fbpx
BerandaHidup Sehat3 Tips Ampuh Turunkan Demam dengan Jahe

Demam merupakan salah satu gejala penyakit yang sangat mengganggu. Tubuh menjadi tidak nyaman dan tidak dapat beraktivitas secara optimal. Ketika demam datang, cara utama untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat dan konsumsi asupan makanan, minuman, dan obat-obatan yang sesuai. Salah satu cara menurunkan demam adalah dengan bahan herbal yang sering digunakan di dapur, yaitu jahe. Bagaimana jahe bisa menurunkan demam? Bagaimana cara menurunkan demam dengan jahe? Simak tips ampuh turunkan demam dengan jahe selengkapnya di artikel berikut.

tips ampuh turunkan demam dengan jahe

Bagaimana jahe bisa menurunkan demam?

Jahe yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ditemukan memiliki sifat antipiretik. Sebuah penelitian menemukan bahwa Gingerol yang terdapat rimpang jahe merah dapat meningkatkan produksi IL-10 yang berfungsi sebagai antipiretik sehingga mampu menurunkan demam

Temuan ini diperkuat dengan hasil analisis sebuah penelitian lain. Sifat antibakteri jahe cukup tinggi untuk melawan bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes yang seringkali menyebabkan radang tenggorokan. Jahe juga dapat melawan gejala-gejala yang ditemukan pada radang seperti demam dan sakit kepala. 

Tidak hanya itu, jahe juga ditemukan dapat berfungsi sebagai antivirus, khususnya pada virus yang menyerang pernapasan. Tanaman rimpang ini dapat mengatasi gejala-gejala infeksi pernapasan yang salah satunya adalah demam.

Maka dari itu, banyak produk kesehatan yang menggunakan jahe sebagai kandungan utamanya. Salah satunya adalah OBH Combi Batuk Plus Flu Jahe – 60 ml (Rp22.500) yang dapat bantu mengatasi gejala flu seperti batuk, pilek, dan sebagainya.

Cara menurunkan demam dengan jahe

Jahe bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Anda bisa menaruh jahe di dalam teh, memasukkannya dalam makanan, dan masih banyak lagi. Namun usahakan untuk tetap menjaga jahe utuh dan menjadikannya olahan utama agar efektif menurunkan demam. Berikut beberapa cara mengonsumsi jahe untuk menurunkan demam.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Rebusan jahe

Salah satu cara menurunkan demam dengan jahe yang paling efektif adalah dengan minum rebusan jahe.

Cukup masukkan setengah sendok jahe ke dalam air matang. Saring ampasnya, lalu sajikan di dalam mug dan minum secara perlahan. Kombinasi air mineral dan jahe yang hangat akan bantu membuat tubuh Anda menjadi lebih nyaman. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Teh jahe

Sebagian orang mungkin tidak bisa mengonsumsi jahe tanpa tambahan apapun. Jahe sendiri memiliki aroma dan rasa cukup kuat yang mungkin tidak sesuai dengan selera sebagian orang.

Anda bisa juga memasukkan jahe ke dalam larutan teh agar rasanya sesuai dengan selera Anda. Caranya adalah dengan rebus jahe di dalam air matang, lalu masukkan teh tubruk ke dalam panci yang sama. Aduk hingga larutan berubah warna menjadi cokelat lalu seduh. Dapat ditambahkan gula untuk rasa yang lebih manis. Namun, ingatlah untuk selalu memasukkan gula yang cukup dan tidak berlebihan agar tidak diabetes.

Jahe dan madu

Jika teh dan jahe masih kurang pas untuk selera Anda. Masukkan beberapa kandungan herbal lain yang juga memiliki efek antimikroba yang dapat meringankan gejala Anda, khususnya demam akibat sakit tenggorokan.

Salah satu bahan alami yang bersifat antimikroba adalah madu. Cukup masukkan madu ke dalam rebusan air jahe secukupnya. Di sini madu juga akan berfungsi sebagai pemanis alami sebagai alternatif dari gula. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Beberapa bahan anti-peradangan lainnya yang juga dapat Anda masukkan ke dalam jahe adalah Cengkeh, Echinacea, Oregano, dan Sage.

Sebelum mengonsumsi jahe, sebaiknya konsultasikan dahulu kondisi Anda dengan dokter. Khususnya jika Anda mengonsumsi obat-obatan lainnya karena sebagian kondisi tidak dianjurkan untuk mendapatkan pengobatan herbal. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online Apotek Lifepack.

Yang harus dilakukan untuk menurunkan demam

Selain mengonsumsi jahe, demam hanya bisa diturunkan jika pasien mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan di samping mengonsumsi jahe:

  • Istirahat yang cukup dan berkualitas
  • Minum air mineral atau cairan yang banyak
  • Jangan lupa untuk makan sesuai waktu
  • Pakai kompres dingin
  • Gunakan baju atau pakaian yang tipis
  • Usahakan jaga suhu ruangan untuk tetap dingin
  • Cek suhu badan dengan termometer secara rutin
  • Minum obat bebas untuk menurunkan demam seperti paracetamol (Panadol Biru 10 Kaplet – Paracetamol 500 mg Rp15.000), ibuprofen, atau acetaminophen
  • Segera cek ke dokter jika demam tidak kunjung sembuh

Demikian informasi seputar tips ampuh turunkan demam dengan jahe. Jaga terus kesehatan Anda bersama Apotek Lifepack.

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor +62 21 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda setiap Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
makanan dengan indeks glikemik rendah

5 Daftar Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Hidup Sehat   28/06/2022
tensimeter digital

3 Tips Membeli Tensimeter Digital Terbaik

Hidup Sehat   28/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman