Obat Atorvastatin Ca adalah obat yang masuk ke dalam golongan statin yang bekerja untuk mengatasi masalah dyslipidemia. Dyslipidemia adalah kondisi kadar lemak yang meningkat di dalam darah hingga melebihi batas kadar normal yang diperbolehkan. Kondisi ini bisa menyebabkan bahaya penyakit seperti serangan jantung serta stroke.

Informasi

Atorvastatin Ca dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL serta trigliserida dalam darah. Cara kerja obat Atorvastatin Ca adalah dengan menghambat enzim dalam tubuh yang memiliki peran dalam memproduksi kolesterol dalam organ hati. Dengan menghambat kinerja enzim maka diharapkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dapat ditekan dan diturunkan. 

Untuk meningkatkan efektifitas obat Atorvastatin Ca maka harus dibarengi dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Pola hidup sehat meliputi konsumsi makanan sehat, olahraga dan berhenti merokok.

Dosis

Dosis obat Atorvastatin Ca akan disesuaikan dengan kondisi kedaruratan pasien serta usianya. Untuk mendapatkan dosis yang tepat harus berkonsultasi dengan dokter. Apabila Atorvastatin Ca ditujukan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, maka berikut adalah dosisnya.

Dosis untuk Anak-Anak

Untuk anak-anak dengan usia mulai dari dan di atas 10 tahun yang menderita kolesterol tinggi maka dosisnya sebanyak 10 mg dikonsumsi satu kali sehari. Untuk penambahan dosis maka dilakukan setiap 4 minggu setelah dilakukan evaluasi penggunaan awal. Dosis maksimalnya sendiri adalah 20 mg setiap hari

Dosis untuk Lansia

Untuk dosis yang diberikan harus menyesuaikan kondisi penderita termasuk penyakit lain yang diderita

Dosis untuk Dewasa

Untuk dewasa yang menderita kolesterol tinggi maka dosis awalnya sebanyak 10 hingga 20 mg dikonsumsi satu kali sehari. Untuk penambahan dosis maka dilakukan setiap 4 minggu setelah dilakukan evaluasi penggunaan awal. Penambahan dosis bisa sebanyak 40 mg dikonsumsi sekali sehari. Dosis maksimalnya sendiri adalah 80 mg setiap hari

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Ada beberapa jenis obat yang akan menimbulkan reaksi apabila dikonsumsi bersamaan dengan Atorvastatin Ca seperti berikut ini:

  • Konsumsi bersamaan dengan obat clarithromycin, itraconazole, colchicine, cyclosporin dan antivirus akan menimbulkan peningkatan terhadap risiko gangguan otot atau miopati.
  • Konsumsi bersamaan dengan obat efavirenz ataupun rifampicin akan menimbulkan penurunan kadar obat Atorvastatin Ca dalam darah
  • Jika konsumsi bersamaan dengan obat lainnya bisa menimbulkan peningkatan terhadap kadar obat estradiol dan digoxin.

Kelompok Orang Berisiko 

Orang yang berisiko dengan obat Atorvastatin Ca meliputi mereka yang hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat Atorvastatin Ca. Selain itu mereka dengan riwayat penyakit gangguan organ hati, kelenjar tiroid, ginjal, otot hingga diabetes juga harus sangat diawasi jika harus mengkonsumsi obat ini. 

Ibu hamil harus sangat dipertimbangkan jika terpaksa mengkonsumsi Atorvastatin Ca apakah lebih besar manfaatnya ketimbang risiko yang didapat. Hanya saja dokter mungkin tidak akan merekomendasikan obat ini mengingat obat ini masuk kategori X yakni telah terbukti melalui percobaan menimbulkan abnormalitas terhadap bayi dalam kandungan dan peningkatan risiko janin. Sementara untuk ibu menyusui juga tidak dianjurkan karena dikhawatirkan obat akan terserap dalam ASI.

Efek Samping 

Penggunaan obat Atorvastatin Ca bisa menimbulkan efek samping dari mulai yang ringan hingga cukup serius. Efek samping sendiri tidak selalu diderita oleh setiap pasien namun tergantung dari kondisi orang tersebut. Efek samping ringan yang biasa akan dialami oleh pasien adalah sebagai berikut:

  • Nyeri pada bagian persendian
  • Nyeri pada bagian tungkai serta lengan 
  • Sakit pada tenggorokan
  • Penyumbatan pada hidung
  • Diare

Sementara apabila efek samping yang diderita semakin serius, Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter. Berikut adalah gejala efek samping yang cukup serius sehingga harus mendapatkan penanganan dokter.

  • Jaringan otot mengalami kehancuran atau rhabdomyolysis yang berisiko menimbulkan gagal ginjal. Pasien mungkin akan merasakan gejala berupa nyeri pada bagian otot serta lemah. Selain itu pasien juga akan merasa demam hingga lelah berlebih yang terasa tidak normal. Warna urin juga berubah menjadi gelap
  • Mengalami gangguan pada kinerja organ hati. Gejala yang dirasakan oleh penderita meliputi nafsu makan hilang, nyeri di sisi atas perut, urine berubah warna menjadi gelap dan kulit serta mata berubah warna menjadi kuning.

Cara Konsumsi 

Cara konsumsi yang benar harus mengikuti anjuran dokter. Untuk konsumsi dilakukan sebelum maupun setelah makan sehari satu kali saja. Agar efektivitas obat semakin meningkat sebaiknya konsumsi Atorvastatin Ca pada waktu yang sama setiap hari. Untuk konsumsi langsung bersamaan dengan air dan tablet tidak dihancurkan terlebih dahulu ataupun dibelah di luar. Pasalnya hal tersebut bisa meningkatkan efek samping.

Apabila penderita lupa untuk mengkonsumsi Atorvastatin Ca sebelumnya namun waktu untuk konsumsi selanjutnya masih jauh, maka segeralah konsumsi obat. Namun apabila waktu konsumsi berikutnya sudah dekat maka dosis jangan digandakan. Dosis yang dikonsumsi harus mengikuti dokter dan jangan ditambah sembarangan.

Baca juga: Atorvastatin Calcium Trihydrate: Penggunaan dan Efek Samping

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?