fbpx
BerandaHidup Sehat8 Cara Agar Menstruasi Lancar

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi atau haid yang berbeda-beda. Wanita pada umumnya mengalami menstruasi setiap 24 hingga 38 hari, tetapi sebagian wanita mungkin mengalami siklus menstruasi yang lebih atau kurang dari durasi tersebut. Siklus menstruasi dapat menjadi tidak lancar karena banyak faktor yang berbeda, mulai dari gaya hidup hingga stress yang tidak disadari. Jangan khawatir, berikut 9 cara agar menstruasi lancar secara alami maupun dengan bantuan obat.

cara agar melancarkan menstruasi

1. Kelola stres Anda

Stres yang berlebihan dapat menyebabkan siklus haid terhenti untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan kelenjar adrenalin akan mengeluarkan kortisol dan progesteron sebagai respon terhadap stres. Pengeluaran progesteron disaat stress ini berfungsi untuk mengurangi ketegangan atau kecemasan, tetapi sayangnya siklus menstruasi Anda akan terhenti untuk sementara. 

Anda dapat mengurangi stres dengan teknik-teknik relaksasi diri seperti meditasi, pernapasan, dan metode lainnya yang dapat membantu Anda merasa lebih baik. Anda juga dapat mencoba yoga di rumah sebagai bentuk dari teknik relaksasi jika stress dirasa sudah memuncak. Melalui penelitian, telah ditemukan bahwa orang yang berlatih yoga selama 35 menit setiap harinya akan mendapatkan siklus haid yang lebih lancar, rasa nyeri yang lebih ringan, serta gejala gastrointestinal yang lebih sedikit ketika periode menstruasi tiba. 

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat mengurangi gejala PMS dan nyeri haid. Aktif menggerakkan tubuh membantu menghilangkan racun, menyeimbangkan gula darah, dan mengurangi kortisol yang jika dimiliki dalam kadar tinggi dapat mengurangi progesteron yang diperlukan untuk menstruasi.

Anda cukup melakukan latihan aerobik sekitar 30 menit per hari, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau berenang. Perlu diperhatikan bahwa Anda berolahraga secukupnya, karena olahraga yang terlalu intens dan berat justru dapat mempengaruhi siklus menstruasi bahkan menghambat kelancaran siklus menstruasi Anda.

Satu studi menemukan bahwa kecemasan dan manifestasi stres lainnya cenderung mencapai puncaknya selama periode pra-menstruasi, yang bahkan bisa lebih tidak terduga jika menstruasi tidak teratur. Melakukan latihan Anda (dan mungkin bahkan menggabungkan gerakan pikiran-tubuh seperti yoga) akan membantu kesehatan mental Anda terasa lebih mudah diatur.

Jaminan Lifepack untuk Anda

3. Konsumsi evening primrose oil

Evening primrose oil (EPO) adalah minyak dari tanaman bunga yang tumbuh di Amerika dan Eropa. Konsumsi minyak ini sudah diteliti dapat meningkatkan kadar glutathione pada wanita penderita sindrom ovarium polikistik (PCOS). Glutathione juga dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang dapat menjadi penyebab menstruasi yang tidak teratur.

Pengeluaran darah yang sangat sedikit saat menstruasi dapat menjadi tanda bahwa Anda memiliki hormon yang tidak mencukupi. Evening primrose oil dapat membantu Anda mendapatkan siklus menstruasi yang lancar serta pengeluaran darah kotor yang lebih banyak. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

4. Kurangi asupan gula

Gula dikenal sebagai pemicu menstruasi yang tidak teratur pada banyak wanita, khususnya yang menderita sindrom ovarium polikistik. Kadar gula berjumlah tinggi dalam tubuh dapat memperburuk resistensi insulin yang dapat menyebabkan masalah menstruasi dan perubahan hormonal lainnya.

Cara terbaik untuk mengurangi asupan gula Anda adalah dengan menghentikan konsumsi makanan olahan. Anda harus memulai hidup sehat dengan bahan-bahan organik. Selain itu, kandungan dengan gula di dalam berbagai macam saus juga dapat meningkatkan resiko menstruasi yang tidak lancar.

5. Jangan melakukan diet rendah karbohidrat

Wanita seringkali melakukan diet karbohidrat untuk melangsingkan tubuh. Tetapi, konsumsi karbohidrat dalam jumlah sangat sedikit justru dapat mengganggu fungsi tiroid yang berdampak pada siklus menstruasi. 

Jika Anda ingin diet sehat, Anda harus berusaha untuk makan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks termasuk sayuran dan buah-buahan serta lemak sehat. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak zaitun. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

6. Konsumsi sayuran cruciferous

Cara agar menstruasi lancar yang paling mudah adalah dengan pola makan sehat. Sayuran cruciferous seperti kangkung, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya mengandung nutrisi bernama DIM yang membantu merendahkan estrogen dan menyeimbangkan hormon untuk sistem reproduksi. Penelitian telah menunjukkan bahwa DIM yang ditemukan dalam sayuran ini dapat membantu metabolisme reproduksi dan mengurangi risiko kanker.

7. Penuhi kebutuhan asam folat

Asam folat atau vitamin B9 adalah vitamin esensial yang dapat membantu mendukung kadar progesteron yang cukup dan ovulasi teratur. Anda dapat mengonsumsi asam folat secara alami dari sereal khusus folat, biji-bijian kaya folat, bayam, jus jeruk, kacang-kacangan, dan asparagus. Anda juga dapat memenuhi kebutuhan asam folat melalui suplemen.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

8. Gunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi seperti pil hormon dan KB dapat membantu melancarkan menstruasi sebagai cara untuk mengurangi resiko kehamilan.  Tetapi, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter dahulu sebelum mengonsumsi pil yang sesuai dengan kondisi Anda. Pada umumnya, Anda bisa menggunakan obat seperti Pil Yasmin.

9. Minum obat pelancar menstruasi

Salah satu cara agar menstruasi lancar yang seringkali dilakukan wanita adalah dengan konsumsi obat-obatan yang dikhususkan untuk melancarkan menstruasi seperti berikut.

Obat pelancar haid yang sudah terjamin BPOM. Dapat diminum sehari 4 kapsul sekali minum, selama 3 hari. Harga obat pelancar haid ini sebesar Rp8.611 per kemasan.

Obat herbal tradisional berupa 15 ml larutan. Mengandung daun tempuyung, daun seribu, daun beluntas, rimpang rumput teki, daun jungrahab, rimpang kunyit, kulit kayu manis dan rimpang jahe. Dapat diminum satu sachet 3 kali dalam sehari,  empat hari sebelum datang bulan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Obat herbal berupa kapsul dengan kandungan Anisi Vulgaris Fructus, Curcumae Rhizoma, Foeniculi, Piperis Nigri, Cinnamomi, Coriandri, Nigellae Sativae, Phyllanthi Herba. Dapat diminum 2 kapsul setia 2 kali minum dalam sehari, 4 hingga 5 hari sebelum haid. 

Demikian 8 cara agar menstruasi lancar. Ingin konsultasi seputar masalah menstruasi dan reproduksi dengan dokter umum? Nikmati konsultasi gratis dengan dokter dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan keluhan Anda melalui chat WhatsApp di link berikut.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022
diet penyakit tbc

Bantu Proses Penyembuhan, Cek Diet Penyakit TBC Berikut

Hidup Sehat   06/11/2022
diet penyakit saluran cerna bawah

Ini Diet Penyakit Saluran Cerna Bawah: Konstipasi, Diare, Seliak, dan lain-lain

Hidup Sehat   06/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman