fbpx
BerandaObatApakah Obat Warung Berbahaya? Ini Penjelasannya

Apakah Anda pernah membeli obat warung? Obat warung adalah obat yang tersedia di toko seperti warung atau supermarket di mana Anda tidak perlu memiliki resep dokter untuk membelinya. Seringkali, obat warung dibeli dengan hanya membaca deskripsi kegunaan sekilas dan tanpa penggunaan sesuai anjuran yang tepat. Namun, apakah obat warung berbahaya? Simak penjelasannya di sini.

obat warung

Apa itu obat warung?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, obat ini sesuai namanya tersedia secara bebas di warung. Dalam istilah medis, obat-obatan ini termasuk ke dalam jenis obat bebas yang memiliki logo berwarna hijau. Dalam bahasa Inggris, obat jenis ini juga dikenal sebagai over the counter atau obat OTC karena tersedia di rak-rak toko. 

Pada umumnya, obat bebas ini memiliki fungsi sebagai analgesik atau antipiretik. Analgesik bermanfaat untuk mengatasi nyeri, contohnya seperti paracetamol dan ibuprofen. Sedangkan antipiretik bermanfaat untuk mengatasi demam. Seringkali, obat warung memiliki sifat analgesik dan antipiretik bersamaan.

Flu, demam, pilek, dan batuk adalah beberapa penyakit yang umum terjadi di masyarakat Indonesia. Obat-obatan untuk mengatasinya banyak yang tergolong obat warung.

Apakah obat warung berbahaya?

Pada umumnya, obat warung telah mendapatkan izin untuk diedarkan secara bebas. Kondisi ini berlaku selama warung yang menjualnya telah mendapat izin secara resmi. 

Namun, obat warung dapat menjadi berbahaya jika ternyata tidak asli atau berarti palsu. Karena bisa diedarkan secara bebas, beberapa pihak mungkin memanfaatkannya untuk keuntungan pribadi dan memalsukan suatu produk obat.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus Anda waspadai sebelum membeli obat warung.

1. Cek kemasan dan informasi obat 

Hindari pembelian obat palsu atau ilegal dengan mengecek kemasan dan informasi obat dengan benar. Jangan membeli obat yang kemasannya sudah rusak atau tidak memiliki tulisan dengan ejaan yang baik dan benar. Semua jenis obat yang legal juga telah mendapatkan lisensi dari BPOM. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain itu, cek juga waktu atau masa kadaluarsa dari obat. Pada umumnya, obat memiliki masa kadaluarsa yang bervariasi. Namun, obat yang kemasannya sudah rusak akan memakan waktu obat. Dengan begitu, obat sudah tidak akan layak dikonsumsi.

Anda juga harus mengecek informasi apakah obat yang akan dibeli benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Seringkali satu jenis obat yang memiliki merek sama memiliki beberapa varian sesuai dengan jenis penyakit. Contohnya, obat batuk dibedakan lagi menjadi batuk berdahak dan kering. 

2. Kontraindikasi dan alergi

Untuk mendapatkan obat resep, dokter perlu mengetahui riwayat dan kondisi penyakit Anda. Hal ini dilakukan demi menghindari munculnya kontraindikasi dan alergi yang muncul dari penggunaan obat.

Tidak sama seperti obat resep, Anda dapat mengonsumsi obat warung tanpa sangat memperhatikan riwayat kesehatan Anda. Mungkin saja Anda segera membeli obat demi mengatasi penyakit dengan cepat. Namun hal ini justru harus diwaspadai karena efek samping obat dapat memperburuk atau menyebabkan komplikasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Maka dari itu, Anda harus mencari tahu dahulu kontraindikasi dan alergi dari obat yang ingin dibeli. Jangan sampai Anda melewatkan informasi penting ini.

3. Konsumsi sesuai dosis

Mungkin sebagian orang merasa obat warung dapat dikonsumsi berulang kali karena tersedia bebas. Namun, obat warung juga harus selalu dikonsumsi sesuai anjuran dosis.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Minum obat terlalu banyak tidak akan membuat Anda cepat sehat. Justru, dosis yang berlebihan dapat menimbulkan penyakit lain atau komplikasi.

Selain itu, obat yang bersifat analgesik dapat mengakibatkan gangguan pada organ ginjal dan hati Anda, dan pencernaan lainnya. Bahkan dosis yang berlebihan dapat mengancam jiwa.

4. Waspada Interaksi obat

Beberapa jenis obat tidak dapat dikonsumsi bersamaan dengan jenis obat lainnya. Jika dikonsumsi, obat yang saling berinteraksi dapat menyebabkan gagal organ hingga overdosis.

Pada umumnya, satu jenis zat obat tidak dapat dikonsumsi bersama dengan obat yang memiliki zat serupa. Contohnya adalah asetaminofen yang ada di dalam obat warung dapat menyebabkan gagal hati jika terjadi interaksi obat antara asetaminofen dengan obat dari resep. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jika Anda sedang mengonsumsi obat resep, konsultasikan dahulu dengan dokter Anda jika ingin mengonsumsi obat warung atau produk obat di luar resep.

5. Pahami kontraindikasi untuk kelompok tertentu

Obat warung diperuntukkan untuk khalayak umum yang mengalami penyakit tertentu. Namun, ada beberapa kelompok yang harus lebih memperhatikan konsumsi obat, yaitu bayi, anak, lansia, dan ibu hamil serta menyusui.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ini dikarenakan beberapa kelompok tertentu memiliki daya tahan tubuh dan cara kerja tubuh yang seringkali lebih rentan daripada orang lain.

Salah satu contohnya adalah ibu hamil yang  tidak diperbolehkan mengonsumsi obat warung secara sembarangan untuk mengatasi batuk. Ini dikarenakan obat batuk pada ibu hamil ditakutkan dapat menyebabkan gangguan janin. Maka dari itu, selalu konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda masuk ke dalam kelompok tertentu.

Demikian penjelasan tentang bahaya obat warung. Konsultasikan segala kebutuhan obat dan kesehatan Anda ke tim apoteker atau dokter kami secara gratis.

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original terlisensi BPOM, dan gratis ongkir. Tersedia secara online serta apotek offline yang bertempat di Jakarta dan Surabaya.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat-meriang

5 Rekomendasi Obat Meriang Pilihan Apotek Lifepack

Obat   03/11/2022
obat-batuk-anak

20 Rekomendasi Obat Batuk Anak Alami, Aman, dan Ampuh

Obat   02/11/2022
ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman