehat10 Cara Mencegah Pusing Saat Puasa

Rasa pusing bisa muncul kapan saja termasuk saat puasa. Pusing bisa disebabkan berbagai hal termasuk kekurangan cairan, darah rendah, migrain, dan sebagainya. Salah satu cara paling cepat untuk mengatasi pusing adalah dengan mengonsumsi obat, tetapi Anda harus mencari cara lain untuk mengatasinya khusus di bulan Ramadhan. Berikut 8 cara mencegah pusing saat puasa agar bisa beraktivitas dengan normal.

pusing saat puasa

1. Sahur dengan karbohidrat secukupnya saja 

Pada saat sahur, Anda mungkin berpikir bahwa menu tinggi karbohidrat akan memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas seharian. Namun, karbohidrat yang dikonsumsi terlalu banyak secara sekaligus justru akan membuat gampang lapar di siang har.

Karbohidrat dapat diproses secara cepat oleh pencernaan. Sehingga, karbohidrat juga akan cepat menghilang sesuai dengan energi yang diberikan. Maka dari itu menu sahur harus tetap seimbang dan tidak menekankan pada asupan karbohidrat yang tinggi.

2. Konsumsi asupan nutrisi yang cukup

Saat berpuasa, kalori bisa menurun dan menyebabkan defisit kalori. Ini akan menyebabkan Anda kehilangan otot dan kehilangan energi untuk melakukan aktivitas. Untuk itu, Anda harus mendapatkan cukup protein saat sahur dan saat berbuka. 

Anda bisa mendapatkan protein dari daging ayam, ikan, atau daging. Protein akan diproses secara lebih lambat dari karbohidrat dan akan menyediakan energi yang diperlukan untuk tetap beraktivitas sepanjang hari.

3. Hindari makan terlalu banyak saat berbuka

Setelah berpuasa seharian, mungkin Anda memiliki banyak keinginan untuk memakan berbagai makanan. Makan terlalu banyak saat berbuka puasa justru akan membuat pencernaan Anda bekerja keras dan kelelahan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Terlalu banyak makan juga akan membuat Anda kenyang lebih cepat, sehingga Anda mungkin merasa tidak perlu sahur. Padahal, sahur tetap diperlukan untuk mempersiapkan tubuh untuk mendapatkan energi di siang hari.

4. Minum air yang cukup pada saat malam hari

Walaupun berpuasa, Anda tetap harus mendapatkan air mineral yang cukup. Tubuh yang dehidrasi ringan akan cenderung sering pusing, terlebih lagi saat berpuasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anjuran konsumsi air mineral untuk orang dewasa saat puasa adalah 8 gelas atau 2 liter. Anjuran ini dapat dibagi dengan mudah ke dalam 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari. Tidak ada salahnya untuk minum sedikit lebih banyak dari anjuran tersebut.

5. Pilih menu karbohidrat kompleks saat sahur

Karbohidrat kompleks lebih dianjurkan daripada karbohidrat biasa karena akan membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama karena dicerna secara pelan. Jenis karbohidrat ini tinggi akan serat yang baik untuk pencernaan.

Beberapa menu yang dapat memberikan karbohidrat kompleks adalah beras merah serta roti gandum, oatmeal, ataupun makanan lainnya yang mengandung gandum.

6. Hindari minum teh saat sahur

Salah satu cara mencegah pusing saat puasa adalah dengan menghindari teh di saat sahur. Minum teh yang banyak dalam waktu sahur berbeda dari minum air mineral.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Teh dapat membuat Anda sering mengeluarkan urin sekaligus garam mineral yang diperlukan untuk berenergi. Alhasil, Anda akan merasa lebih lemas dan pusing saat berpuasa karena kebutuhan mineral tidak tercukupi.

7. Sebisa mungkin jangan berpanas-panasan

Agar puasa tidak lemas dan pusing, Anda harus menjaga suhu tubuh agar tetap sejuk dan dingin. Cuaca yang panas atau beraktivitas yang terlalu keras akan membuat Anda berkeringat terlalu banyak dan kekurangan air.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Maka dari itu, Anda harus mendapatkan sirkulasi udara yang cukup jika beraktivitas di dalam ruangan. Pastikan untuk beristirahat dan berteduh jika Anda berada di luar ruangan.

8. Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat membuat Anda pusing di siang hari, bahkan dapat memicu penyakit lain seperti sakit kepala.

Anda harus tetap mendapatkan tidur yang cukup dan setidaknya lebih dari 6 jam semalam. Tentunya, tidur yang didapatkan juga harus berkualitas.

9. Terus beraktivitas seperti biasa

Berpuasa mungkin membuat Anda tidak ingin melakukan apapun. Tetapi, tidak beraktivitas sama sekali dan hanya rebahan akan membuat Anda pusing dan lemas.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Lakukan aktivitas seperti biasa namun tanpa tergesa-gesa. Anda harus tetap menjaga pikiran untuk tetap sadar sepanjang hari. Istirahat sebentar jika merasa perlu, tetapi jangan istirahat terlalu lama.

10. Minum suplemen zat besi

Salah satu penyebab pusing adalah kekurangan zat besi seperti anemia atau tekanan darah rendah. Jika Anda sering mengalami pusing tanpa sebab bahkan saat tidak puasa, segera periksakan diri ke dokter.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pasien anemia bisa mengonsumsi suplemen Sangobion Vitatonik Syrup 250 ML (Rp29.152) saat sudah berbuka puasa atau saat sahur. Sedangkan, pasien darah rendah dapat konsumsi Blackmores Omega Daily – 90 kapsul (Rp339.166) untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Demikian cara mencegah pusing saat puasa. Dapatkan suplemen dan obat original dan murah hanya di Apotek Online Lifepack. Dapatkan juga informasi lebih lanjut seputar cara mengatasi pusing saat berpuasa dengan konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman