Obat Alprazolam merupakan salah satu jenis obat penenang yang masuk ke dalam golongan obat benzodiazepine. Obat ini merupakan obat resep yang ditujukan konsumsinya bagi orang dewasa dengan gangguan kecemasan ataupun gangguan panik. Bekerja untuk menurunkan rasa tegang yang dirasakan oleh seseorang sehingga orang yang mengkonsumsi bisa merasa lebih nyaman dan tenang. Merk dagang obat ini sendiri sangat beragam mulai dari Alprazolam, Xanax, Zolastin, Frixitas dan lainnya.

Informasi

Obat Alprazolam sering digunakan oleh penderita depresi untuk mengatasi serangan panik serta cemas berlebihan. Obat yang tergolong ke dalam jenis obat-obatan benzodiazepine ini akan bekerja di bagian saraf otak agar penderita merasa lebih rileks dan nyaman. Cara kerja Alprazolam dalam menenangkan sel saraf adalah dengan menaikkan efek zat kimia alami yang ada dalam tubuh atau GABA. 

Obat ini memiliki efek menimbulkan kecanduan bagi pasien oleh karena itu obat ini harus sangat hati-hati jika akan diberikan oleh mereka yang memiliki riwayat pecandu NAPZA. 

Dosis

Dosis obat Alprazolam yang diberikan untuk penderita harus sesuai dengan resep atau anjuran dokter. Dilarang untuk menyalahgunakan obat ini atau membeli tanpa menggunakan resep dokter. Untuk mengatasi gangguan kepanikan, maka dosis disesuaikan dengan usia pasien yaitu:

Lanjut Usia

Pasien lanjut usia yang mendapat serangan gangguan panik bisa mengkonsumsi Alprazolam sebanyak 250 mcg pada awal penggunaan. Minum obat ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari. Selanjutnya konsumsi harus ditingkatkan perlahan apabila dokter melihat perlu atau dapat ditoleransikan oleh pasien.

Dewasa

Untuk pasien dewasa, maka konsumsi tablet Alprazolam konvensional dalam bentuk tablet yakni 0,5 mg untuk awal penggunaan. Konsumsi dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu hari. Selanjutnya jika dirasa perlu untuk dilakukan peningkatan maka penambahan biasanya tidak melebihi 1 mg setiap tiga hingga empat hari. Peningkatan seperlunya sampai mencapai 10 mg setiap harinya. Dosis ini diberikan apabila sediaan obat dalam bentuk tablet mudah larut.

Sementara untuk sediaan obat dalam bentuk tablet sulit larut, maka konsumsi sebanyak 0,5 mg hingga 1 mg untuk awal penggunaan. Konsumsi dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari. Selanjutnya jika dirasa perlu untuk dilakukan peningkatan maka penambahan biasanya tidak melebihi 1 mg perhari. Peningkatan dilakukan setiap tiga hingga empat hari. Peningkatan seperlunya hingga mencapai 3  sampai 6 mg setiap harinya.

Kontraindikasi 

Interaksi dengan Obat Lain

Tidak semua jenis obat memiliki pengaruh buruk terhadap konsumsi obat Alprazolam. Untuk jenis obat tertentu mulai dari obat resep, non resep maupun herbal sebaiknya diberitahukan kepada dokter jika Anda sedang mengkonsumsinya. Anda sebaiknya memberitahu dokter jika tengah mengkonsumsi obat berikut:

  • Butabarbital
  • Amiodarone
  • Clarithromycin
  • Carbamazepine
  • Atazanavir
  • Diltiazem
  • Efavirenz
  • Delavirdine
  • Deksametason

Kelompok Orang Berisiko

Mereka yang memiliki kondisi glaukoma atau timbulnya tekanan di daerah mata yang bisa menimbulkan buta disarankan untuk memberitahu dokter. Umumnya Alprazolam memang tidak disarankan untuk kelompok ini. Mereka yang memiliki alergi pada obat-obatan tertentu seperti diazepam, chlordiazepoxide, clonazepam, halazepam dan lainnya harus memberitahu dokter. 

Efek Samping

Ada beberapa efek samping yang mungkin akan diderita oleh pasien. Apabila timbul gejala alergi, maka pasien disarankan untuk segera menghubungi dokter. 

Efek Alergi

Penderita akan merasakan reaksi alergi meliputi berkeringat, muntah, sulit untuk bernapas, pembengkakan di bibir dan wajah, bengkak pada tenggorokan serta lidah. Selain itu penderita mungkin akan merasakan gatal-gatal pada sebagian tubuh bahkan tubuh melemah akan pingsan.

Jika penderita merasakan gejala di bawah ini, maka konsumsi Alprazolam disarankan untuk segera dihentikan.

Menimbulkan Perasaan Depresi

Penggunaan Alprazolam pada pasien tertentu ternyata justru menimbulkan perasaan depresi hingga keinginan untuk bunuh diri. Beberapa pasien juga merasakan keinginan untuk menyakiti dirinya sendiri seperti menyayat kulit dengan pisau dan sebagainya. 

Berhalusinasi, hiperaktif, bingung dan lebih sensitif. Pada akhirnya, penderita merasa lebih cepat marah kepada sekelilingnya

Nyeri pada bagian dada seperti ada yang menekan hingga sulit bernapas. Jantung berdebar lebih kencang hingga timbul tremor. 

Cara Konsumsi

Cara konsumsi obat Alprazolam harus mengikuti anjuran dokter atau lihat di bungkus obat. Untuk konsumsi obat bisa melalui makan terlebih dahulu maupun tanpa makan terlebih dulu. Untuk konsumsi obat Alprazolam harus dilakukan secara rutin sesuai anjuran dokter. Apabila ingin berhenti, dilarang untuk memberhentikannya secara mendadak disebabkan berpotensi menimbulkan gejala kejang. Oleh sebab itu dosis akan diturunkan secara perlahan. 

Obat Alprazolam tidak ditelan bulat-bulat ke dalam mulut melainkan dikulum perlahan di mulut. Biarkan obat larut perlahan seperti sedang mengulum permen. Penyimpanan obat Alprazolam yang benar adalah pada suhu ruangan dan jauh dari cahaya matahari. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda mengenai efek obat Alprazolam yang dirasakan.

Beli obat tanpa perlu antri di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
ethylhexyl-methoxycinnamate

Ethylhexyl-methoxycinnamate

direktoriObat   15/12/2020, 09:00 WIB
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo kemenkes

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

Icon

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Icon

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Icon

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Icon

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Icon

Kemasan obat praktis dan aman

Icon

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

cisapride

Cisapride

direktoriObat   18/12/2020, 16:50 WIB
methylprednisolone

Methylprednisolone

direktoriObat   17/12/2020, 11:30 WIB
ammonium chloride

Ammonium Chloride

direktoriObat   16/12/2020, 12:01 WIB
klobetasol propionat

Klobetasol Propionat

direktoriObat   16/12/2020, 10:00 WIB
ethylhexyl-methoxycinnamate

Ethylhexyl-methoxycinnamate

direktoriObat   15/12/2020, 09:00 WIB

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman

partner pengiriman

Beli Obat Tanpa Antre

Lifepack melayani tebus resep, pembelian obat rutin dan Over The Counter (OTC). Pengiriman ke seluruh Indonesia.

Chat Dokter via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

arrow right

Download Aplikasi

Konsultasi Dokter Gratis, Semakin Praktis

arrow right

Download Aplikasi Lifepack

Anda Seorang Dokter?