fbpx
BerandaIbu dan Anak5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak

Imunitas tubuh adalah salah satu sistem alami tubuh yang dapat melindungi anak dari berbagai macam bakteri dan virus sumber penyakit. Imunitas tubuh ini penting untuk dijaga dan ditingkatkan sesuai dengan tumbuh kembang anak. Daya tahan yang tinggi akan membuat anak menjadi lebih sehat pula. Simak 5 cara meningkatkan imunitas tubuh anak secara alami.

cara meningkatkan imunitas tubuh anak

1. Berikan anak asupan buah dan sayuran rutin

Cara paling mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh anak adalah memberinya buah dan sayuran sehari-hari. Banyak buah dan sayuran seperti wortel, kacang hijau, jeruk, stroberi mengandung karotenoid.

Karotenoid sendiri adalah fitonutrien yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Fitonutrien bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi dan virus. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan makanan yang kaya akan fitonutrien dapat melindungi anak dari resiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Usahakan anak makan setidaknya satu jenis buah dan sayur setiap hari, makin banyak makin baik pula.

2. Berikan anak waktu tidur yang cukup

Tidak hanya pada orang dewasa, anak kecil juga dapat menjadi rentan penyakit jika tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Tidur diperlukan oleh tubuh untuk melakukan regenerasi sel dan memperbaiki kinerja sel-sel imunitas, khususnya sel limfosit T. 

Orang tua harus tahu bahwa bayi memerlukan hingga 16 jam waktu tidur setiap hari, sedangkan balita harus tidur 11 hingga 14 jam tiap hari. Anak-anak di usia memasuki taman kanak-kanak dianjurkan untuk mendapatkan tidur 10 hingga 13 jam. Selanjutnya, anak di usia sekolah dasar memerlukan 9 hingga 12 jam.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Selain tidur lebih cepat, orang tua juga dapat memberikan anak waktu untuk tidur siang. Tidur siang dapat memberikan anak waktu untuk beristirahat dan bertumbuh dengan optimal.

3. Biasakan hidup bersih

Berani kotor memang baik untuk eksplorasi, tetapi orang tua harus memberikan pemahaman untuk menjaga kebersihan setiap saat. Cara meningkatkan imunitas tubuh anak adalah membiasakan hidup bersih. Kebersihan yang terjaga tentunya akan mengurangi resiko anak terserang penyakit, sehingga imunitasnya akan bisa bertumbuh dengan optimal.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pastikan anak-anak Anda sering mencuci tangan dengan sabun, khususnya di tengah pandemi seperti ini. Anda dapat membuat aturan kesehatan yang harus diikuti anak. Beberapa contohnya adalah dengan membersihkan diri sebelum dan sesudah makan, setelah bermain dari luar, bermain dengan hewan, membuang ingus, dan saat menggunakan kamar mandi. 

Anda bisa memberikan anak handuk pribadi dan alat-alat kebersihan yang dikhususkan untuk anak. Dimulai dari sabun tangan dan mandi warna-warni, anak bisa membiasakan diri untuk menjaga kebersihan dengan tetap menyenangkan. 

4. Jauhkan anak dari asap rokok

Sebagian orang tua terkadang merokok di dekat anak, padahal rokok yang masuk ke paru-paru anak akan mengurangi sistem detoksifikasi yang seharusnya berfungsi untuk menyaring paparan berbahaya ke dalam tubuh.

Jika Anda atau pasangan Anda merokok, usahakan untuk berhenti demi cara meningkatkan imunitas tubuh anak Anda. Asap rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi bahkan membunuh sel-sel penting dalam tubuh. Anak-anak lebih rentan untuk mengalami efek samping dari rokok dibandingkan orang dewasa.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Menghirup asap rokok secara konstan akan meningkatkan risiko anak untuk menderita bronkitis, infeksi telinga, dan asma. Selain itu, paparan rokok juga dapat memengaruhi kecerdasan dan perkembangan neurologis anak. 

5. Konsumsi suplemen dan multivitamin

Kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi dengan asupan 4 sehat 5 sempurna yang disertai beragam buah dan sayuran. Tetapi, tidak jarang anak justru menolak pemberian makanan sehat khusunya sayuran hijau. Cara meningkatkan imunitas tubuh anak adalah anak perlu diberikan suplemen dan multivitamin khusus pertumbuhan.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pemberian multivitamin harian dapat membantu anak melengkapi nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan imunitas anak. Anda bisa memilih multivitamin yang mengandung vitamin lengkap, khususnya vitamin C yang sangat berkontribusi terhadap pembentukan imunitas. Pemberian multivitamin juga tetap baik untuk diberikan kepada anak yang rutin makan sayur dan buah. 

Anda bisa memberikan anak YouVit Multivitamin For Kids – 30 Tablet (Rp51.853) untuk vitamin A hingga E yang lengkap, disertai selenium, iodium, dan zinc. Vitamin ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian anak sesuai dengan AKG, meningkatkan kinerja otak, dan membantu proses pertumbuhan tulang. Berbentuk gummy kenyal yang disertai rasa nanas, stroberi, dan jeruk yang disukai anak. Cukup berikan satu tablet kepada anak setiap hari.

Untuk pilihan sirup, Anda bisa memberikan anak Becefort Sirup Vitamin C Anak 1 Botol 60 ml (Rp36.000). Suplemen yang mengandung kombinasi Vitamin C dan Vitamin B kompleks dengan rasa jeruk untuk memelihara kesehatan tubuh pada masa pertumbuhan dan penyembuhan, mempercepat tumbuh kembang anak, mengatasi kekurangan gizi, dan meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Ingin konsultasi dengan dokter seputar masalah kesehatan anak? Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter dari Apotek Online Lifepack. Sampaikan pertanyaan dan keluhan Anda melalui WhatsApp di link berikut.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas stroke

Cek Daftar Komunitas Stroke Indonesia, Ayo Gabung!

Hidup Sehat   28/11/2022
omunitas jantung sehat

Gabung ke Komunitas Jantung Sehat, Dapat Apa Saja?

Hidup Sehat   28/11/2022
komunitas kanker Indonesia

Dukung Perjuangan Sembuh, Ini 5 Manfaat Bergabung Komunitas Kanker Indonesia

Hidup Sehat   24/11/2022
diet untuk penyakit sirosis hepatis

6 Tips Diet untuk Penyakit Sirosis Hepatis

Hidup Sehat   07/11/2022
diet pada penyakit kanker

Cukupi Energi dan Nutrisi, Ini Anjuran Diet pada Penyakit Kanker

Hidup Sehat   07/11/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman