Ambeien

by | Jun 12, 2020 | direktoriPenyakit, penyakitA | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Ambeien atau yang memiliki nama lain wasir/hemoroid adalah keluhan yang sering dialami banyak orang. Ambeien adalah penyakit dengan kondisi dimana pembuluh vena di sekitar anus membengkak sampai membentuk benjolan. Pada beberapa kasus, benjolan ini terlihat keluar dari anus dan menyebabkan rasa tidak nyaman saat duduk karena anus terasa nyeri.

Ambeien bukanlah salah satu penyakit berbahaya atau penyakit menular. Penyakit ini pun bisa disembuhkan dengan mengonsumsi obat yang sudah tersebar di pasaran. Tapi, bukan berarti penyakit ini bisa disepelekan karena penyakit ini juga bisa menjadi parah jika tidak ditangani dengan benar.

Informasi

Penyakit ambeien terjadi ketika pembuluh darah di usus besar bagian akhir yang menghubungkan dengan anus (rektum) atau di sekitar dubur (anus) membengkak sehingga membentuk benjolan. Berdasarkan lokasi terjadinya pembengkakan,penyakit ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ambeien dalam atau internal hemoroid dan ambeien luar atau external hemorrhoid.

Ambeien dalam (internal hemorrhoid) adalah ambeien dengan lokasi pembengkakan terjadi di dalam anus dan tidak terlihat. Pada jenis penyakit ini ini, benjolan tidak terlihat dari luar anus dan tidak terasa. Jenis ini termasuk ke dalam jenis ambeien ringan dan sering tidak disadari karena pada umumnya penyakit ini baru terdeteksi ketika ada darah yang keluar dari anus saat buang air besar.

Berbeda dengan ambeien dalam, ambeien luar (external hemorrhoid) cenderung terasa lebih nyeri dan benjolan terlihat dari luar anus, sehingga penderita merasa tidak nyaman. Hal ini terjadi karena lokasi pembengkakan terjadi di luar rektum atau di sekitar lubang anus.

Gejala

Biasanya penderita menyadari bahwa dirinya menderita ambeien ketika terasa tidak nyaman saat duduk karena bagian anus terasa gatal atau nyeri. Selain gatal dan nyeri, gejala lain yang muncul diantaranya:

  • Keluar darah saat BAB tapi tidak terasa nyeri (gejala ambeien dalam)
  • Adanya benjolan yang terlihat dan terasa nyeri di bagian luar anus (gejala ambeien luar)
  • Gatal dan iritasi di area rektum
  • Nyeri dan rasa tidak nyaman
  • Bengkak pada area sekitar anus
  • Adanya benjolan yang nyeri dan sensitif di dekat anus

Gejala yang ditimbulkan ambeien ini termasuk gejala yang ringan. Tetapi meskipun begitu, jika merasa khawatir ketika muncul gejala-gejala tersebut, periksalah ke dokter agar bisa ditangani dengan baik.

Penyebab

Benjolan yang timbul pada penyakit penyakit ini terbentuk karena adanya tekanan yang secara terus menerus diterima oleh pembuluh vena. Hal ini membuat pembuluh vena iritasi dan menyebabkan pembengkakan. Itulah mengapa salah satu penyebab ambeien yang sering terjadi adalah mengejan terlalu keras saat BAB. Selain itu, terlalu sering duduk dalam waktu yang lama dan kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab penyakit ini.

Faktor Resiko

Penyakit penyakit ini disebabkan oleh membengkaknya pembuluh vena di anus juga bisa dipicu oleh beberapa faktor. Faktor-faktor risiko ini diantaranya adalah sembelit kronis, kehamilan, usia yang menua, dan juga obesitas.

Jika memiliki salah satu faktor yang berisiko memicu timbulnya ambeien tersebut, selalu perhatikan apakah ada gejala penyakit ini seperti yang telah disebutkan di atas atau tidak. Jika timbul gejala, minum obat khusus penyakit ambeien atau konsultasikan ke dokter.

Diagnosis

Penyakit ini memang umumnya bisa diatasi hanya dengan mengkonsumsi obat khusus ambeien atau dengan pengobatan alami. Tapi, tak jarang pula cara pengobatan ini tidak berpengaruh apapun di beberapa penderita. Jika memiliki kondisi seperti ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Untuk memastikan adanya penyakit ini, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan yang dinamakan colok dubur. Dalam pemeriksaan ini, biasanya dokter akan memasukkan jari yang telah dikenakan sarung tangan dan dilumuri pelumas ke dalam anus pasien. Jika ditemukan sesuatu yang aneh, maka dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan tes sigmoidoskopi.

Tes sigmoidoskopi ini dilakukan oleh dokter dengan cara menggunakan kamera serat optik kecil dengan tabung kecil yang dimasukkan ke dalam anus untuk mendiagnosis ambeien dengan benjolan di dalam.

Pengobatan

Untuk mengobati ambeien, ternyata ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan di rumah, yaitu menggunakan krim kortikosteroid untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan dan menggunakan krim wasir dengan lidokain untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Untuk rasa gatal yang timbul karena ambeien, beberapa cara bisa dilakukan seperti menggunakan celana dalam berbahan katun dan mengoleskan obat ambeien yaitu witch hazel ke bagian yang terjangkit menggunakan kapas.

Jika pengobatan-pengobatan tersebut tidak bisa mengatasi penyakit ini yang diderita, mungkin pengobatan dokter berupa pengecilan ambeien perlu dilakukan. Atau apabila kondisi ini masuk ke dalam kondisi parah, operasi pengangkatan penyakit ini bisa dilakukan.

Pencegahan

Untuk mencegah timbulnya ambeien yang berupa benjolan di area anus, minumlah banyak air putih dan kurangi konsumsi kafein serta minuman beralkohol agar tidak mengalami sembelit. Lalu, konsumsi makanan berserat tinggi dan buah-buahan, berolahraga, dan jangan menunda buang air besar. Jika diperlukan, gunakan obat untuk melunakkan tinja untuk melancarkan BAB sehingga tidak timbul tekanan berlebih pada pembuluh vena.