fbpx
BerandaHidup SehatAwas! Minuman Kemasan Berbahaya Bagi Ginjal dan Hati

Minuman kemasan telah membludak di pasaran. Masyarakat sadar dan tanpa sadar telah terbiasa konsumsi minuman kemasan. Padahal, kebiasaan konsumsi minuman kemasan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan, sebut saja pada organ ginjal dan hati. 

Awas! Minuman Kemasan Berbahaya Bagi Ginjal dan Hati

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi memproduksi sel darah merah, menyeimbangkan cairan tubuh, mengaktifkan vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, mengatur tekanan darah dan menyaring 120-150 liter darah per hari.

Sedangkan hati berfungsi sebagai menghasilkan protein, membantu dalam sistem pencernaan, dan menghancurkan racun di dalam darah.

Mungkin Anda penasaran mengapa bisa konsumsi minuman kemasan dapat membahayakan kesehatan ginjal dan hati? Pelajari selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini.

Bahaya Konsumsi Minuman Kemasan Bagi Tubuh

Konsumsi minuman kemasan secara berlebihan terutama minuman-minuman manis dapat sangat berbahaya pada ginjal. Anda tidak bisa mengontrol berapa porsi gula yang seharusnya Anda konsumsi. Selain itu, cairan yang terlalu manis justru malah dapat membuat Anda kekurangan cairan. Konsumsi minuman yang terlalu manis juga dapat merusak ginjal, terlebih minuman kemasan mengandung bahan pengawet yang tidak hanya dapat berdampak buruk bagi ginjal namun pada organ lain secara keseluruhan.

Selain kerusakan pada ginjal, konsumsi minuman kemasan secara terus menerus juga dapat menyebabkan obesitas dan diabetes, serta peningkatan tekanan darah yang dapat berujung pada hipertensi. Bahkan konsumsi minuman manis secara tidak langsung juga dapat berkontribusi pada osteoporosis dan penyakit jantung.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan pada anak-anak juga dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik. Anak dapat mengalami irama detak jantung yang tidak beraturan (aritmia), kejang, dan tekanan darah yang tinggi. 

Bagaimana Cara Mencegah Konsumsi Minuman Kemasan

Batasi Asupan Gula Harian

Untuk menghindarkan diri dari risiko-risiko di atas, Anda tentu perlu membatasi asupan gula harian terutama yang bersumber dari minuman kemasan. Menurut Kementerian Kesehatan RI dalam Pedoman Gizi Seimbang, konsumsi gula per hari sebaiknya tidak lebih dari 4 sendok makan. Karena hal ini dapat meningkatkan risiko Anda terhadap diabetes melitus, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Anda juga bisa mengganti gula dengan pemanis rendah kalori seperti Tropicana Slim Sweetener Classic 100 Sachet (Rp73.350).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsumsi Minuman Sehat

Anda dapat mengganti minuman kemasan menjadi minuman yang lebih sehat. Anda dapat membuat teh, kopi, atau jus buah yang juga dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack menambahkan untuk membiasakan memberikan anak atau diri kita minum-minuman yang sehat, hindari minuman kemasan terutama dengan pemanis buatan, pilih yang lebih sehat seperti infused water, air kelapa, susu dan utamakan minum air putih, supaya anak melihat bahwa kita tidak terbiasa dengan konsumsi gula berlebih. Konsumsi minuman kemasan membuat asupan kalori menjadi tinggi, sehingga berat badan cenderung bertambah dan meningkatkan risiko sindrom metabolik.

Pertimbangkan Risiko yang Besar

Anda perlu memikirkan dampak yang mungkin Anda terima di kemudian hari akibat konsumsi minuman kemasan terlalu sering. Risiko yang besar yang harus Anda tanggung tentu tidak sebanding dengan mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Anda dapat memulai dengan membatasi konsumsi asupan gula harian, penggantian minuman menjadi minuman yang lebih sehat, dan mengatur perubahan gaya hidup lainnya.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan konsultasi gratis dengan dokter dengan mudah sekarang juga!

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

penyakit-akibat-kelebihan-gula

Banyak Makan Camilan Manis saat Natal, Waspadai 4 Penyakit Ini

Hidup Sehat   08/12/2021

5 Olahraga untuk Menurunkan Kolesterol Saat Liburan

Hidup Sehat   08/12/2021
tips menurunkan darah tinggi saat liburan

10 Tips Menurunkan Darah Tinggi saat Liburan

Hidup Sehat   06/12/2021

10 Ide Resolusi Tahun Baru untuk Hidup Lebih Sehat

Hidup Sehat   06/12/2021
hampers-natal

Hindari Jatuh Sakit saat Natal dengan 5 Langkah Mudah Ini

Hidup Sehat   03/12/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman