fbpx
BerandadirektoriPenyakitInformasi Kesehatan Penyakit dari Huruf G8 Cara Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat

Organ ginjal adalah salah satu anggota tubuh yang wajib untuk dijaga kesehatannya. Ginjal memiliki peran penting untuk menyaring racun beserta zat-zat lain yang tidak diperlukan atau dapat membahayakan kesehatan. Jika ginjal tidak dapat bekerja dengan baik, Anda dapat terjangkit penyakit seperti batu ginjal, gagal ginjal, tumor, hingga kondisi diabetik. Maka dari itu, simak 8 cara merawat ginjal di artikel berikut.

cara merawat ginjal

1. Minum air yang cukup

Minum banyak air akan membantu ginjal Anda berfungsi dengan baik. Air dapat membantu ginjal Anda bekerja untuk menyaring zat-zat yang tidak diperlukan ke kandung kemih dalam bentuk urin. Jika Anda tidak memiliki kadar air yang cukup, ginjal Anda dapat terhenti dan mengalami infeksi serta batu ginjal.Atasi batu ginjal dengan obat-obatan dari Lifepack seperti Batugin Eliksir 120 ml – 1 botol – untuk penyakit batu ginjal dan saluran kemih (Rp60.000).

Salah satu pertanda bahwa ginjal berfungsi dengan normal adalah urin harus berwarna kuning muda. Jika urin Anda berwarna lebih gelap berarti Anda mengalami dehidrasi.

Maka dari itu, Anda perlu minum setidaknya 8 gelas air atau 2 liter air dalam sehari. Pada beberapa kondisi seperti cuaca panas atau berolahraga berat, Anda mungkin perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat lebih.

2. Jaga pola makan

Banyak masalah ginjal yang disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Karena itulah Anda harus membiasakan makan-makanan sehat supaya dapat mengontrol berat badan dan tekanan darah.

Anda perlu makan-makanan sehat seperti sayur-sayuran, serta buah-buahan, dan biji-bijian sebagai cara merawat ginjal. Di luar itu, kurangi makanan olahan dan makanan cepat saji yang memiliki kadar gula tinggi..

Jaminan Lifepack untuk Anda

Salah satu bahan makanan yang harus diperhatikan adalah garam. Asupan natrium yang dianjurkan dalam sehari untuk orang dewasa adalah 5-6 gram garam per hari. Untuk mengurangi asupan garam Anda, sebaiknya sajikan makanan sendiri dengan bahan-bahan segar.

3. Olahraga

Sama seperti menjaga pola makan, olahraga membantu mencegah kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika Anda tidak rutin olahraga dan memiliki berat badan yang berlebihan, tekanan darah Anda akan meningkat dan menyebabkan gangguan ginjal. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Anda bisa mengacu kepada indeks massa tubuh Anda (BMI) untuk mengetahui apakah Anda memiliki berat badan yang sehat. Anda dapat menggunakan kalkulator berat badan yang sehat untuk menghitung BMI Anda.

Tetapi jangan terlalu banyak berolahraga secara tiba-tiba dalam satu hari karena justru akan merusak ginjal Anda. Setidaknya lakukan olahraga ringan selama 30 hingga 60 menit setidaknya tiga seminggu. Mulailah perlahan jika Anda sudah lama tidak melakukannya, dan periksakan ke dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah kesehatan lainnya.

4. Waspada konsumsi obat

Beberapa obat over-the-counter (OTC) yang mengandung parasetamol, ibuprofen, dan naproxen, atau obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam waktu lama secara konstan.

Mengonsumsi obat berjenis OAINS sesekali tidak akan menimbulkan resiko gangguan ginjal. Sedangkan, konsumsi dalam jangka rutin dapat membuat ginjal bekerja terlalu keras dan konstan yang akan menyebabkan gangguan.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Namun, jika Anda memerlukan obat-obatan tersebut untuk beberapa penyakit seperti nyeri kronis atau radang sendi, sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda. Dokter Anda mungkin dapat memberikan obat alternatif atau tips penggunaan obat yang lebih baik serta cara merawat ginjal.

5. Minum alkohol secukupnya

Segala cairan yang Anda minum akan diproses oleh ginjal. Konsumsi alkohol dan minuman manis dalam kadar tinggi tentunya akan membuat ginjal Anda bekerja lebih keras dan menyebabkan gagal ginjal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Satu atau dua minuman sesekali tidak akan melukai ginjal Anda. Tetapi, pesta alkohol atau minum alkohol empat gelas dalam waktu kurang dari 2 jam dapat menyebabkan kerusakan ginjal serius. Sama halnya dengan minum minuman manis secara rutin setiap hari. 

Selain itu, dua minuman ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, penyakit hati, tekanan darah tinggi, dan kondisi lain yang membuat kondisi ginjal menjadi jauh lebih buruk.

6. Berhenti merokok

Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal. Ketika kadar darah yang mencapai ginjal tidak cukup, kemampuan ginjal untuk menyaring zat-zat buruk akan menurun. Merokok juga meningkatkan risiko Anda terjangkit kanker ginjal sekitar 50 persen.

Merokok juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal. Vaping atau rokok elektrik mungkin tidak akan membuat tubuh terpapar banyak racun, tetapi kandungan nikotinnya masih sangat membuat efek buruk pada tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Anda bisa memulainya dengan mengurangi jumlah rokok yang biasa dihisap setiap hari atau dengan cara cold turkey atau menghentikannya sama sekali sekaligus.

8. Rutin cek tekanan darah

Sebagian orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak menyadari bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu rutin memeriksakan tekanan darah terutama jika mendekati usia paruh baya atau lansia. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Tekanan darah tinggi dapat merusak ginjal Anda karena juga meningkatkan faktor lain seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan gangguan kardiovaskular. Tingkat tekanan darah orang dewasa yang normal adalah 120/80. 

Jika tekanan darah Anda terus-menerus meningkat di atas kisaran normal, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan saran. Mungkin Anda perlu memodifikasi gaya hidup Anda untuk mengurangi resiko penyakit yang dapat muncul.

Demikian 8 cara merawat ginjal. Ingin konsultasi seputar kesehatan ginjal dengan dokter umum? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter terpercaya dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hari lanjut usia internasional

Hari Lanjut Usia Internasional: Lansia Sehat, Wujudkan Hari Tua Sejahtera

Hidup Sehat   03/10/2022
hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman