Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Zaman semakin canggih hingga kini semua jenis aktivitas bisa didukung oleh kemajuan teknologi. Salah satu contohnya adalah saat masyarakat harus berkonsultasi dengan dokter. Kini telah tersedia beragam jenis platform yang memungkinkan pasien melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Tanya jawab dokter semakin mudah untuk dilakukan berkat adanya fasilitas ini.
Bagi para tenaga dokter, tentu ketersediaan platform ini harus mengubah pola pelayanan yang diberikan. Dokter harus bisa memberikan pelayanan dan arahan terbaik kepada pasien meskipun konsultasi dilakukan secara online. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai tips menjadi dokter online terbaik serta pertanyaan apa saja yang sering diajukan dalam sesi konsultasi online.
Menjadi Dokter Online Terbaik
Bagi para dokter, tersedianya fasilitas konsultasi online tentu sangat membantu. Pelayanan kesehatan jadi berjalan lebih cepat dan efektif tanpa terbatas waktu. Namun, dokter juga harus menjaga kualitas agar tidak mengecewakan para pasien. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjadi dokter online terbaik.
1. Siapkan Fasilitas untuk Sesi Tanya Jawab Dokter
Kunci paling penting agar bisa memberi layanan konsultasi online terbaik adalah menyediakan fasilitas yang memadai. Dokter tentu harus menyediakan alat-alat yang memadai untuk dilakukannya komunikasi secara online. Mulai dari gawai, lokasi konsultasi dengan latar belakang jelas, speaker yang memudahkan suara terdengar, dan tentu saja koneksi internet yang lancar.
2. Selalu Komunikatif
Tentu saja dokter harus selalu berusaha untuk komunikatif saat berbicara dengan pasien. Selama sesi konsultasi berlangsung, pasien akan memberikan beberapa pertanyaan. Dokter tidak harus hanya menjawab pertanyaan selama sesi. Dokter bisa menciptakan komunikasi dua arah dengan menanyakan hal-hal tertentu kepada pasien, tentu yang berhubungan dengan kondisi kesehatannya.
Jaminan Lifepack untuk Anda
3. Harus Berusaha Informatif
Semua yang disampaikan kepada pasien harus memenuhi kebutuhan informasi mereka. Dokter harus bersikap informatif agar pasien bisa mendapatkan jawaban yang mereka butuhkan secara lengkap. Penjelasan harus disampaikan dengan baik dan lengkap. Semua pertanyaan pasien harus dijawab sesuai dengan arah yang tepat, tidak berbelit-belit, dan akurat.
4. Jadilah Pendengar yang Baik
Dokter tidak harus selalu berbicara. Konsultasi dilakukan dua arah antara pasien dan dokter. Selain memberi penjelasan, dokter juga harus bisa menjadi pendengar yang baik. Dengarkan keluhan pasien dan jadilah tempat curhat yang nyaman bagi mereka. Pasien tentu akan merasa senang jika dokter yang memberi pelayanan bisa menjadi pendengar yang baik dan mampu mengayomi pasiennya.
5 Alasan Beli Obat di Lifepack
“Karena keterbatasan tanpa pemeriksaan fisik, saat anamnesa menjadi hal yang sangat penting, walaupun tidak bertemu, tetap menunjukan empati pada pasien dapat membuat proses menjadi lebih mudah” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Lifepack.
5. Beri Kesimpulan Sesi Tanya Jawab Dokter
Pada saat menyelesaikan tugas dokter online tanya jawab, maka jangan terburu-buru mengakhirinya. Silakan tarik kesimpulan dari sesi tanya jawab tersebut. Kesimpulan ini bisa menjadi informasi singkat yang kemudian membantu pasien semakin paham dengan penjelasan dokternya.
Pertanyaan saat Tanya Jawab Dokter
Ada banyak sekali kemungkinan pertanyaan yang akan diterima dokter saat menjalani sesi konsultasi. Namun, ada juga beberapa jenis pertanyaan yang sering sekali muncul. Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan yang sering muncul dalam sesi tanya jawab dokter.
- Dok, ini gejala yang saya alami (menyebutkan gejala) lalu sebenarnya sakit apa yang sedang saya derita dan bagaimana caranya agar sembuh?
- Dok, bagaimana caranya agar saya bisa terhindar dari (menyebutkan jenis penyakit)?
- Dok, apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami (nama penyakit)?
- Dok, apa saja penyebab dari (nama penyakit) ini dan bagaimana cara mengatasinya?
- Dok, saya menderita sakit (nama penyakit) lalu gaya hidup seperti apa yang harus diterapkan?
- Dok, saya sakit (nama penyakit) obat apa yang harus saya konsumsi dan bagaimana aturan pemakaiannya?
- Dok, bagaimana cara merawat anak yang sakit (nama penyakit)?
- Dok, bagaimana merawat orang tua yang sakit (nama penyakit)?
- Dok, apa saja efek samping obat (nama obat) jika dikonsumsi rutin?
- Dok, apa saja tanda-tanda yang menunjukkan (nama penyakit) berkembang semakin parah?
- Dok, makanan apa yang harus saya makan dan saya hindari jika terkena penyakit (nama penyakit)?
- Dok, berapa banyak biaya yang harus dipersiapkan untuk menjalani perawatan (menyebutkan nama perawatan tertentu)?
- Dok, tindakan darurat apa yang bisa saya lakukan saat terjadi serangan (nama penyakit)?
- Dok, alternatif pengobatan apa yang bisa saya ambil saat terserang penyakit (nama penyakit)?
- Dok, kondisi saya (menjelaskan kondisi terkini) lalu apakah ini sudah bisa disebut normal dan sembuh?
- Dok, saya baru saja (menjelaskan keadaan) apakah hal tersebut aman dan tidak mengganggu kesehatan saya?
- Dok, bolehkah saya mengonsumsi (nama obat) bersamaan dengan (nama obat lain)?
- Dok, komplikasi apa saja yang bisa terjadi saat saya menderita (nama penyakit)?
- Dok, saya akan menjalani operasi (nama operasi), apa saja yang harus saya persiapkan?
Jika dokter bisa memahami pasien dengan baik dan memberikan informasi yang lengkap, pasti akan jadi favorit pilihan pasien. Gunakan juga platform yang tepat agar sesi konsultasi online dengan pasien bisa berjalan lancar.
Jaminan Lifepack untuk Anda
Demikian informasi seputar memahami aktivitas tanya-jawab dokter secara online. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk pasien penderita penyakit kronis hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.
Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?
Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.
5 Alasan Beli Obat di Lifepack
Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.
Apa Itu Apotek Lifepack?
Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami.
Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.
Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.