fbpx

Mengenal Obat FG Troches, Obat Apa Itu?

Mei 13, 2020 | Obat | 0 Komentar

Artikel ini telah ditinjau oleh Aileen Velishya

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Seringkali datang pertanyaan, FG Troches obat apa itu?

FG Troches merupakan obat Pereda radang tenggorokan yang mengandung bahan dasar berupa antibiotik Gramicidin dan Fradiomycin. Kedua antibiotik ini berfungsi untuk mengatasi masalah radang pada tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi beberapa jenis bakteri. Beberapa bakteri penyebab radang tenggorokan yang diatasi dengan obat ini seperti Streptococcus, Propionibacterium acnes, Staphylococcus, Bacteroides, dan Fusobacterium spp.

Obat yang tersedia di pasaran adalah dalam bentuk tablet hisap ini dapat dikonsumsi semua usia dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Anda yang belum mengetahui manfaat serta efek samping obat ini sebaiknya memahami obat ini lebih lanjut. Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat FG Troches

Obat FG Troches yang tersedia dalam bentuk tablet hisap dengan berbagai cita rasa ini dikenal sebagai obat untuk meredakan radang tenggorokan. Obat ini mampu membunuh berbagai bakteri penyebab infeksi serta radang pada tenggorokan. 

Selain meredakan radang tenggorokan, manfaat FG troches juga ampuh untuk mengobati berbagai infeksi yang diakibatkan oleh bakteri seperti radang gusi, sariawan, radang amandel, radang mulut, serta bronchitis. Obat ini juga kerap digunakan untuk mencegah infeksi setelah melakukan operasi pada gigi dan mulut. 

Dosis FG Troches

Meski dipasarkan dalam bentuk tablet hisap yang terkadang dianggap sepele, bukan berarti obat ini dapat dikonsumsi dengan sembarangan. Karena mengandung bahan antibiotic berupa 2,5 mg Fradiomycin Sulfate serta Gramicidin sebanyak 1 mg dosis FG Troches sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan. 

Umumnya dosis FG Troches yang diizinkan adalah anak-anak sebanyak 1 tablet hisap yang dapat dikonsumsi 4 sampai 5 kali sehari. Sementara untuk orang dewasa sebaiknya mengkonsumsi 1 sampai 2 tablet hisap yang dapat dikonsumsi 4 sampai 5 kali sehari. 

Konsumsi obat FG Troches tidak boleh lebih dari satu minggu. Apabila kondisi radang belum juga membaik setelah konsumsi satu minggu, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Meski obat ini dapat digunakan segala usia, namun penggunaannya untuk lansia sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Disarankan untuk menggunakan obat sesuai dengan resep dokter terutama untuk kelompok lanjut usia. Selain itu sebelum mengkonsumsi obat ini sebaiknya beritahu dokter mengenai alergi golongan obat aminoglikosida seperti neomycin, streptomycin, serta amikacin.

Selain itu, karena obat FG Troches merupakan obat golongan antibiotik, obat ini tidak dianjurkan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus. Anda dianjurkan untuk menghabiskan dosis obat sesuai dengan petunjuk dokter meski kondisi sudah membaik.

Efek Samping FG Troches

Obat ini sebenarnya cukup mudah ditemukan di pasaran. Orang pun banyak mengkonsumsi obat ini tanpa menggunakan petunjuk dokter. Hal ini juga disebabkan efek samping yang ditimbulkan obat ini termasuk tidak terlalu serius. Selain itu, efek samping FG Troches pun belum tentu muncul kepada setiap pengguna. Meski begitu, obat ini tetap memiliki efek samping yang harus diperhatikan seperti:

  • Menyebabkan defisiensi vitamin K yang ditandai dengan adanya risiko berupa pendarahan
  • Lidah berubah warna menjadi hitam, timbul infeksi lidah seperti Glositis dan mukosa mulut berubah kemerahan. 
  • Menyebabkan defisiensi vitamin B yang ditandai dengan sariawan, infeksi lidah berupa Glositis, nafsu makan berkurang dan nyeri saraf. 

Patut diketahui bahwa obat FG Troches masuk ke dalam golongan obat Kategori D untuk ibu hamil. Maksud dari golongan kategori D adalah bahwa ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi obat ini kecuali apabila tidak ada obat yang lain yang dapat digunakan serta ibu dalam kondisi mengancam jiwa. 

Itulah beberapa informasi mengenai obat FG Troches yang telah Tim Lifepack rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. 

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis

Dapatkan Kemudahan Pengobatan
di Ujung Jari Anda

∘ Dukungan Apoteker setiap saat
∘ Reminder jam minum obat
∘ Refill sebelum habis