Asam 3-metil-2-oxovalerate merupakan sejenis asam keto yang tergolong ke dalam asam organik. Salah satu jenis asam organik ini memiliki formula kimia C6H10O3. Selain dikenal sebagai Asam 3-metil-2-oxovalerate, jenis asam organik ini juga dikenal dengan nama Asam 3-metil-2-oxopentanoic. Senyawa asam organik ini ditemukan dalam bentuk obat-obatan seperti Prorenal. 

Informasi

Asam 3-metil-2-oxovalerate yang tergolong ke dalam salah satu jenis asam organik. Asam 3-metil-2-oxovalerate memiliki rantai asam keto yang pendek dan merupakan produk turunannya. Bentuk asam 3-metil-2-oxovalerate sendiri merupakan neurotoxin, acidogen sekaligus metabotoxin.  Karena sifatnya sebagai neurotoxin, Asam 3-metil-2-oxovalerate dapat menyebabkan sejumlah kerusakan pada sistem organ tubuh.

asam 3-metil-2-oxovalerat
Asam 3-metil-2-oxovalerat sejenis asam keto yang tergolong ke dalam asam organik. Salah satu jenins ini memiliki formula kimia C6H10O3.

Namun, senyawa ini juga sering digunakan untuk campuran dalam obat Prorenal. Obat prorenal sendiri merupakan obat untuk penyakit gangguan ginjal dengan kandungan beberapa senyawa asam seperti Asam 3-metil-2-oxovalerate, Asam 4-metil-2-oxovalerate, Asam 2-okso-3-fenilpropionat dan sebagainya. Obat Prorenal termasuk dalam golongan obat keras dan digunakan untuk terapi antipiretik dan analgestik.

Asam 3-metil-2-oxovalerate tersedia dalam bentuk sediaan obat tablet. Manfaat dari Asam 3-metil-2-oxovalerate adalah sebagai sumber energi, penyimpan energi, stabilisasi membran dan juga asam amino esensial. 

Dosis

Untuk konsumsi Asam 3-metil-2-oxovalerate di dalam obat prorenal harus mengikuti petunjuk dan resep dari dokter. Pasalnya obat ini termasuk ke dalam golongan obat keras yang dapat menimbulkan sejumlah efek samping berbahaya jika tidak dikonsumsi dengan benar. Selain itu, obat ini juga bukan termasuk obat bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter. 

Untuk dosis konsumsi Asam 3-metil-2-oxovalerate harus disesuaikan dengan kondisi pasien:

Untuk Mengatasi Gangguan Ginjal Kronik

Gangguan ginjal kronik bisa diobati dengan mengkonsumsi obat prorenal yang mengandung Asam 3-metil-2-oxovalerate. Dosis yang disarankan bagi pasien adalah minum sebanyak 3 kali dalam sehari dengan jumlah 4 hingga 8 tablet obat Prorenal.

Untuk Mengatasi Retensi yang Terdekompensasi

Untuk pasien dengan gangguan retensi yang terdekompensasi maka aturan minum sebanyak 3 kali dalam sehari dengan jumlah 4 hingga 8 tablet obat Prorenal. Dosis konsumsi obat dalam satu hari maksimal mencapai 50 tablet.

Untuk Mengatasi Retensi yang Terkompensasi

Untuk pasien dengan gangguan retensi yang terkompensasi maka aturan minum sebanyak 3 kali dalam sehari dengan jumlah 4 hingga 6 tablet obat Prorenal yang mengandung Asam 3-metil-2-oxovalerat. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Kandungan senyawa ini dalam obat Prorenal memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan gejala gagal ginjal serta ginjal kronik. Obat ini memiliki risiko interaksi obat dengan kalsium. Oleh sebab itu Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila sedang dalam perawatan menggunakan obat yang lain. Obat yang harus diberitahukan ke dokter mulai dari obat resep, non resep dan herbal. Selain itu, perhatikan pula asupan makanan dan minuman ketika mengkonsumsi obat. 

Kelompok Orang Berisiko

Obat prorenal dengan kandungan senyawa Asam 3-metil-2-oxovalerate termasuk ke dalam obat kategori C untuk diberikan pada wanita yang sedang hamil. Menurut badan pengawas obat serta makanan dari Amerika Serikat, obat prorenal ini telah menunjukkan ada pengaruh buruk pada janin untuk studi yang dilakukan pada hewan. Namun studi terkontrol pada wanita belum tersedia. 

Oleh karenanya pemberian obat prorenal dengan kandungan Asam 3-metil-2-oxovalerate hanya akan diberikan jika manfaat yang didapatkan lebih besar ketimbang risiko buruk kehamilan. Selain itu, pasien yang memiliki riwayat alergi atau hipersensitif terhadap sebagian atau salah satu bahan dalam prorenal termasuk Asam 3-metil-2-oxovalerate dilarang mengkonsumsi obat ini. 

Efek Samping

Kadar asam organik yang tinggi dalam tubuh, dapat menimbulkan sejumlah kelainan pada metabolisme tubuh. Jumlah Asam 3-metil-2-oxovalerate yang tinggi dalam tubuh berkaitan erat dengan penyakit kencing sirup maple atau MSUD. MSUD sendiri merupakan sejenis kelainan pada sistem metabolisme tubuh.

Kandungan asam organik dalam darah, urin, otak dan jaringan tubuh yang lain bisa menyebabkan terjadinya kasus asidosis metabolisme. Kondisi asidosis biasanya terjadi ketika tingkat keasaman darah di dalam pembuluh darah berada di bawah 7,35. Berikut adalah gejala efek samping dari kadar Asam 3-metil-2-oxovalerate yang tinggi hingga menimbulkan asidosis pada tubuh bayi:

  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Otot yang melemah (hypophonia)
  • Kekurangan energi atau lethargy
  • Kesulitan menerima sejumlah nutrisi yang biasanya terjadi pada bayi baru lahir akibat masalah gangguan metabolisme

Pada kondisi yang lebih parah, asidosis bisa menyebabkan masalah pada organ inti tubuh seperti hati, jantung hingga ginjal. Pasien pun akan kehilangan kesadaran, koma hingga paling berisiko adalah kematian. 

Cara Konsumsi 

Untuk cara konsumsi Asam 3-metil-2-oxovalerate dalam obat prorenal yang tepat harus mengikuti aturan dan petunjuk dari dokter ataupun apoteker. Pihak medis akan memberikan Anda petunjuk mengenai jumlah konsumsi yang tepat. Pastikan Anda mengikuti anjuran petugas medis sesuai dengan yang diperintahkan. Ketidakdisiplinan dalam mengkonsumsi obat justru bisa menyebabkan efek samping yang parah.

Baca juga: Bahaya Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?