fbpx
BerandaUncategorizedBahaya Konsumsi Coklat Berlebihan di Hari Valentine

Saat hari Valentine, Anda mungkin mendapatkan banyak coklat dari orang tersayang. Kesempatan ini juga dijadikan banyak orang untuk mendapatkan berbagai produk coklat dengan harga promo. Cokelat sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan, tetapi tidak halnya dengan konsumsi secara berlebihan. Sebelum hari Valentine tiba, ketahui dulu bahaya konsumsi coklat secara berlebihan di hari Valentine.

bahaya coklat
  • Menambah berat badan

Sebagian besar produk coklat yang dijual di supermarket kebanyakan besar mengandung banyak kalori. Konsumsi kalori dalam jumlah banyak secara sekaligus atau rutin tentunya akan membuat berat badan meningkat dengan pesat. Sehingga, bahaya coklat sebagai penambah berat badan akan muncul ketika dimakan sekaligus.

Varian coklat susu pada umumnya mengandung sekitar 150 kalori, 16,8 gram karbohidrat, dan 8,4 gram lemak per ons. Sedangkan, coklat hitam yang terbuat dari 70 hingga 85% kakao pada umumnya memiliki 170 kalori, 13 gram karbohidrat, dan 12,1 gram lemak. Cokelat hitam terkenal lebih sehat daripada coklat susu karena lebih murni, tetapi cokelat berjenis apapun tetap mengandung kalori yang harus diwaspadai.

Cara mengantisipasinya adalah dengan konsumsi cokelat secara berselang. Jangan habiskan cokelat secara sekaligus dalam satu kali makan. Produk coklat pada umumnya akan bertahan lama di suhu dingin ataupun suhu ruangan. Simpan sisa coklat Anda dan habiskan sedikit demi sedikit di kemudian hari. Anda juga bisa makan coklat pada waktu-waktu tertentu, khususnya di pagi hari. Ini dikarenakan coklat susu dapat menekan rasa lapar

  • Menimbulkan sakit kepala dan insomnia

Bahaya coklat yang selanjutnya mungkin muncul jika Anda makan coklat pada malam hari, khususnya sebelum tidur. Konsumsi coklat pada malam hari justru akan membuat Anda kesulitan tidur. Ini dikarenakan coklat secara alami memiliki kandungan kafein yang lumayan tinggi.

Diketahui bahwa coklat hitam memiliki sekitar 23 miligram kafein per ons, sedangkan coklat susu memiliki 6 miligram kafein. Jika dibandingkan dengan secangkir kopi kecil, kafein yang dikandung adalah sekitar 95 miligram. Berarti, konsumsi sejumlah besar coklat sebelum tidur, sama halnya dengan konsumsi secangkir kecil kopi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kadar kafein yang terlalu banyak akan memberikan dampak negatif seperti insomnia, kegelisahan, kecemasan, sakit kepala, jantung berdebar, dan efek samping lainnya termasuk asam lambung. Sehingga, makan coklat terlalu banyak akan justru menyebabkan mual dan masalah pencernaan lainnya.

Manfaat konsumsi coklat dalam kadar wajar

Bahaya konsumsi coklat secara berlebihan di hari Valentine telah dijelaskan, karena itulah Anda harus memastikan asupan cokelat harus tetap dalam batas wajar. Kadar wajar konsumsi cokelat yang dianjurkan adalah sekitar 30-60 gram sehari. Tentunya, kadar wajar konsumsi coklat akan memberikan Anda sejumlah keuntungan pula. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dengan konsumsi cokelat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Menurunkan kolesterol

Coklat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau yang biasa dikenal sebagai kolesterol jahat. Ini dikarenakan coklat batangan pada umumnya mengandung sterol tanaman (PS) dan flavanol kakao (CF) yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol.

  • Meningkatkan fungsi kognitif

Coklat yang dikonsumsi sebagai minuman panas dapat berperan baik untuk kesehatan kognitif Anda. Sebuah studi dari Harvard Medical School menemukan bahwa cokelat panas  membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak yang membutuhkannya, khususnya pada orang lanjut usia yang memiliki resiko gangguan kognitif. Anda bisa minum dua gelas coklat panas dalam sehari atau setidaknya satu batang setiap satu kali dalam seminggu.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung

Dibandingkan daftar bahaya coklat, sebuah studi menemukan bahwa konsumsi coklat sebenarnya dapat mengurangi resiko penyakit jantung sama halnya dengan resiko kolesterol. Bahkan, orang yang mengonsumsi coklat ditemukan memberikan risiko gangguan kardiometabolik yang lebih rendah hingga 1/3 dibanding orang yang tidak mengonsumsi coklat.

  • Mengurangi resiko stroke

Konsumsi cokelat yang rutin setiap hari telah ditemukan dapat mengurangi resiko stroke, secara bersamaan dengan mengurangi resiko penyakit jantung. Sebuah studi dari Kanada menemukan bahwa orang yang makan satu porsi coklat setiap hari memiliki 22 persen resiko lebih kecil untuk mengalami stroke dibandingkan mereka yang tidak. Sedangkan, orang yang mengonsumsi sekitar dua ons cokelat dalam seminggu memiliki resiko 46 persen lebih kecil.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin

Siapa sangka coklat juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil? Ibu hamil yang mengonsumsi 30 g cokelat setiap hari selama masa kehamilan telah diteliti dapat mendukung perkembangan janin yang sehat. 

Tips konsumsi coklat secara tidak berlebihan

Untuk menghindari bahaya coklat, berikut beberapa saran yang bisa Anda coba terapkan ketika hari Valentine.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

1. Sebaiknya konsumsi coklat hitam dengan kadar kakao di atas 70%

2. Hindari coklat susu karena memiliki lebih banyak kalori, gula, dan lemak

3. Batasi konsumsi coklat sebanyak 30 hingga 60 gram sehari

4. Konsumsi coklat sebagai cemilan kecil dan habiskan dalam jangka waktu beberapa hari

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Hindari menambahkan gula atau pemanis lainnya ke dalam minuman coklat seduh 

Demikian bahaya konsumsi coklat berlebihan di hari Valentine. Salah satu opsi Valentine sehat adalah dengan memberikannya coklat buatan sendiri. Jaga kesehatan dengan bahan-bahan sehat rendah gula dari Tropicana Slim Chocolate Spread 300 g (RpRp80.661).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin konsultasi dokter seputar kesehatan? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan dan keluhan kesehatan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022
diet penyakit tbc

Bantu Proses Penyembuhan, Cek Diet Penyakit TBC Berikut

Hidup Sehat   06/11/2022
diet penyakit saluran cerna bawah

Ini Diet Penyakit Saluran Cerna Bawah: Konstipasi, Diare, Seliak, dan lain-lain

Hidup Sehat   06/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman