Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan tidak hanya pada satu sektor saja. Salah satu perkembangan teknologi yang cukup pesat adalah di bidang kesehatan. Berbagai macam alat kesehatan kini telah berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Tentunya ini adalah hal yang sangat baik terutama dalam proses penyembuhan pasien.
Namun perkembangan teknologi tidak hanya berhenti pada alat kesehatan saja, melainkan telah merambah pada pelayanan kesehatan itu sendiri misalnya telemedicine. Apa itu telemedicine? (Baca juga Konsultasi Dokter Online, Apakah Aman?).
Mungkin Anda pernah mendengar istilah telemedicine atau telemedis? Telemedicine atau telemedis merupakan perkembangan teknologi kesehatan yang memudahkan pasien Untuk menjangkau pelayanan kesehatan. Terkadang masyarakat sering keliru antara telemedis dengan telekonsultasi. Padahal telemedis dan telekonsultasi merupakan hal yang berbeda. Apa saja sih perbedaannya? Simak selengkapnya pada ulasan yang telah Tim Lifepack rangkum berikut ini.
Telemedis dan Telekonsultasi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa layanan telemedis memudahkan pasien dalam menjangkau pelayanan kesehatan. Dengan adanya layanan telemedicine atau telemedika, pasien dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara virtual tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Sehingga pasien dan dokter lebih fleksibel dalam tempat dan waktu.
Telemedicine merupakan teknologi kesehatan yang memudahkan pasien untuk menjangkau pelayanan kesehatan, misalnya konsultasi dokter online.
Sedangkan telekonsultasi merupakan layanan konsultasi kesehatan yang dilakukan secara online. Layanan ini dapat membantu masyarakat yang memiliki permasalahan kesehatan mengonsultasikannya dengan dokter tanpa harus bertatap muka secara langsung.
Jaminan Lifepack untuk Anda
Lalu Apa Perbedaannya?
Jika dipahami lebih lanjut, telemedis merupakan layanan kesehatan secara keseluruhan. Layanan telemedis tidak hanya pada layanan konsultasi dokter online saja, melainkan juga disertai dengan layanan lain seperti tebus obat online, reservasi layanan, dan sebagainya.
Sedangkan telekomunikasi merupakan layanan konsultasi secara online saja. Sehingga dapat dikatakan layanan telekomunikasi merupakan bagian dari telemedis itu sendiri.
5 Alasan Beli Obat di Lifepack
Tips Menggunakan Layanan Telemedis
Layanan telemedis telah banyak digunakan oleh masyarakat, namun sebagian masyarakat lainnya juga masih awam dengan layanan ini. Tapi tenang! Lifepack akan memberikan Anda tips menggunakan layanan telemedis yang aman dan nyaman.
1. Pastikan Layanan Telemedis Terpercaya
Sebelum menggunakan layanan telemedis, lakukan riset kecil untuk mengetahui layanan telemedis mana yang baik dan terpercaya. Hal ini dapat Anda lihat dari rating dan review dari para pengguna menggunakan layanan layanan ini. Dalam memilih layanan telemedis, Anda juga dapat memasukkan beberapa kriteria seperti penilaian baik oleh pengguna, kelengkapan layanan, dan harga yang terjangkau.
Jika Anda telah memilih layanan telemedis yang ingin Anda gunakan langkah selanjutnya adalah kenali layan telemedis yang Anda pilih. Anda perlu mengenai layanan telemedis yang Anda akan gunakan mulai dari cara mendaftar hingga cara melakukan konsultasi online atau layanan lainnya. Pastikan juga Anda memahami persyaratan dalam menggunakan layanan telemedis yang Anda pilih.
2. Pilih Layanan Sesuai dengan Kebutuhan
Setelah memahami benar layanan telemedis yang akan Anda gunakan, selanjutnya Anda dapat memilih layanan yang anda butuhkan sesuai dengan kesediaan pilihan layanan di pelayanan telemedis tersebut. Lakukan reservasi atau pemesanan dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. Pastikan data yang Anda isi benar dan sesuai. Jika Anda memilih layanan telekonsultasi, biasanya Anda akan disuguhkan formulir untuk mengisi ringkasan permasalahan Anda. Tulis keluhan Anda secara jelas dan singkat agar mudah dipahami.
Jaminan Lifepack untuk Anda
3. Sampaikan Keluhan dengan Jelas dan Sesuai dengan Fakta
Jika Anda melakukan telekonsultasi, pastikan Anda menyampaikan keluhan sejelas mungkin agar dokter memahami permasalahan kesehatan yang Anda alami. Selain itu, jangan melebih-lebihkan atau mengurangi apa yang harusnya Anda sampaikan pada sesi konsultasi. Hal ini guna membantu dokter memahami permasalahan kesehatan Anda.
4. Pastikan Anda Memahami Penjelasan Tenaga Medis
Pada sesi konsultasi online, Anda perlu memastikan bahwa Anda memahami betul apa yang dijelaskan oleh dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Jika Anda belum memahami apa yang dijelaskan dokter atau tenaga kesehatan lainnya, tanyakan pada dokter atau tenaga kesehatan lainnya hingga Anda benar-benar mengerti.
5 Alasan Beli Obat di Lifepack
Demikian informasi seputar perbedaan telekonsultasi dan telemedis. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.
Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?
Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.
Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.
Apa Itu Apotek Lifepack?
Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami.
Jaminan Lifepack untuk Anda
Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.
Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.