Obat Atropina sulfat termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga membutuhkan resep dokter dalam setiap penggunaannya. Bentuk sediaan obat sendiri seperti injeksi yang cara untuk memasukkannya adalah melalui subkutan. Ada banyak manfaat atau kegunaan yang bisa diperoleh dari pemberian obat Atropina sulfat seperti untuk mengatasi kejang atau spasme yang terjadi pada beberapa bagian organ tubuh.

Informasi

Obat Atropina sulfat adalah obat dengan senyawa aktif yakni Atropina sulfat yang bermanfaat untuk mengatasi gejala akibat keracunan zat insektisida. Selain itu obat ini juga memiliki manfaat dalam mengatasi perlambatan pada denyut jantung. Selain itu dua masalah tersebut, Atropina sulfat ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti untuk mengatasi masalah seperti di bawah ini:

  • Kelebihan produksi lendir pada tubuh. Lendir yang diproduksi berlebih pada beberapa bagian tubuh seperti saluran pernapasan maupun produksi lendir pada air liur. Pada beberapa kondisi mulai dari anak-anak hingga dewasa terdapat kondisi dimana air liurnya terus menetes atau mengalir (ngences) yang disebut dengan sialorrhea.
  • Ketegangan otot pada saluran pencernaan yang disebabkan adanya gangguan meliputi irritable bowel syndrome (IBS), peradangan atau iritasi pada saluran usus besar serta diverkulitis.
  • Berguna untuk membantu melemaskan otot-otot pada mata sebelum dilakukan pemeriksaan organ mata. Selain itu obat Atropina sulfat juga berguna untuk meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh mata bagian tengah meradang.

Kinerja obat Atropina sulfat adalah dengan menurunkan jumlah produksi lendir atau air liur dengan menurunkan atau menghambat kinerja zat yang terdapat di saraf. Selain itu Atropina sulfat juga akan bekerja melemaskan usus serta mempercepat kinerja denyut jantung. Obat yang termasuk ke dalam golongan antikolinergik ini adalah obat resep sehingga tidak bisa dikonsumsi tanpa menggunakan resep dokter.

Dosis 

Untuk mendapatkan dosis yang tepat disarankan agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pemberian dosis akan disesuaikan dengan kondisi pasien termasuk penyakit yang diderita. Untuk penderita irritable bowel syndrome (IBS) dan divertikulitis maka diberikan tablet sebanyak 0,6 mg hingga 1,2 mg bagi pasien dewasa. Pemberian sebanyak satu kali dalam sehari dan diminum sebelum tidur di malam hari.

atropina sulfat
Obat Atropina sulfat termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga membutuhkan resep dokter dalam setiap penggunaannya.

Untuk mengatasi masalah radang mata di bagian tengah atau uveitis anterior, maka atropina sulfat akan diberikan dalam bentuk obat tetes mata. Dosis pada dewasa adalah sebanyak 1 hingga 2 tetes diberikan sebanyak 4 kali dalam sehari. Sediaan obat atropina sulfat adalah larutan 0,5% hingga 1%. 

Sementara untuk anak maka dosisnya adalah sebanyak 1 hingga 2 tetes diberikan sebanyak 2 kali dalam sehari dengan sediaan atropina sulfat 0,5%. Untuk sediaan atropina sulfat 1% maka diberikan satu tetes saja sebanyak 2 kali dalam sehari.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Ada beberapa jenis obat yang dapat berinteraksi dengan obat Atropina sulfat apabila dikonsumsi bersamaan seperti berikut:

  • Konsumsi bersamaan dengan antidepresan, quinidine serta antihistamine bisa meningkatkan efek samping obat.
  • Konsumsi bersamaan dengan trihexyphenidyl, scopolamine, pilocarpine, hyoscyamine, diphenhydramine dan amitriptyline bisa menurunkan efektivitas obat.
  • Jika mengkonsumsi bersamaan dengan phenylephrine bisa menyebabkan gejala gangguan detak jantung serta tekanan darah tinggi.

Kelompok Orang Berisiko 

Wanita hamil tergolong ke dalam kelompok orang berisiko untuk mengkonsumsi obat ini. Wanita hamil hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi atropina sulfat apabila manfaat yang diperoleh lebih besar ketimbang risiko yang diterima. 

Obat atropina sulfat sendiri masuk ke dalam obat terkategori C yakni terdapat efek samping pada janin untuk studi melibatkan hewan percobaan namun belum ada riset terkontrol pada wanita yang tengah hamil.

Kelompok berisiko lainnya adalah penderita gangguan ginjal, glaukoma, saluran kemih tersumbat, penyakit kelenjar prostat, myasthenia gravis serta stenosis pilorus. Selain itu, apabila Anda sebelumnya memiliki riwayat gangguan jantung, fungsi hati, penyakit tiroid, tekanan darah tinggi, kolitis ulseratif, asma dan refluks asam lambung. Obat ini juga sangat berisiko jika diberikan pada kelompok lanjut usia ataupun bayi berusia di bawah tiga bulan. 

Efek Samping 

Efek samping yang biasanya timbul setelah mengkonsumsi obat atropina sulfat meliputi:

  • Mual dan rasa kering dari mulai mulut hingga tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Kembung pada perut
  • Konstipasi
  • Gangguan fungsi lidah untuk mengecap
  • Kabur pada fungsi penglihatan termasuk pembengkakan pada kelopak mata

Cara Konsumsi 

Cara konsumsi obat atropina sulfat tergantung dari sediaan obat apakah itu injeksi (suntik), obat tetes atau tablet. Untuk obat atropina sulfat yang tersedia dalam bentuk tablet maka konsumsinya adalah sebelum makan maupun sesudah makan. Obat jangan dihancurkan melainkan langsung ditelan bersamaan dengan air putih. Sementara obat tetes mata maka pastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih saat menggunakan obat.

Botol obat juga harus dikocok terlebih dahulu untuk menghindari endapan. Selanjutnya teteskan obat dengan posisi kepala tengadah ke atas dengan kelopak mata bawah yang ditarik. Setelah obat diteteskan maka pejamkan mata selama dua hingga tiga menit terlebih dulu agar obat menyebar.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?