fbpx

Obat Meloxicam, Obat untuk Rasa Nyeri Akibat Asam Urat

Mei 11, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh dr. Denny Archiando

Pernahkah Anda mengalami bengkak, nyeri, atau kaku pada sendi? Lalu obat apa yang Anda gunakan untuk mengatasinya? Beberapa dokter merekomendasikan meloxicam sebagai salah satu jenis obat yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut. Namun apakah obat ini hanya digunakan untuk mengobati radang sendi? Meloxicam 15 mg obat apa?

Lalu apa saja hal menarik yang dimiliki oleh obat meloxicam ini? Untuk informasi lebih lengkap, berikut akan dijelaskan sekilas informasi yang berhubungan dengan obat generik tersebut.

Apa Itu Meloxicam? 

Meloxicam merupakan obat yang termasuk kedalam golongan Nonsteroidal Anti Inflammatory Drug (NSAID). Fungsi obat meloxicam yang utama dari obat ini yaitu untuk mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh penyakit arthritis dan juga asam urat.

Cara Penggunaan Meloxicam

Obat meloxicam termasuk kedalam jenis obat berbentuk tablet, namun ada juga yang berbentuk larutan. Jika anda mengkonsumsi obat berbentuk larutan, Oleh karena itu cara penggunaanya dilakukan dengan diminum menggunakan takaran. Namun sebelum mengkonsumsinya ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu.

Sebelum meminumnya, kocok botol terlebih dahulu agar semua larutan tercampur dengan rata. Selain itu jangan lupa untuk selalu menggunakan takaran sendok yang telah direkomendasikan oleh dokter. Obat ini biasanya dikonsumsi sebanyak sehari sekali.

Dosis Penggunaan Meloxicam

Setelah dijelaskan terkait cara penggunaanya, berikut akan ditambahkan informasi terkait dosis yang tepat dalam mengonsumsi obat meloxicam. Perlu diketahui juga bahwa dosis yang dibutuhkan akan berbeda takarannya antara orang dewasa dan juga anak-anak. 

1. Orang Dewasa

Untuk orang dewasa, dosis obat meloxicam yang dibutuhkan akan berbeda takarannya sesuai dengan tahapannya. Pada dosis awal, takaran yang dibutuhkan yaitu 7,5 mg sekali sehari ditambah dengan dosis pemeliharaan yaitu 7,5 mg sekali sehari. Sehingga jika ditotalkan, dosis yang dibutuhkan maksimal 15 mg perhari.

2. Anak-anak

Untuk anak-anak pada usia 2 tahun atau lebih, dosis obat meloxicam yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan orang dewasa. Lebih tepatnya, dosis awal yang dibutuhkan yaitu 0,125 mg/kg dan dikonsumsi sebanyak sehari sekali. Sedangkan dosis maksimal yaitu 7,5 mg per hari.

Efek Samping

Walaupun meloxicam berguna untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh rasa nyeri. Namun beberapa orang mengalami alergi yang disebabkan oleh efek samping yang ditimbulkan. Beberapa jenis alergi yang timbul akibat penggunaan obat ini antara lain bengkak di daerah bibir, tenggorokan, gatal-gatal, demam, dan juga kesulitan bernafas.

Menurut U.S National Library of Medicine, orang yang menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti meloxicam mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung, atau stroke daripada orang yang tidak mengkonsumsi obat ini. Risiko tersebut mungkin lebih tinggi untuk orang yang memakai NSAID untuk waktu yang lama. 

Pencegahan

Sebelum menggunakan meloxicam, Anda harus memperhatikan beberapa tindak pencegahan yang harus dilakukan. Hal ini sangat penting dan harus menjadi perhatian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama penggunaan obat. Berikut adalah beberapa tindak pencegahan yang harus dilakukan.

  1. Selalu memberikan informasi lengkap terkait suplemen, vitamin, maupun produk herbal yang Anda konsumsi sebelum menggunakan obat ini. Jika Anda menggunakan obat-obatan lain yang dapat mempengaruhi kerja meloxicam, dokter mungkin mengubah dosis yang harus digunakan.
  2. Berikan informasi juga jika Anda memiliki riwayat penyakit asma, atau sedang memasuki masa kehamilan. Dengan begitu dosis obat yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi penderita.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Obat Simvastatin: Obat Penurun Lemak Jahat dan Kolesterol
Obat Natrium Diklofenak: Obat Pereda Nyeri Sendi
Apa itu Cefixime? Obat Golongan Antibiotik untuk Infeksi Bakteri
Obat Paracetamol: Dosis, Cara Konsumsi, dan Efek Samping
Cetirizine, Rekomendasi Obat Penyembuh Alergi
Mengenali Jenis Obat Ibuprofen dan Manfaatnya
Imboost Force, Suplemen untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Interaksi Meloxicam

Beberapa jenis zat dapat mempengaruhi kerja obat meloxicam di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda juga harus berkonsultasi terkait makanan apa saja yang dapat menimbulkan interaksi.

Jika Anda mengalami serangan jantung, jangan konsumsi meloxicam kecuali diarahkan oleh dokter. Beri tahu dokter jika Anda atau anggota keluarga Anda pernah memiliki riwayat penyakit jantung, serangan jantung, stroke, riwayat merokok, dan jika Anda memiliki kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, atau diabetes.

Meloxicam termasuk kedalam jenis obat kimia yang penggunaannya harus dengan resep dokter dengan dosis yang tepat. Oleh karena itu, tindakan konsultasi perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat yang satu ini.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Ditulis oleh: Nada Karisma

Referensi:

U.S National Library of Medicine

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis