fbpx
BerandaIbu dan AnakCiri-Ciri Hamil Anak Perempuan, Cek Faktanya!

Kehamilan adalah peristiwa yang paling dinanti oleh pasangan suami istri. Dalam kehamilan, menebak-nebak jenis kelamin janin menjadi tradisi yang menarik untuk dinantikan. Banyak mitos seputar menebak jenis kelamin bayi hanya dengan melihat fisik ibu hamil. Benarkah mitos tersebut? Lantas, seperti apa ciri-ciri hamil anak perempuan? Simak faktanya dalam ulasan berikut!. 

ciri-ciri hamil anak perempuan

Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Di masyarakat banyak beredar mitos seputar cara mengetahui ciri-ciri hamil anak perempuan. Menurut medis, cara mengetahui ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat adalah dengan melakukan pemeriksaan USG pada minggu 20 kehamilan. Pemeriksaan ini pun masih memiliki risiko tidak akurat, tergantung dari alat yang digunakan untuk memeriksa dan posisi janin saat dilakukan pemeriksaan. 

Begitu pentingnya jenis kelamin si kecil bagi sebagian besar orang tua membuat banyak orang tua yang tidak sabar ingin mengetahui jenis kelamin si kecil. Saat ini, banyak mitos yang berkembang mengenai cara mengetahui jenis kelamin janin dengan melihat tanda-tanda atau penampilan fisik. Sebagian besar tentu tidak memiliki landasan medis. Meskipun demikian, banyak yang 

Ciri-ciri hamil anak perempuan yang banyak dipercayai di masyarakat antara lain: 

1. Bentuk perut lebih tinggi

Salah satu ciri-ciri ibu hamil mengandung anak perempuan yang banyak dipercayai adalah bentuk perut saat hamil menjadi lebih tinggi. Fundus (tinggi puncak rahim) yang lebih tinggi diyakini menandakan kehamilan anak perempuan. 

Namun ada alasan medis mengapa perut ibu hamil terkadang tampak lebih tinggi. Biasanya ibu hamil mengalami bentuk perut lebih tinggi pada kehamilan pertama. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh kondisi otot perut, bentuk tubuh dan kenaikan berat badan selama kehamilan. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jenis kelamin bayi sebenarnya tidak berpengaruh pada bentuk perut yang lebih tinggi. Artinya, kehamilan janin laki, perempuan dan bahkan kembar juga dapat menyebabkan bentuk perut lebih tinggi. Untuk mengetahui jenis kelamin sebaiknya lakukan pemeriksaan USG. 

2. Detak jantung lebih tinggi

Salah satu ciri hamil anak perempuan yang banyak dipercaya adalah ibu hamil memiliki detak jantung yang lebih tinggi. Jika Anda melakukan pemeriksaan detak jantung dan menunjukkan hasil lebih dari 140 kali per menit, Anda kemungkinan besar sedang hamil anak perempuan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pendapat ini berasal dari detak jantung bayi perempuan yang umumnya lebih tinggi dari detak jantung laki-laki. Namun kondisi ini biasanya hanya terjadi setelah persalinan. Di masa kehamilan, detak jantung janin biasanya tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin, namun oleh usia janin. Untuk itu, bisa dikatakan cara ini sebenarnya tidak akurat untuk menentukan jenis kelamin bayi. 

3. Ngidam makanan manis

Banyak yang beranggapan bahwa jika ibu hamil ngidam makanan manis, besar kemungkinan sedang mengandung anak perempuan. Sebaliknya, jika sedang ngidam makanan yang asin atau gurih berarti sedang hamil anak laki-laki. Namun penelitian mengungkapkan bahwa ngidam sebenarnya tidak berkaitan dengan jenis kelamin anak, melainkan kekurangan mineral tertentu. 

4. Wajah berminyak dan berjerawat

Ciri-ciri hamil anak perempuan lainnya yang banyak dipercaya adalah ibu hamil mengalami wajah berminyak dan berjerawat. Banyak yang menganggap bahwa janin menyerap kecantikan ibu hamil sehingga ibu hamil tampil kurang menarik. Tentunya, hal tersebut hanyalah anggapan yang tidak berdasar. 

Jerawat dan kulit berminyak pada saat hamil adalah hal yang normal. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan dan tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin bayi. Apabila Anda mengalami jerawat dan kulit berminyak yang sangat mengganggu selama kehamilan sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit.

Jaminan Lifepack untuk Anda

5. Mengalami morning sickness parah

Banyak yang beranggapan bahwa ibu hamil yang mengandung anak perempuan akan mengalami mual-mual atau morning sickness yang lebih parah jika dibandingkan dengan hamil anak laki-laki. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu yang sedang hamil anak perempuan rentan mengalami peradangan dan lebih mudah terpapar bakteri jika dibandingkan dengan anak lak-laki. Akibatnya, ibu yang hamil anak perempuan mengalami morning sickness yang lebih hebat. 

Namun sebenarnya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. Para ahli berpendapat morning sickness sama sekali tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin janin. Morning sickness lebih banyak dipengaruhi oleh faktor hormonal, riwayat mengalami morning sickness sebelumnya dan sensitivitas indra penciuman yang berlebihan sebelum kehamilan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Ibu yang mengalami morning sickness parah biasanya memiliki indeks massa tubuh yang rendah. Apabila ibu hamil mengalami morning sickness parah sebaiknya konsultasikan ke dokter. 

6. Mengalami mood swing parah

Perubahan hormon selama kehamilan seringkali dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Beberapa orang beranggapan bahwa ibu hamil yang mengandung anak perempuan memiliki tingkat estrogen yang lebih tinggi sehingga mengalami mood swing yang lebih ekstrem. Namun anggapan ini tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Perubahan hormonal ini dapat terjadi pada semua ibu hamil, apa pun jenis kelamin janin yang dikandung.

Demikian informasi seputar ciri-ciri hamil anak perempuan. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan penurun kolesterol hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

kesehatan mental pasca melahirkan

Cara Menjaga Kesehatan Mental Pasca Melahirkan

Ibu dan Anak   14/12/2023
pregnancy nose

Preganancy Nose, Ketika Hidung Membesar saat Hamil

Ibu dan Anak   18/09/2023
kolesterol saat hamil

Kolesterol Tinggi saat Hamil, Bagaimana Menurunkannya?

Ibu dan Anak   31/05/2023
posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Per Trimester

Ibu dan Anak   28/05/2023

Jantung Berdebar saat Hamil, Haruskah Khawatir?

Ibu dan Anak   27/05/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman