fbpx
BerandaHidup SehatApakah Mie Ayam Mengandung Kolesterol?

Siapa yang tak kenal mie ayam? Olahan mie dan ayam cincang ini menjadi salah satu jajanan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain mudah dijumpai di berbagai tempat makan, mie ayam juga mengenyangkan sehingga kerap dikonsumsi baik sebagai sarapan atau menu selingan. Di Indonesia, mie ayam memiliki berbagai varian olahan topping yang berbeda. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan, apakah mie ayam mengandung kolesterol dan baik untuk pengidap kolesterol tinggi? 

apakah mie ayam mengandung kolesterol

Apakah Mie Ayam Mengandung Kolesterol?

Bicara tentang mie ayam, menu makanan satu ini adalah makanan kegemaran banyak orang di Indonesia, baik anak-anak maupun dewasa. Terlebih lagi makanan ini termasuk makanan yang mudah dijumpai baik oleh pedagang kaki lima maupun di food court dan rumah makan. 

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie ayam, makanan ini sebenarnya terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan memenuhi gizi seimbang. Bahan utama mie ayam terbuat dari mie yang mengandung karbohidrat, kemudian daging ayam yang mengandung protein dan sayur sebagai sumber serat. Namun pengolahan mie ayam juga menentukan kandungan kolesterol dan nutrisi lainnya pada mie ayam. 

Dilansir dari Fat Secret, berikut ini kandungan kolesterol dan nutrisi lainnya pada 1 mangkok mie ayam:

  • Kalori 421 kkal
  • Lemak 18,74 g terdiri dari:
    • Lemak Jenuh 2,372 g
    • Lemak Trans 0,041 g
    • Lemak tak jenuh ganda 5,207 g
    • Lemak tak jenuh tunggal 9,298 g
  • Kolesterol 105 mg
  • Protein 16,7 g
  • Karbohidrat 46,21 g
  • Serat 2,5 g
  • Gula 1,32 g
  • Sodium 36 mg
  • Kalium 143 mg

Mengonsumsi mie ayam diketahui memenuhi kebutuhan kecukupan gizi harian sebesar 21% dari AKG (421 kal) dengan rincian kalori karbohidrat 44%, lemak 40% dan protein 16%. Dalam semangkuk mie ayam mengandung lemak cukup tinggi mencapai 18,74 g dan kolesterol 105 mg. Dengan kandungan lemak dan karbohidrat tersebut, mengonsumsi mie ayam sebenarnya sudah memenuhi hampir seperempat kebutuhan energi dalam sehari. 

Jika Anda ingin mengonsumsi mie ayam, baik bagi pengidap kolesterol tinggi atau tidak, sebaiknya juga memerhatikan kandungan lemak dan bahan-bahan lainnya pada mie ayam. Mengonsumsi mie ayam dalam porsi besar atau frekuensi terlalu sering dapat menyebabkan Anda surplus kalori dan tidak menutup kemungkinan meningkatkan kolesterol dan menambah berat badan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apakah Mie Ayam Baik untuk Penderita Kolesterol?

Sebenarnya, boleh-boleh saja bagi pengidap kolesterol tinggi untuk mengonsumsi mie ayam. Namun karena mie ayam mengandung lemak dan kolesterol yang tidak sedikit maka sebaiknya pengidap kolesterol tinggi lebih berhati-hati dalam mengonsumsi mie ayam. 

Dengan kandungan karbohidrat, kolestrol dan lemak pada mie ayam sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengonsumsi mie ayam baik yang dijual di pedagang kaki lima maupun rumah makan. Meskipun memiliki rasa yang lezat dan mengenyangkan, namun mie ayam berisiko meningkatkan kolesterol dan lemak pada tubuh Anda. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba membuat mie ayam sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Misalnya, mengganti bahan mie ayam dengan shirataki, yaitu olahan mie bening yang terbuat dari akar glukomanan yang berasal dari akar tanaman konnyaku. Mie shirataki memiliki kalori yang cukup rendah (20 kkal) per 100 gramnya dan 0 kolesterol. 

Selain mengganti mie menjadi mie shirataki, Anda juga bisa mengganti topping ayam menggunakan bagian ayam yang rendah lemak seperti dada ayam. Topping mie ayam biasanya terbuat dari bagian ayam yang mengandung banyak lemak seperti kulit ayam dan daging paha. Sebagai gantinya, Anda bisa mengganti bahan topping dengan dada ayam yang lebih minim kandungan lemak. 

Saat memasak mie ayam, Anda juga perlu memerhatikan bumbu lainnya yang digunakan seperti kecap, minyak dan garam agar kandungan natrium dalam mie ayam tidak terlalu tinggi. Ketika membuat kaldu, sebaiknya gunakan kaldu alami dengan merebus daging ayam dan ceker ayam menggunakan daun bawang dan bawang putih agar memberikan rasa yang sedap. Tak lupa, Anda juga perlu menambahkan sayuran hijau lebih banyak dalam setiap porsinya agar lebih sehat. 

Sebenarnya tidak ada larangan khusus bagi pengidap kolesterol tinggi untuk menyantap mie ayam asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Batasi konsumsi mie ayam setiap bulannya dan beralihlah pada menu makanan yang mengandung gizi seimbang. Untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah Anda juga bisa memperbanyak olahraga dan rutin melakukan pemeriksaan kolesterol. Jika dokter meresepkan obat kolesterol untuk diminum secara teratur sebaiknya ikuti anjuran dokter agar kadar kolesterol tetap stabil. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar kandungan kolesterol pada mie ayam. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan kolesterol hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas perempuan indonesia

Komunitas Perempuan Indonesia di Bidang Kesehatan

Hidup Sehat   27/09/2023
minuman untuk pengidap diabetes

Minuman yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Hidup Sehat   25/09/2023
puding untuk diabetes

Tips dan Resep Puding untuk Pengidap Diabetes

Hidup Sehat   24/09/2023
tips menjaga kesehatan mental

Tips Mudah Menjaga Kesehatan Mental

Hidup Sehat   02/09/2023
kalkulator kesehatan mental

Kalkulator Kesehatan Mental: Simak Rekomendasinya

Hidup Sehat   01/09/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman