fbpx
BerandadirektoriObatAntikoagulan Darah: Jenis, Manfaat dan Efek Samping

Antikoagulan adalah obat yang digunakan untuk mengatasi penggumpalan darah. Obat antikoagulan dapat diberikan pada pasien serangan jantung, stroke, mini stroke dan emboli paru. Bagaimana cara kerja dan efek samping antikoagulan? Simak ulasannya berikut ini.

antikoagulan pengencer darah

Apa Itu Antikoagulan?

Obat antikoagulan darah adalah obat-obatan yang berfungsi mengatasi gumpalan darah. Obat ini juga dikenal dengan istilah pengencer darah. 

Ketika terjadi perdarahan, proses penggumpalan darah akan terjadi untuk membantu proses menutup luka dan menghentikan perdarahan. Namun jika terbentuk gumpalan darah yang tidak diperlukan, kondisi ini justru dapat berisiko mematikan. 

Gumpalan darah yang menyumbat aliran darah menuju otak, jantung dan organ tubuh lainnya dapat menyebabkan kondisi medis serius seperti stroke, serangan jantung dan emboli paru. Untuk itu diperlukan obat antikoagulan darah yang berfungsi menghambat proses penggumpalan darah. 

Jenis-Jenis Antikoagulan

Antikoagulan tersedia dalam berbagai bentuk, di antaranya obat minum, injeksi dan infus. Berikut ini beberapa jenis antikoagulan yang sering digunakan: 

Antikoagulan IV dan Suntik

Heparin dan turunannya

Heparin adalah obat yang menghambat pembekuan darah dengan cara mengaktifkan protein darah yang disebut antitrombin. Antitrombin kemudian bekerja dengan menghambat proses pembekuan darah sehingga darah encer dan tidak menggumpal. Beberapa jenis heparin antara lain:

Jaminan Lifepack untuk Anda

  • Unfractioned heparin (UFH) atau heparin tidak terpecah

Heparin tidak terpecah bekerja lebih cepat dan memiliki masa kerja lebih singkat. Pengencer darah jenis ini memiliki molekul lebih panjang sehingga efektif untuk membentuk kompleks antithrombin dan menghambat kerja faktor koagulasi. Heparin juga menetralkan protein yang mendorong kedua protein untuk mencegah pembekuan.

Keefektifan heparin bergantung pada dosisnya dan dosis yang dibutuhkan dapat bervariasi antara satu pasien dengan pasien yang lain. Terlalu sedikit antikoagulan heparin tidak akan efektif untuk mencegah pembekuan, sedangkan terlalu banyak heparin akan menimbulkan risiko perdarahan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

  • Low-molecular-weight heparin (LMWH) atau heparin berat molekul rendah

Antikoagulan heparin dengan berat molekul rendah memiliki molekul yang lebih pendek, yang berarti hanya menempel pada antitrombin. Masa kerja heparin jenis ini lebih panjang dari heparin biasa dengan dosis yang lebih sedikit. Beberapa jenis heparin berat molekul rendah antara lain sertoparin, dalteparin, enoxaparin, revirapin dan tinzaparin. 

  • Antikoagulan penghambat faktor Xa

Fondaparinux adalah senyawa sintetis yang bekerja dengan menghambat faktor Xa teraktivasi dalam darah yang berperan dalam proses pembekuan darah. Seperti heparin, fondaparinux mengaktifkan antitrombin namun bekerja dalam waktu yang lebih lama. 

Antikoagulan jenis ini tidak memiliki efek sekuat heparin atau LMWH sehingga sering digunakan untuk pencegahan pembekuan daripada mengobati masalah pembekuan yang terjadi. 

Antikoagulan oral

Warfarin

Warfarin adalah antagonis vitamin K yang menghambat kerja vitamin K sebagai vitamin utama dalam proses pembekuan darah. Obat ini bekerja dengan menghambat kerja vitamin K sehingga faktor-faktor koagulasi menjadi tidak aktif dan proses pembekuan darah tidak terjadi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apabila Anda mengonsumsi antikoagulan jenis ini, penting untuk memantau asupan vitamin K dalam pola makan sehari-hari sehingga dokter dapat mengestimasi dosis yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Efek dari warfarin sangat ditentukan dari diet (sayur hijau, buah seperti alpukat dan kiwi), obat-obatan, dan genetik. Kondisi membuat pemantauan perlu dilakukan secara rutin pada individu yang mengkonsumsi warfarin 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Manfaat Antikoagulan

Dokter akan meresepkan antikoagulan untuk pasien yang memiliki risiko tinggi dalam mengalami pembekuan darah. Dokter akan meresepkan antikoagulan jika seseorang berisiko mengalami beberapa kondisi berikut:

  • Stroke, terjadi ketika gumpalan darah menghambat aliran darah ke otak
  • Mini stroke, kondisi dengan gejala mirip stroke namin efeknya bertahan kurang dari 24 jam
  • Serangan jantung, di mana gumpalan darah menyumbat pembuluh darah yang memasok darah ke jantung
  • Trombosis vena dalam, yaitu gumpalan darah terbentuk di vena dalam yang biasanya terjadi di kaki
  • Emboli paru, yaitu gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah di sekitar paru-paru

Efek Samping Antikoagulan

Penggunaan antikoaguan secara sembarang dapat menyebabkan perdarahan serius yang menyebabkan kematian. Untuk itu, penggunaan koagulan perlu disertai resep dokter. Beberapa efek samping yang dapat muncul akibat penggunaan antikoagulan antara lain:

  • Sakit kepala
  • Perut kembung
  • Badan lemah, letih dan lesu
  • Pusing
  • Demam
  • Diare
  • Anemia
  • Memar
  • Kerontokan rambut
  • Ruam
  • Gatal
  • Sesak napas
  • Pingsan
  • Sakit dada
  • Tekanan darah rendah

Obat antikoagulan juga tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui. Apabila Anda akan menjalani operasi maupun tindakan lainnya, informasikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi antikoagulan. Jika operasi bersifat segera, obat antikoagulan akan dihentikan dalam beberapa waktu. 

Apabila terjadi efek samping serius seperti rasa lelah berlebihan, nyeri kepala, batuk berdarah, dan gejala serius lainnya maka segera konsultasikan ke dokter. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian informasi seputar antikoagulan. Karena tergolong ke dalam obat keras, pengencer darah hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

obat felodipine

Obat Felodipine: Mekanisme, Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   07/12/2022
obat vytorin

Vytorin Obat Apa? Ini Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya!

direktoriObat   29/11/2022
obat ezetimibe

Ezetimibe obat apa? Cek Manfaat, Dosis, dan Efek Sampingnya

direktoriObat   29/11/2022
komunitas jantung sehat

Mengenal Jenis Obat Vasodilator: Cara Kerja, Daftar Obat, dan Efek Samping

direktoriObat   25/11/2022
verapamil

Verapamil: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   11/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman