fbpx

Mengenal Fungsi Obat Urotractin 400 MG 10 Kapsul

Okt 16, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Nada Karisma

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah Infeksi Saluran Kemih (ISK). Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam uretra dan kemudian kandung kemih. Infeksi sering berkembang di kandung kemih namun bakteri juga bisa menyebar ke ginjal. Tubuh sebenarnya dapat membasmi patogen penyakit ini dengan sendirinya. Namun pada kondisi tertentu tubuh tidak sanggup melawan penyebab ISK sehingga seorang mengalami ISK. 

Dokter biasanya memberikan beberapa apa obat-obatan untuk mengobati infeksi saluran kemih, salah satunya adalah obat urotractin. Mungkin anda bertanya-tanya urotractin obat apa? Lalu berapa rekomendasi dosis dan apa saja efek sampingnya?

Bima penjelasan lengkap tentang obat urotractin pada ulasan yang telah Tim Lifepack buat berikut ini. 

Apa Itu Obat Urotractin?

Urotractin Ini mengandung bahan aktif pipemidic acid atau asam pipemidat yang dapat mengatasi infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh mikroorganisme gram positif dan negatif.

Obat urotractin berbentuk kaplet dan merupakan obat antibakteri sintetik untuk Infeksi Saluran Kemih (ISK) akut dan kronis turunan pyrido-pirimidin. Obat ini bekerja dengan menghambat DNA girase pada proses sintesis DNA dari bakteri penyebab ISK.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih merupakan kondisi ketika organ yang termasuk dalam sistem kami seperti ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra mengalami infeksi (Baca juga Gejala, Penyebab, dan Pengobatan Infeksi Saluran Kemih). Jenis infeksi ini terbagi menjadi dua, ya itu infeksi saluran kemih atas dan infeksi saluran kemih bawah. Pada infeksi saluran kemih biasanya terjadi pada bagian atas kandung kemih seperti ginjal dan ureter. Sedangkan infeksi saluran kemih bawah terjadi pada bagian bawah seperti di kandung kemih dan uretra.

Infeksi ini dapat berbahaya jika kondisinya semakin parah karena, bakteri dapat menyebar ke ginjal hingga darah. Hal ini bisa mengakibatkan tekanan darah turun, syok, hingga kematian. 

Infeksi saluran kemih biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti rasa nyeri pada kandung kemih, selangkangan, dan tulang panggul. Selain itu infeksi ini juga ditandai dengan urin yang berwarna kuning gelap, berbau, dan rasa perih ketika buang air kecil. Gejala penyerta lainnya pada infeksi saluran kemih berupa demam, lemas, dan kelelahan tanpa penyebab yang jelas.

Dosis

Obat urotractin 400 mg ini tersedia dalam 10 kapsul yang mengandung pipemidic acid. Obat ini bukanlah obat yang dijual  secara bebas, melainkan obat yang dapat digunakan hanya dengan menggunakan resep dokter. Oleh karena itu penting bagi anda untuk tidak mengurangi atau menambah kan dosis tanpa pengawasan dari dokter. 

Anda juga perlu mengkonsultasikan jika memiliki masalah kesehatan tertentu seperti gangguan hati, penyakit ginjal, atau penyakit jantung, dan kondisi tertentu seperti kehamilan atau menyusui.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penggunaan obat ini harus menggunakan resep dokter, namun terdapat beberapa rekomendasi dosis yang umum, yaitu: 

Infeksi Saluran Kemih Akut

Pada infeksi saluran kemih akut dosis obat urotractin 400 mg yang diberikan kepada penderita usia > 12 tahunadalah satu kapsul yang dikonsumsi 2 kali sehari selama 7 sampai 10 hari. 

Infeksi Saluran Kemih Kronis

Untuk pengobatan infeksi saluran kemih kronis, dosis obat urotractin untuk usia >12 tahun diberikan sebanyak 1 kapsul 2-4 kali sehari selama 14 hari.

Obat urotractin sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Anda dapat mengkonsumsinya 2-3 jam jam sebelum makan. Masih di atas merupakan rekomendasi dosis yang umum diberikan, namun terdapat  dosis lain yang mungkin saja diberikan oleh dokter menyesuaikan kondisi kesehatan tubuh Anda. 

Efek Samping Urotracrtin

urotractin-obat

Obat ini dapat menimbulkan gejala efek samping pada beberapa kasus. Meski jarang, gejala yang mungkin timbul akibat efek samping konsumsi obat urotractin yaitu: 

  1. Mual atau muntah
  2. Mengantuk
  3. Kelelahan tanpa penyebab yang jelas
  4. Diare
  5. Mulut terasa kering
  6. Haus
  7. Gangguan keseimbangan

Kontraindikasi

Secara umum obat ini jarang menimbulkan efek samping, Namun penggunaan obat ini dapat dikontraindikasikan oleh beberapa obat-obatan dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Interaksi Obat

Jangan gunakan obat urotractin bersamaan dengan obat nalidixic acid dan dan oxolinic acid. Obat ini juga dikontraindikasikan dengan obat-obatan seperti teofilin karena dapat menghambat kinerja obat teofilin dalam tubuh. 

Kelompok Orang Berisiko

Jangan gunakan obat urotractin jika anda memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan pipemidic acid, dan kandungan lain yang ada dalam obat urotractin. Obat ini juga tidak dapat digunakan pada bayi, ibu hamil, dan ibu menyusui. (Baca juga Mengenal Seluk Beluk Serangan Jantung)

Jangan gunakan obat ini jika anda memiliki gangguan kesehatan seperti gangguan hati, penyakit ginjal berat (gagal ginjal kronis), penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. 

Peringatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya obat ini merupakan obat yang dapat digunakan hanya dengan resep dokter. Oleh karena itu jangan mengurangi atau menambah dosis tanpa pengawasan dari dokter. 

Pastikan anda memahami cara penggunaan obat ini. Jika Anda belum memahami benar penggunaan obat urotractin, tanyakan kepada dokter atau apoteker. 

Beritahu dokter Jika anda memiliki alergi terhadap Pipemidic acid, atau kandungan lain yang terdapat dalam obat urotractin. Anda juga perlu memberitahu dokter jika anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti gangguan hati, penyakit ginjal, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya. 

Jangan konsumsi obat ini bersamaan dengan obat-obatan lain, vitamin, atau suplemen. Hal ini guna mencegah terjadinya interaksi obat yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Konsultasikan kepada dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau berencana melakukan program kehamilan.

Konsultasikan juga kepada dokter jika obat ini ingin diberikan kepada anak berusia dibawah 12 tahun. 

Obat ini dapat menimbulkan sensitivitas kulit yang tinggi terhadap sinar matahari, oleh karena itu hindari paparan matahari secara langsung. Jangan konsumsi obat ini tanpa instruksi dari dokter. 

Itulah informasi mengenai  fungsi, dosis, efek samping, dan kontra indikasi dari obat urotractin. Jika anda mengalami gejala efek samping akibat penggunaan obat ini, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. 

ngin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Nada Karisma

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis