fbpx
BerandadirektoriObatBeclomethasone Dipropionate (Betametason Topikal)

Alergi sering terjadi karena berbagai faktor, baik dari makanan, hewan, obat-obatan, dan sebagainya. Jika tidak diatasi dengan tepat dan cepat dapat menimbulkan infeksi yang berbahaya. Oleh karena itu, Anda bisa mengobati alergi dengan Betametasone Topikal atau beclomethasone dipropionate. Obat ini termasuk jenis obat kortikosteroid untuk mengurangi peradangan pada kulit.

beclomethasone-dipropionate-betametason-topikal

Informasi

Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate merupakan obat luar yang digunakan untuk peradangan kulit karena alergi, eksim dan dermatitis. Obat ini dapat mengurangi peradangan dengan menghidupkan senyawa alami dalam tubuh. Sehingga alergi yang ditimbulkan karena peradangan atau pembengkakan serta kemerahan dapat berkurang (Baca juga Cara Mengatasi Alergi dengan Cepat Namun Tetap Efektif).

Penggunaan Betametasone Topikal ini dilakukan hanya untuk penggunaan luar kulit. Karena obat ini tersedia dalam bentuk krim, salep, gel, dan losion. Produk yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah krim. Anda dapat membeli Betamethasone 0.1% – 5 gr – Salep Kulit Eksim Dermatitis 5g (Rp20.600) dengan resep dokter. Betametasone Topikal dapat dikombinasi dengan obat lain namun pastikan sudah konsultasi dengan dokter.

Dosis

Meskipun dalam bentuk krim atau salep, Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate tetap mempunyai dosis penggunaan. Dosis ini bertujuan untuk membatasi penggunaan obat yang berlebihan. Dosis Betametasone Topikal disesuaikan dengan area kulit yang alergi atau meradang.

Penggunaan krim Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate juga memerhatikan lokasi kulit yang terjadi peradangan atau kemerahan. Dosis penggunaan krim Betametasone Topikal ini 1 sampai 2 kali setiap hari dengan dosis satu ruas jari telunjuk.

Pemakaiannya sekitar 7 sampai 14 hari untuk obat luar. Penggunaan Betametasone Topikal juga bisa sampai gejala alergi yang muncul bisa berkurang (Baca juga 5 Faktor Penyebab Munculnya Alergi Yang Perlu Anda Waspadai). Namun, pastikan Anda sudah periksa terlebih ke dokter. Dan dokter sudah memberikan diagnosis akan kondisi tubuh Anda.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kontraindikasi

beclomethasone-dipropionate-betametason-topikal

Interaksi dengan Obat Lain

Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate hanya untuk penggunaan jangka pendek saja. Jika digunakan untuk jangka panjang bisa menyebabkan munculnya gejala efek samping yang berbahaya. Terutama jika digunakan bersamaan dengan obat lain tanpa pengawasan dokter.

Betametasone Topikal termasuk produk tunggal yang dapat dikombinasikan dengan antijamur, antibakteri dan asam salisilat. Karena dapat menyerap kortikosteroid oleh kulit dengan adanya asam salisilat tersebut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Namun, hindari penggunaan Betametasone Topikal dengan krim lain yang mengandung bahan kimia tinggi. Terutama yang bertentangan dengan kandungan Betametasone Topikal ini. Karena bisa menyebabkanya adanya interaksi yang berisiko tinggi terhadap kesembuhan kulit tersebut.

Kelompok Orang Berisiko

Penggunaan Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate juga harus memerhatikan usia dan riwayat kesehatan pasien. Karena setiap obat yang mengandung bahan kimia, termasuk obat luar bisa menyebabkan risiko tinggi pada kondisi tubuh tertentu. Diantaranya:

  1. Penderita diabetes. Bagi penderita diabetes lebih baik tidak menggunakan Betametasone Topikal. Karena penggunaan krim ini dapat menyebabkan risiko tinggi terhadap kesehatan.
  2. Penderita gangguan ginjal dan hati. Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate juga tidak cocok untuk penderita gangguan ginjal, hati, serta kelainan pada sistem kekebalan tubuh. 
  3. Penyakit kulit. Bagi penderita infeksi kulit, jerawat, rosacea, dan psoriasis yang luas hindari penggunaan Betametasone Topikal. Karena bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah.
  4. Anak-anak. Betametasone Topikal tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang, terutama pada anak-anak. Karena bisa meningkatkan risiko gangguan kelenjar adrenal.
  5. Penyakit gigi. Bagi pasien yang sedang sakit gigi, dan ingin menjalankan operasi, hindari menggunakan Betametasone Topikal.

Efek Samping

Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate bisa menimbulkan efek samping jika digunakan secara berlebihan atau tidak memerhatikan dosis. Obat ini hanya digunakan untuk kulit saja, dan jika terkena mulut, mata atau hidung segera bilas dengan air. Agar tidak menyebabkan iritasi atau infeksi yang berbahaya.

Reaksi Betametasone Topikal terhadap kondisi tubuh berbeda-beda. Jika terjadi gejala atau efek samping, seperti:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Iritasi pada kulit
  2. Gatal dan terasa panas pada kulit
  3. Peradangan dan kemerahan
  4. Kulit menjadi kering

Betametasone Topikal juga bisa menyebabkan efek samping yang lebih parah jika digunakan bersama obat lain yang berbahaya, yaitu ruam, bengkak dan benjolan yang mengeluarkan nanah.

Cara Konsumsi

Sebelum menggunakan Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Dan baca petunjuk dalam kemasan untuk dosis yang diberikan. Jangan menggunakan obat ini pada area yang sensitif, seperti mata, ketiak, wajah dan hidung. Gunakan Betametasone Topikal sesuai dengan dosis dan selama 7 sampai 12 hari.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Bersihkan tangan dengan sabun sebelum menggunakan Betametasone Topikal. Bersihkan juga area yang meradang atau kemerahan agar tidak ada bakteri yang menempel. Setelah kering, oleskan krim Betametasone Topikal ini pada bagian tersebut. Gosok perlahan dan tutup dengan kain kasa serta perban.

Setelah penggunaan obat Betametasone Topikal, bersihkan tangan Anda kembali agar tidak masuk ke mulut. Jangan menggunakan obat ini pada kulit yang sedang infeksi dan jika Anda lupa menggunakan Betametasone Topikal jangan menambahkan dosis. 

Simpan kembali Betametasone Topikal atau Beclomethasone Dipropionate dalam kondisi rapat. Letakan pada tempat yang kering dan sejuk. Betametasone Topikal bisa dikombinasi dengan penggunaan antibiotik, namun harus dibawah pengawasan dokter. Jika ingin berhenti menggunakan krim Betametasone Topikal ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak menimbulkan efek samping dari obat tersebut. 

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

RANICHO

Ranicho: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   30/09/2022
itramag

Itramag: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   25/09/2022
improvox

Improvox: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   23/09/2022
obat amcor

Amcor: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   12/09/2022
Albistrok

Albistrok: Manfaat, Dosis, Efek Samping

direktoriObat   09/09/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman