fbpx
BerandaObatApa Fungsi Obat Benzodiazepine Bagi Tubuh?

Pernahkah Anda mengalami cemas berlebih hingga mengganggu aktivitas keseharian Anda? Biasanya rasa cemas datang saat terjadi suatu masalah yang Anda tidak inginkan. Anda jadi memikirkan masalah tersebut secara berlebihan hingga berpengaruh kepada kondisi tubuh Anda.

benzodiazepine

Saat cemas mulai terjadi secara berlebihan, bahkan hingga mengganggu kondisi tubuh, biasanya dokter akan memberikan Anda obat benzodiazepine. Obat yang satu ini memang telah sering digunakan dokter untuk mengatasi serangan cemas pada pasien, karena efeknya yang dapat menenangkan otak. Namun tentu Anda penasaran bukan, apakah obat benzodiazepine memiliki efek samping? Berapa dosis yang tepat penggunaan obat ini? Simak informasi lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Apa Itu Obat Benzodiazepine?

Benzodiazepine adalah obat psikoaktif yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder). Obat ini memberikan efek tenang pada otak sehingga melemaskan otot-otot dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

benzodiazepine
Benzodiazepine adalah obat psikoaktif yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan (anxiety disorder).

Obat ini masuk ke dalam golongan obat resep, sehingga penggunaannya tidak dapat dibeli secara bebas dan memerlukan resep dokter. Penggunaan obat ini tanpa mengikuti resep dokter dapat berisiko over dosis dan ketergantungan obat. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengonsumsi obat yang satu ini. Selain kandungan benzodiazepine, Anda juga bisa mengonsumi Depram 10 mg – 30 tablet – Obat untuk mengatasi gejala depresi, kecemasan, dan panik (Rp475.700) untuk mengatasi kecemasan berlebih.

Dosis Benzodiazepine

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa benzodiazepine adalah obat yang masuk ke dalam golongan obat resep, sehingga penggunaannya tidak dapat sembarangan dan memerlukan resep dokter. Dosis obat ini perlu disesuaikan dengan gangguan yang dialami pasien dan kondisi kesehatannya yang penggunaanya dalam pemantauan oleh dokter umum atau dokter spesialis.

Kontraindikasi Benzodiazepine

Interaksi Obat

Penggunaan benzodiazepine bersamaan dengan obat-obatan lain berisiko menimbulkan interaksi obat di dalam tubuh. Terdapat beberapa obat-obatan yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan benzodiazepine, seperti obat golongan opioid, barbiturat, phenothiazin, dan obat anti depresan lainnya. Selain itu pasca konsumsi obat benzodiazepine juga tidak dapat menggunakan obat tambahan anti depresan lainnya karena dapat menyebabkan efek samping obat menjadi lebih tinggi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kelompok Berisiko

Obat benzodiazepin juga dikontraindikasikan penggunaannya terhadap beberapa kelompok orang dengan permasalahan kesehatan tertentu. Beberapa orang yang dimaksud antara lain orang dengan riwayat hipersensitivitas terhadap obat benzodiazepine dan obat anti depresan lainnya, orang dengan gangguan fungsi hati, penyakit jantung, ketergantungan obat, dan penyakit ginjal. Konsultasikan penggunaan obat ini jika akan digunakan oleh wanita hamil atau menyusui.

Efek Samping Benzodiazepine

Penggunaan benzodiazepine secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang panjang dapat menimbulkan ketergantungan obat. Selain itu, pada beberapa kasus obat ini juga menimbulkan gejala efek samping, antara lain :

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  1. Sakit kepala
  2. Rasa kantuk
  3. Sakit perut
  4. Penglihatan menjadi kabur
  5. Gemetar
  6. Kehilangan keseimbangan

Jika Anda merasa gejala efek samping yang Anda alami memburuk atau tidak biasa, segera ke unit pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Peringatan

Sebelum mengonsumsi obat benzodiazepine, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda benar-benar memahami cara penggunaan obat yang satu ini. Jika belum, tanyakan kembali pada dokter atau apoteker untuk mencegah terjadinya kesalahan informasi obat. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis tanpa pengawasan dokter.

Konsultasikan penggunaan obat ini jika akan digunakan bersamaan dengan suplemen atau obat lain. Anda juga perlu mengonsultasikan penggunaan obat ini jika akan digunakan oleh wanita hamil atau menyusui. Jangan gunakan obat ini jika Anda memiliki riwayat hipersensitivitas terhadap obat benzodiazepine atau obat anti depresan lainnya. Anda juga tidak diperkenankan menggunakan obat ini jika memiliki gangguan fungsi hati, penyakit ginjal, dan penyakit jantung. 

Simpan obat di tempat yang kering dan terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. Simpan obat di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika Anda merasa gejala efek samping yang Anda alami memburuk atau tidak biasa, segera ke unit pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk mendapatkan penangan medis lebih lanjut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Itulah informasi mengenai manfaat dosis dan efek samping benzodiazepine. Semoga bermanfaat!

Lifepack menyediakan berbagai macam obat dengan kandungan dan efek yang sama, salah satunya adalah Seroquel XR 300 mg – 10 Tablet – Extended Release Lepas Lambat Mengatasi Gangguan Kecemasan 300mg (Rp633.200).

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Ditulis oleh : Nada Karisma

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Butuh Obat? Cek Daftar Apotek di Bandung

Obat   29/07/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman