fbpx
BerandaObatApa Beda Obat Generik dan Obat Paten?

Saat ingin membeli obat, Anda dihadapkan oleh berbagai jenis dan golongan obat. Seperti jenis obat bebas hingga keras, termasuk memilih obat generik atau obat paten. Namun apa beda obat generik dan obat paten? Yuk ketahui perbedaannya dan masing-masing penjelasannya sebelum Anda memutuskan memilih dan membeli obat.

beda obat generik dan obat paten

Apa itu obat paten?

Sesuai namanya, obat paten adalah obat baru yang proses produksi dan pengedarannya dilindungi oleh hak paten. Hak paten itu sendiri hanya dimiliki oleh satu perusahaan farmasi. Sehingga hanya satu perusahaan dengan hak paten yang berhak untuk memproduksi obat tertentu.

Suatu perusahaan harus melakukan serangkaian proses mulai dari penelitian dan uji klinis proses pembuatan obat yang sesuai dengan standar aturan internasional. Setelah lolos standar, barulah perusahaan akan mendapatkan hak paten dan boleh memproduksi obat secara masal. Biasanya, pemilik hak paten adalah farmasi yang menjadi inovator dalam memproduksi obat.

Hak paten obat dilindungi secara hukum. Di Indonesia, hak obat paten berlaku selama 20 tahun berdasarkan Undang-undang No. 14 tahun 2001. Selama 20 tahun tersebut, obat paten tidak boleh diproduksi oleh perusahaan lain tanpa izin. Setelah periode paten berakhir, barulah perusahaan farmasi lain boleh membuat obat yang sama.

Karena perlu melalui proses yang panjang dan rumit, pada umumnya obat paten dijual dengan harga yang relatif lebih mahal. Tentunya harga yang lebih mahal tersebut sesuai dengan proses produksi yang sudah teruji secara klinis. 

Salah satu contoh obat paten adalah Favipiravir yang dipegang oleh Pemerintah Indonesia khusus selama 3 tahun atau sampai pandemi Covid-19 berakhir. Paten obat ini dilakukan untuk menekan kasus Covid-19, serta menghindari produksi obat yang dapat dimanfaatkan secara salah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa itu obat generik?

Obat generik adalah obat yang produksinya didasari oleh obat paten sebagai inovator atau obat originator yang hak patennya sudah habis. 

Obat generik memiliki harga yang cenderung lebih murah karena perusahaan farmasi sebagai produsen tidak perlu membayar royalti atau serangkaian biaya seperti obat paten. Walaupun relatif lebih murah, tentunya produksi obat telah diberikan izin edar sesuai manfaat, keamanan, dan mutu obat paten sebelumnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Lalu obat generik dibagi lagi menjadi dua, yaitu obat generik berlogo (OGB) dan obat generik bermerek.

Obat Generik Berlogo

Obat generik berlogo adalah obat generik yang memiliki logo perusahaan farmasi yang memproduksinya. Penamaan obat generik diberikan sesuai dengan kandungan obat yang ada di dalamnya. Perusahaan farmasi mana pun dapat memproduksi obat generik berlogo asalkan sudah memiliki izin resmi.

Kemasan obat generik biasanya sederhana dan memiliki logo generik. Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) No. 24 Tahun 2017, kemasan obat generik harus mencantumkan harga eceran tertinggi (HET) sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan logo generik berwarna hijau. 

Harga obat generik yang satu ini pada umumnya murah. Ini dikarenakan kemasan obat generik murah dan dijual dengan menonjolkan kandungan zat aktif yang sudah dikenal. Harga obat juga sudah ditetapkan oleh pemerintah dan disamakan dengan semua perusahaan farmasi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beberapa contoh obat generik berlogo adalah parasetamol, amoksisilin, amlodipine, dan masih banyak lagi.

Obat Generik Bermerek

Obat generik bermerek adalah obat yang diedarkan dan dijual menggunakan nama dagang sesuai dengan keinginan produsen obat.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebenarnya obat generik bermerek memiliki kandungan dan manfaat yang sama dengan OGB. Namun, obat jenis ini dijual dengan harga lebih mahal karena diproduksi dengan kemasan yang lebih khusus sesuai keinginan produsen serta dijual dengan menggunakan biaya promosi yang lebih mahal. Tapi obat ini tetap masih murah jika dibandingkan dengan biaya obat paten.

Contoh obat-obatan generik bermerek adalah seperti Sanmol (parasetamol), Divask (amlodipine) dan masih banyak lagi. Pada umumnya, obat yang Anda temukan di supermarket adalah obat bebas berjenis obat generik bermerek.

Apakah kandungan dan manfaat obat generik dan paten berbeda?

Pada dasarnya, kedua jenis obat generik dan obat paten tidak berbeda.

Kedua jenis obat generik memiliki kandungan zat aktif dengan komposisi, bentuk sediaan, rute pemberian, indikasi, dan dosis yang sama sesuai dengan obat paten yang menjadi patokannya. Obat generik juga diwajibkan untuk lolos uji kesetaraan dengan obat paten atau originator. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sehingga, beda obat generik dan obat paten adalah hanya pada harga dan kemasan. Kemasan yang lebih baik tidak selalu berarti obat tersebut menjadi lebih efektif. 

Maka dari itu, carilah dahulu informasi melalui website kesehatan resmi atau Apotek sebelum membeli obat. Jika Anda memerlukan obat untuk penyakit yang spesifik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar Anda mendapatkan obat resep.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar beda obat generik dan paten. Dapatkan berbagai macam obat hanya di Apotek Lifepack.

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir. Layanan Lifepack tersedia secara online yang juga menawarkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin. Jangan ragu untuk kunjungi juga Apotek offline Lifepack yang bertempat di Jakarta dan Surabaya.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat-meriang

5 Rekomendasi Obat Meriang Pilihan Apotek Lifepack

Obat   03/11/2022
obat-batuk-anak

20 Rekomendasi Obat Batuk Anak Alami, Aman, dan Ampuh

Obat   02/11/2022
ibuprofen dan parasetamol

Ibuprofen dan Parasetamol: 5 Perbedaan yang Harus Dipahami

Obat   20/09/2022
statin dalam obat

Perbedaan 7 Jenis Statin dalam Obat Kolesterol

Obat   10/09/2022

Cara Mengobati Luka, Serta Rekomendasi Obat Luka di Apotek

Obat   02/08/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman