fbpx

Apa Yang Harus Anda Ketahui Dari Penyakit Hepatitis A

Jul 8, 2020 | Hidup Sehat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit hepatitis? Ya, penyakit ini memiliki berbagai macam tipe antara lain Hepatitis A, B, C, dan D. Salah satu hepatitis yang umum adalah hepatitis A. Hepatitis A adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan dan kerusakan hati. Hepatitis A merupakan infeksi akut atau jangka pendek, yang berarti penderitanya dapat sembuh tanpa pengobatan setelah beberapa minggu. Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, hepatitis A bisa menjadi parah dan menyebabkan gagal hati sehingga membutuhkan transplantasi hati darurat untuk bertahan hidup. Hepatitis A tidak mengarah pada komplikasi jangka panjang seperti sirosis, karena infeksi hanya berlangsung dalam waktu yang singkat.

Lalu bagaimana dengan gejala dari Hepatitis A? Dan Bagaimana cara mencegahnya? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat untuk Anda berikut ini.

Penyebab Hepatitis A

Virus hepatitis A menyebabkan jenis hepatitis ini dan menyebar melalui kontak dengan tinja orang yang terinfeksi. Kontak dapat terjadi oleh makan makanan yang terkontaminasi virus hepatitis A, selain itu tidak mencuci tangan setelah beraktivitas, tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi atau konsumsi air dan makanan yang tidak diolah dengan baik sehingga terdapat kontaminan virus hepatitis A, serta berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi.

Gejala Hepatitis A

Pada gejala hepatitis A, umumnya orang yang terinfeksi akan mengalami gejala 2-7 minggu setelah terinfeksi virus hepatitis A. Orang dengan hepatitis A biasanya sembuh tanpa pengobatan dalam beberapa minggu. Namun pada beberapa kasus, gejalanya dapat bertahan hingga 6 bulan. Gejala-gejala yang mungkin timbul pada hepatitis A, antara lain:

  • Urin berwarna kuning gelap
  • Diare
  • Merasa lelah
  • Demam
  • Tinja berwarna abu-abu atau hitam
  • Nyeri sendi
  • Kehilangan selera makan
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Mata dan kulit berwarna kekuningan

Pada beberapa orang yang terinfeksi hepatitis A terkadang tidak memiliki gejala. Sehingga Anda sangat perlu berhati-hati dalam memilih, mengolah, dan menyimpan makanan untuk menghindari kontaminan.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Hepatitis B
Hepatitis A
Hepatitis C
Hepatitis D
Mengenal Penyakit Hepatitis B
Penyakit Hepatitis: Jenis dan Pengobatannya
Mengenal Gejala dan Upaya Pencegahan Hepatitis B

Pencegahan

Anda dapat mencegah hepatitis A dengan vaksin hepatitis A. Selain itu Anda dapat menghindari bepergian ke daerah endemis hepatitis A. Anda juga dapat melakukan hal-hal kecil seperti mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, dan mengolah makanan dengan benar untuk menghindari kontaminan.

Itulah beberapa informasi kesehatan mengenai hepatitis A. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gejala-gejala di atas. Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Lifepack melayani tebus resep obat-obatan penyakit kronis yang dapat Anda jangkau kapanpun dan dimanapun.

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis