Senyawa asam 2-okso-3-phenylpropionate adalah salah satu senyawa asam organik yang terkandung di dalam berbagai jenis obat. Senyawa asam ini tidak dapat berdiri sendiri dalam sebuah sediaan obat melainkan menjadi campuran dalam suatu obat. Obat yang campurannya terdiri dari asam 2-okso-3-phenylpropionate seperti ketocid. Ketocid sendiri merupakan jenis vitamin serta suplemen untuk penderita gangguan ginjal.

Informasi

Senyawa asam asam 2-okso-3-phenylpropionate memiliki formula molekul yakni C9H7O3. Molekul ini memiliki nama lain seperti keto-phenylpyruvate, 3-phenylpyruvate, phenylpyruvate, benzyl glyoxylate dan sebagainya. Berat molekul asam 2-okso-3-phenylpropionate adalah 163,15 gram / mol. 

Dalam vitamin serta suplemen ketocid, di dalamnya terkandung senyawa seperti asam asam 2-okso-3-phenylpropionate 68 mg, asam 3-methyl-2-oxobutyric 86 mg, asam 2-hidroksi-4-methylthio butyric 59 mg, L-threonine 53 mg, L-lysine monoacetate 105 mg, L-histidine 38 mg, L-tryptophan 23 mg, L-tyrosine 30 mg dan juga kalsium 50 mg.

Kegunaan vitamin dan suplemen ketocid adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi asam amino dalam tubuh. Suplemen ketocid sendiri akan diberikan bersamaan dengan diet yang tinggi kalori serta rendah protein untuk penderita gangguan insufisiensi ginjal kronik. Suplemen dan vitamin ketocid termasuk ke dalam jenis obat keras untuk terapi saluran kemih. Bentuk asam 2-okso-3-phenylpropionate di dalam suplemen ketocid adalah kaplet salut selaput.

Dosis

Untuk mendapatkan dosis yang tepat dari penggunaan obat ketocid, maka Anda harus mengikuti saran dan resep dari dokter. Pasalnya, obat ketocid tergolong ke dalam obat keras yang jika dikonsumsi secara bebas tanpa resep dari dokter bisa berisiko tinggi menyebabkan berbagai efek samping berbahaya. 

Pemberian dosis obat ketocid yang tepat akan disesuaikan dengan kondisi kedaruratan pasien termasuk juga usia dan kondisi tubuh pasien. Untuk penggunaan dewasa yang memiliki berat badan lebih dari 70 kg maka jumlah kaplet yang diberikan sebanyak 4 sampai 8 kaplet. Pemberian obat dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari. 

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Pastikan bahwa Anda selalu menginformasikan kepada dokter mengenai obat lain yang Anda konsumsi di waktu bersamaan dengan pengobatan menggunakan ketocid. Hal ini bertujuan agar dokter dapat meresepkan obat dan penanganan yang tepat. Pasalnya, pada beberapa bahan atau senyawa, salah satu bahan dalam ketocid mungkin saja akan bereaksi terhadap bahan di obat lainnya. Hal tersebut selain bisa membahayakan juga bisa menurunkan efektivitas obat yang tengah Anda konsumsi.

Kelompok Orang Berisiko

Ada dua kelompok yang disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat ketocid yakni mereka yang menderita hiperkalsemia serta mereka yang menderita gangguan dalam metabolisme asam amino. Hiperkalsemia sendiri adalah kondisi dimana tubuh kelebihan kandungan kalsium. Biasanya hal ini terjadi karena kalsium yang masuk ke tubuh tidak dapat diserap dengan benar. Padahal pada kondisi normal, kalsium yang berlebih akan dibuang melalui urin dan kotoran.

Pada penderita hiperkalsemia, kelebihan kalsium akan disimpan dalam tulang sehingga justru bisa menyebabkan masalah. Pada akhirnya, kelebihan kalsium dalam darah akan membuat organ seperti ginjal tidak dapat bekerja dengan maksimal. Hal ini bisa berakibat kepada pembentukan batu ginjal dan terkendalanya kinerja ginjal. 

Hiperkalsemia bisa menyebabkan beberapa masalah seperti muntah, mual, gangguan pada pencernaan termasuk sembelit. Selain itu, hiperkalemia ternyata juga bisa meningkatkan kemungkinan terserang penyakit jantung serta prostat. Konsumsi obat ketocid justru menyebabkan kondisi hiperkalemia pasien semakin parah karena kadar kalsium dalam darah akan semakin meningkat. 

Efek Samping

Sejauh ini memang belum ditemukan efek samping yang bisa ditimbulkan oleh obat ketocid. Meski begitu, ada kemungkinan muncul efek samping terutama jika Anda termasuk ke dalam kelompok orang yang berisiko tinggi seperti alergi atau hipersensitif terhadap kandungan dalam obat ketocid. 

Apabila Anda termasuk ke dalam golongan orang yang hipersensitif terhadap salah satu kandungan obat ketocid, maka Anda mungkin akan mengalami beberapa gejala berikut:

  • Kepala pusing seperti berkunang-kunang
  • Merasa mual hingga muntah
  • Wajah membengkak, lidah membengkak dan mulut membengkak
  • Tumbuh ruam-ruam merah di wajah dan bagian kulit yang lain
  • Sesak napas 
  • Pada kondisi yang lebih parah, pasien mungkin akan kehilangan kesadaran secara perlahan bahkan kehilangan nyawa

Mengingat sangat berbahayanya gejala yang ditimbulkan akibat alergi salah satu kandungan obat ketocid termasuk asam 2-okso-3phenylpropaonate, maka pasien harus segera dilarikan ke dokter apabila mengalami salah satu gejala di atas. 

Cara Konsumsi 

Untuk konsumsi yang tepat sebaiknya pasien mengikuti resep dan anjuran dari dokter saja. Untuk pemberian waktu obat sebaiknya dijeda selama sekitar 6 sampai 7 jam setiap hari. Jangan menumpuk dua dosis obat dalam satu waktu hanya karena Anda ketinggalan mengkonsumsi obat di waktu sebelumnya. Sebaiknya pemberian obat tetap di waktu yang sama setiap hari. Pemberian obat di waktu yang sama akan meningkatkan efektifitas kinerja obat seperti penyerapannya.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Atau Anda bisa dapatkan rekomendasi produk suplemen dan vitamin terbaik di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
alprazolam

Alprazolam

direktoriObat   16/12/2020, 11:00 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?