fbpx
BerandadirektoriPenyakit5 Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

Hipertensi adalah sebuah gangguan pada tekanan darah yang membuat tekanan darah sangat tinggi. Jika tidak ditangani sesegera mungkin, hipertensi akan menyebabkan pembuluh darah pecah dan bahkan mengakibatkan serangan jantung dan stroke. 

Tekanan darah normal untuk orang dewasa adalah 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHG. Orang dewasa dengan tekanan darah 140/80 mmHg atau lebih tinggi dapat dikatakan sudah menderita hipertensi. Jika sudah kambuh, kondisi hipertensi sangat memerlukan tindakan medis. 

Hipertensi pada umumnya diakibatkan oleh pola makanan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak aktif. Asupan makanan yang sehat harus selalu dijaga termasuk selama hari liburan. Liburan bukan berarti Anda bisa makan dan beraktivitas sesuka hati tanpa memperhatikan kesehatan.

Penyakit ini biasa juga dikenal sebagai silent killer karena banyak orang yang tidak menyadarinya sampai ketika tekanan darah sudah terlalu tinggi. Maka dari itu, hipertensi harus dicegah dari jauh-jauh hari sebelum kondisi sudah menjadi parah. 

Simak 5 cara mencegah penyakit hipertensi yang bisa Anda lakukan bahkan saat liburan.

1. Olahraga rutin

Olahraga secara rutin telah terbukti sebagai pencegahan ampuh untuk mencegah hipertensi. Dengan olahraga rutin, Anda juga akan mengurangi resiko obesitas yang merupakan salah satu penyebab hipertensi.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa latihan dan olahraga rutin dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Sebuah penelitian menemukan para lansia yang rutin melakukan senam aerobik berhasil menurunkan tekanan darah sebanyak rata-rata 3.9 persen untuk sistolik dan 4.5 persen untuk diastolik. Penelitian menyimpulkan bahwa penurunan ini efektif untuk mencegah hipertensi.

Anda tidak perlu memiliki waktu yang banyak atau ruang besar untuk melakukan olahraga. Anda selalu bisa memanfaatkan banyak benda dan aktivitas dari kenyamanan rumah Anda sendiri. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Luangkan waktu sebanyak 30-40 menit yang dapat dibagi ke dalam 10 hingga 15 sesi. Selain olahraga, Anda bisa lakukan variasi aktivitas yang menguras keringat seperti naik-turun tangga, berjalan kaki di sekeliling kompleks, bersepeda, bahkan mengurus kebun. Kunci dari efektivitas olahraga dan aktivitas ini adalah rutin melakukannya untuk beberapa menit.

Penelitian lain menyatakan ada beberapa aktivitas yang dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Beberapa aktivitas tersebut adalah berjalan 10.000 langkah sehari, senam aerobik, olahraga interval intensitas tinggi (HIIT), dan olahraga singkat yang dilakukan sepanjang hari.

2. Kurangi asupan gula

Gula merupakan salah satu penyebab hipertensi. Kadar gula yang terlalu banyak dalam tubuh akan menghambat produksi oksida nitrat yang berfungsi untuk memperluas pembuluh darah. Tanpa adanya oksida nitrat, pembuluh darah akan menyempit dan akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

Dalam suatu eksperimen yang dilakukan selama 8 minggu, gula akan meningkatkan tekanan darah sebesar 5,6 mm Hg diastolik dan 6,9 mm Hg sistolik. Sedangkan, suatu eksperimen pada wanita dengan tekanan darah tinggi melaporkan bahwa konsumsi gula yang diturunkan sebesar 2,3 sendok teh akan menurunkan sistolik 8,4 mmHg dan penurunan tekanan darah diastolik 3,7 mmHg.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Kadar gula yang tinggi bisa juga mengakibatkan diabetes. Hipertensi sendiri memang ditemukan sering diderita bersamaan dengan diabetes mellitus, tipe 1, tipe 2, dan gestasional. Tentu keduanya akan memiliki gejala berbeda yang bisa muncul secara bersamaan, dan bahkan membuat masing-masing penyakit untuk terus memburuk.

Anda bisa mengganti asupan gula dengan berbagai macam pemanis alternatif seperti Tropicana Slim atau bahkan menghilangkan gula sama sekali.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Kurangi asupan garam

Selain gula, garam juga sudah diketahui dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah secara signifikan. Anda perlu memahami sistem peredaran darah dan ekskresi untuk mengetahui bagaimana hipertensi dapat muncul.

Ginjal berfungsi untuk membersihkan racun dan cairan yang tidak diperlukan dalam lebih dari 120 liter darah setiap hari. Jika Anda memiliki terlalu banyak garam di dalam tubuh, ginjal akan kesulitan untuk mengeluarkan cairan yang akibatnya akan menumpuk dengan tidak sehat. Tekanan darah akan meningkat karena sistem darah tidak dapat dibersihkan dengan baik.

Dengan begitu, asupan garam direkomendasikan untuk berada dalam takaran yang wajar. Para dokter dari New York merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2.300 miligram garam atau satu sendok teh per hari. Jika Anda telah didiagnosis memiliki resiko yang besar atau bahkan sudah menderita hipertensi, Anda harus mengonsumsi kurang dari 1.500 miligram per hari.

Anda harus ekstra berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan instan karena sebagian besar memiliki kandungan garam natrium maupun sodium yang tinggi. Makanan tersebut adalah seperti sarden kaleng, frozen foods, dan pizza. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

4. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah karena kandungannya yang berbahaya. 

Nikotin sebagai kandungan utama rokok dapat membuat pembuluh darah Anda menyempit dan jantung Anda berdetak lebih cepat, alhasil tekanan darah Anda akan menjadi semakin tinggi.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Sebuah penelitian menemukan bahwa pada sekumpulan perokok, tekanan darah sistolik meningkat hingga 7% dan tekanan darah diastolik meningkat sebanyak 10%. Denyut jantung juga meningkat sebanyak 25%. Penelitian ini didapatkan hanya sesaat setelah perokok mengkonsumsi batang rokok pertama mereka di pagi hari.

Bila ditambah dengan tekanan darah tinggi, merokok dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti stroke, penyakit jantung, dan kanker paru-paru. 

Maka dari itu ada baiknya Anda berhenti merokok selagi masih sehat. Salah satu cara mencegah hipertensi adalah menjaga pola hidup yang sehat. Anda bisa mengubah kecanduan Anda dengan cara mengunyah permen jika sedang muncul rasa keinginan merokok.

5. Batasi konsumsi alkohol

Minum alkohol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan hipertensi, bahkan pada orang sehat yang tidak memiliki resiko penyakit kronis. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Sama seperti makanan dan minuman tidak sehat lainnya, alkohol dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Ketika pembuluh darah Anda menyempit, jantung harus bekerja lebih keras untuk mendorong darah ke seluruh tubuh Anda. Alhasil tekanan darah Anda akan meningkat dengan signifikan.

Penelitian menemukan bahwa sekelompok pria yang melakukan pesta alkohol secara rutin memiliki tekanan darah yang meningkat secara signifikan. Kategori pria peminum alkohol rutin memiliki tekanan darah sistolik yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang tidak minum sekitar 121,8 dan 119,0 mm Hg versus 117,5 mm Hg.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika Anda harus minum alkohol, minumlah dalam jumlah sedang. Para dokter dari New York menyarankan alkohol untuk diminum dalam kadar 1 ons alkohol atau sekitar satu bir, satu gelas anggur, atau satu gelas cocktail. Jangan minum alkohol jika Anda sudah memiliki tekanan darah yang sudah diambang batas. 

Demikian 5 cara mencegah penyakit hipertensi. Yang harus Anda lakukan adalah mengadopsi pola hidup sehat ini mulai dari sekarang. Pola hidup yang sehat akan memberikan Anda kehidupan yang lebih bugar dan ceria pula.

Untuk penderita, Lifepack menyediakan berbagai macam obat rutin untuk mengatasi hipertensi. Anda bisa menebus resep dokter mulai dari Acetensa, Lodoz, dan masih banyak obat hipertensi lainnya.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin hipertensi. Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sama-sama Gangguan Memori, Apa Perbedaan Alzheimer dan Demensia?

direktoriPenyakit   26/07/2022
fenofibrate

Fenofibrate: Manfaat, Efek Samping, Dosis

diare persisten

Diare Persisten: Penyebab dan Cara Mengatasi

direktoriPenyakit   29/06/2022
alergi sperma

Alergi Sperma: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

flu singapura pada anak

Waspada Flu Singapura Pada Anak: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman