fbpx
BerandaHidup Sehat7 Manfaat Minyak Kayu Putih: Mengobati Kembung Hingga Luka

Minyak kayu putih seringkali digunakan oleh orang Indonesia untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tetapi apakah memang minyak kayu putih memiliki banyak khasiat? Dari mana asalnya minyak kayu putih? Simak artikel berikut untuk mengetahui 6 manfaat minyak kayu putih.

Asal Mula

Minyak kayu putih berasal dari pohon kayu putih atau eucalyptus yang tersebar di seluruh belahan dunia. Ada lebih dari 400 spesies kayu putih yang berbeda, tetapi minyak kayu putih pada umumnya diambil dari spesies Eucalyptus globulus.

Minyak kayu putih didapatkan dengan cara menyuling daun dengan uap. Setelah itu minyak akan terekstraksi dan akan menjadi cairan bening dengan aroma kayu yang kuat. 

Minyak kayu putih yang sudah terekstraksi ini mengandung 1,8-cineole atau disebut juga dengan eucalyptol. Selain itu minyak ini mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan nabati dan tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Minyak kayu putih sendiri telah digunakan oleh banyak kalangan di Cina, India, dan bahkan Yunani. Minyak kayu putih tidak jarang juga digunakan sebagai antiseptik, parfum, sebagai bahan kosmetik, dan bahkan sebagai penyedap rasa.

Manfaat Minyak Kayu Putih

Sebagai kandungan alami, minyak kayu putih memiliki berbagai macam manfaat yang dapat mengobati tubuh. Adapun berikut manfaatnya:

Jaminan Lifepack untuk Anda

1. Meredakan batuk

Minyak kayu putih diketahui memiliki efek yang akan memberi sensasi hangat. Sensasi ini membuatnya cocok untuk digunakan untuk menggunakan batuk. Pada umumnya Anda bisa mendapatkan minyak kayu putih dalam bentuk balsam yang memiliki kandungan minyak kayu putih. Balsam ini dapat dioleskan ke dada dan tenggorokan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

2. Sakit Kepala

Sama seperti penggunaannya pada batuk, minyak kayu putih dapat dioleskan ke kepala untuk memberikan sensasi hangat. Sensasi hangat ini sebenarnya dapat terjadi karena ada kandungan sineol yang memberikan sensasi hangat. Semakin tinggi kandungan murni eucalyptus, akan semakin tinggi kadar sineol dan semakin hangat.

3. Melegakan masalah pernapasan

Kondisi pernapasan seperti asma dan sinusitis dapat diredakan dengan cara menghirup minyak kayu putih. Salah satu manfaat minyak kayu putih adalah akan mengurangi lendir yang tertahan di dalam saluran pernafasan dengan cara melonggarkannya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Tetapi perlu diingat bahwa sebagian orang malah dapat merasa mual dan alergi terhadap minyak kayu putih. Penggunaan ini perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

4. Meringankan nyeri sendi

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Minyak kayu putih dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan kondisi nyeri sendi karena dapat merelaksasi otot yang tegang atau nyeri. Cukup gosokkan minyak kayu putih ke area yang nyeri dan pijat dengan lembut. Untuk lebih pasti bahwa nyeri tersebut bukan cedera, konsultasikan dulu ke dokter. 

5. Pelindung dari gigitan nyamuk

Minyak kayu putih adalah salah satu pengusir nyamuk alami karena serangga tersebut tidak menyukai aromanya. Anda dapat mengoleskan minyak kayu putih ke tubuh atau mencampur minyak kayu putih dengan air dan menyemprotkannya ke ruangan. Sebagai alternatif, sudah banyak juga pengharum ruangan yang memiliki wangi minyak kayu putih.

6. Mengobati luka

Jaminan Lifepack untuk Anda

Manfaat minyak kayu putih lainnya adalah dapat membantu mengobati luka ringan supaya tidak berlanjut menjadi infeksi. Kandungan ini memiliki sifat antiseptik yang akan mempercepat penyembuhan luka. Penggunaan minyak kayu putih sebagai desinfeksi sudah ditemukan sejak lama di benua Australia.

7. Mengobati Perut Kembung

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Minyak kayu putih memiliki sifat karminatif yang dapat menurunkan pembentukan gas, serta membantu menghilangkan gas yang sudah terbentuk di usus sehingga perut kembung pun teratasi. Kandungan sineol juga dapat menghangatkan perut dan membantu meredakan masuk angin. Minyak kayu putih tidak perlu diminum, cukup dioleskan saja.

Rekomendasi Produk Minyak Kayu Putih

Tidak perlu bingung, berikut beberapa rekomendasi produk minyak kayu putih terbaik yang bisa Anda dapatkan secara bebas karena tidak memerlukan resep dokter.

1. Sidola MKP 60 ML (Rp31.700)

Sidola MKP 100 ml adalah minyak kayu putih yang membantu meredakan sakit perut, kembung, mual, masuk angin, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga. Dengan kandungan ekstrak daun dan ranting kayu putih, obat ini juga dapat digunakan sebagai aromaterapi yang memberikan sensasi hangat pada tubuh.

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Cap Lang Minyak Kayu Putih (Rp39.159)

Siapa yang tidak tahu minyak kayu putih satu ini? Cap Lang Minyak Kayu Putih adalah minyak yang terdiri dari kandungan minyak kayu putih murni dan oleum cajuput oil. Minyak kayu putih ini dapat membantu membantu meringankan sakit perut, perut kembung, rasa mual, dan gatal-gatal akibat gigitan serangga/nyamuk.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi manfaat minyak kayu putih beserta sejarahnya. Anda bisa mendapatkan produk minyak kayu putih rekomendasi dengan harga lebih murah dan jaminan aman di Apotek Online Lifepack. 

Beli minyak kayu putih beserta obat lain sesuai dengan kebutuhan Anda di Apotek Online Lifepack. Download juga aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

3 Tips Memilih Facial Wash Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

Hidup Sehat   21/01/2022
madu dapat menjadi penambah nafsu makan

9 Manfaat Madu untuk Badan: Penambah Energi Hingga Penggemuk Badan

Hidup Sehat   18/01/2022

Kulit Glowing dengan Rangkaian Skincare Scarlett Whitening

Hidup Sehat   17/01/2022

3 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik untuk Kulit Glowing

Hidup Sehat   13/01/2022

10 Manfaat Susu Beruang: Meredakan Flu Hingga Menetralkan Racun

Hidup Sehat   12/01/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman