Layanan kesehatan di masa ini sudah berkembang ke arah digital. Pasien yang memiliki keluhan tidak perlu lagi mengantri lama untuk berkonsultasi karena sudah ada layanan konsultasi online atau telemedis.
Mungkinkah Anda termasuk pasien yang ingin konsultasi ke dokter online tetapi masih bingung dan ragu? Jangan khawatir, baca artikel ini untuk mengetahui apa itu layanan telemedis, manfaat telemedis, hingga cara konsultasi telemedis.
Pengertian layanan telemedis
Telemedis merupakan layanan kesehatan daring atau jarak jauh. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan online dari tenaga medis seperti berkonsultasi dengan dokter, mendapatkan diagnosis, serta memperoleh resep obat berdasarkan kondisi yang sedang Anda alami.
Telemedis berbeda dari telekonsultasi karena mencakup layanan kesehatan secara keseluruhan. Layanan telemedis tidak hanya terbatas pada layanan konsultasi dokter online, melainkan juga disertai dengan layanan lain seperti tebus obat online, reservasi layanan, dan sebagainya. Sedangkan, telekonsultasi hanya berupa layanan konsultasi dokter yang merupakan satu bagian dari telemedis itu sendiri.
Manfaat Telemedis
Telemedis berbeda dari layanan dokter offline karena beberapa hal terkait fleksibilitas waktu dan tempat. Adapun beberapa manfaat telemedis sebagai berikut:
1. Mudah diakses
Karena berbasis digital, telemedis sangat mudah untuk diakses siapa pun. Pasien yang ingin menyampaikan keluhan dan berobat cukup menggunakan smartphone atau laptop dari mana pun pasien berada. Layanan ini juga bisa diakses oleh pasien dari berbagai kalangan masyarakat.
Jaminan Lifepack untuk Anda
2. Hemat biaya
Telemedis memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dan mendapat layanan kesehatan dengan biaya yang lebih hemat. Pasien tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan atau transportasi untuk mengunjungi rumah sakit. Selain itu, konsultasi online pada umumnya lebih terjangkau daripada konsultasi tatap muka dengan dokter.
3. Memperluas jangkauan tenaga kesehatan
Telemedis dapat dibilang sangat efektif untuk memberikan tenaga kesehatan ke masyarakat yang lebih luas seperti di desa atau di kota-kota kecil. Dokter di kota besar dapat membantu mengatasi masalah pasien dengan lokasi yang sebelumnya agak susah untuk dijangkau.
5 Alasan Beli Obat di Lifepack
4. Meningkatkan kesadaran masyarakat
Karena tersedia secara online dan dapat diakses oleh setiap masyarakat, telemedis dapat memberikan informasi seputar kesehatan secara lebih luas. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi seputar masalah kesehatan mereka.
5. Menghindari resiko Covid-19 selama pandemi
Berkonsultasi melalui telemedis tidak memerlukan adanya kontak erat dengan orang lain dan tenaga kesehatan yang memiliki resiko penularan Covid-19 lebih tinggi. Konsultasi secara online akan membantu pasien untuk berobat tanpa harus khawatir terjangkit penyakit lain.
Kapan Anda Harus ke Dokter Offline?
Secara umum, layanan telemedis dapat membantu keluhan dan penyakit pasien sebagaimana bantuan tenaga medis lainnya. Tetapi, pasien dianjurkan untuk memeriksakan diri lebih lanjut jika memiliki masalah kesehatan yang memerlukan pemeriksaan fisik dalam tahapan lebih besar.
Berikut beberapa faktor yang mungkin dapat diatasi lebih baik melalui konsultasi tatap muka:
Jaminan Lifepack untuk Anda
- Membutuhkan pemeriksaan fisik yang tidak dapat dilihat dan diamati melalui video, telepon, atau foto.
- Mengalami kecelakaan dengan kemungkinan luka dan cedera.
- Membutuhkan tindakan atau prosedur medis seperti injeksi atau operasi.
- Keadaan darurat yang memerlukan penanganan segera seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain.
Selain faktor-faktor di atas, Anda masih bisa berkonsultasi dahulu melalui layanan telemedis.
Cara konsultasi telemedis
Layanan telemedis bertujuan untuk memudahkan pasien untuk berobat. Jika Anda baru pertama kali melakukan konsultasi telemedis, berikut cara-caranya.
5 Alasan Beli Obat di Lifepack
1. Pastikan layanan medis yang ingin Anda gunakan terpercaya
Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah layanan telemedis yang akan Anda gunakan memiliki reputasi baik dan terpercaya. Anda dapat melihatnya dari rating dan review yang tersedia di internet. Pada umumnya, telemedis yang baik dan terpercaya memiliki situs resmi dengan panduan konsultasi atau pendaftaran yang jelas dan tidak membutuhkan biaya. Selanjutnya, Anda dapat mengikuti cara mendaftar atau mengikuti layanan telemedis dari website resmi.
2. Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda
Selanjutnya Anda dapat memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. Mulai dari jenis pelayanan, harga setiap pelayanan, ketersediaan obat, dan sebagainya.
Jika sudah yakin dengan pilihan Anda, lakukan reservasi atau pemesanan dengan mengisi data diri yang benar dan sesuai. Layanan telemedis yang baik dan benar tidak akan mengekspos data Anda karena sudah memiliki peraturan dan persyaratan yang sesuai dengan hukum
Jika Anda memilih layanan telekonsultasi, biasanya Anda perlu untuk mengisi formulir seputar ringkasan permasalahan Anda. Ceritakan keluhan Anda secara jelas dan mendetail tanpa bertele-tele.
Jaminan Lifepack untuk Anda
3. Sampaikan keluhan dengan jelas
Layanan telemedis memerlukan komunikasi yang lancar dan jelas supaya bisa berjalan dengan efektif. Anda harus menyampaikan keluhan dengan sangat jelas supaya dokter dapat memahami permasalahan kesehatan yang Anda alami. Anda harus menjawab pertanyaan dokter dengan jelas pula. Dengan begitu, dokter dapat melakukan diagnosa dengan tepat dan akurat. Obat dan saran yang diberikan akan menjadi tepat pula.
4. Jangan malu bertanya jika tidak paham
Jika Anda belum memahami penjelasan dokter, segera tanyakan hingga Anda benar-benar mengerti. Miskomunikasi dalam konsultasi telekomunikasi akan membahayakan kondisi Anda nantinya. Tentunya, Anda juga akan sembuh dengan lebih cepat.
5 Alasan Beli Obat di Lifepack
Demikian informasi seputar konsultasi dokter online melalui telemedis. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan tertentu hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.
Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?
Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.
Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.
Apa Itu Apotek Lifepack?
Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami.
Jaminan Lifepack untuk Anda
Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.
Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.