fbpx
BerandaHidup SehatManfaat Puasa bagi Penderita Hipertensi

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

manfaat puasa

Kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa berakibat fatal. Jika kendali terhadap pasien hipertensi tidak dilakukan dengan baik maka bisa memicu serangan jantung. Salah satu langkah pengendalian yang bisa dilakukan adalah berpuasa. Ternyata ada beragam manfaat puasa yang bisa dirasakan oleh para penderita hipertensi. 

Kontrol pola makan memang sangat dibutuhkan pada pasien penyakit kronis seperti hipertensi. Selain konsumsi obat secara rutin, pola makan sehari-hari juga harus dijaga. Salah satu caranya adalah dengan menjalani puasa. Saat berpuasa, tubuh ternyata menerima banyak manfaat yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. 

Manfaat Puasa untuk Pasien Hipertensi

Diketahui bahwa ada banyak kasus hipertensi yang berakibat fatal. Hipertensi bahkan disebut sebagai silent killer dan kita semua harus mewaspadainya. Pasien hipertensi biasanya dianjurkan oleh tenaga kesehatan untuk menjalani puasa meskipun tidak berlangsung setiap hari. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat dinikmati penderita hipertensi saat berpuasa.

  1. Membuat Tekanan Darah Lebih Stabil

Manfaat puasa bagi pengidap hipertensi yang pertama adalah tekanan darah menjadi lebih stabil. Pasien dengan kondisi hipertensi harus berusaha sebaik mungkin menjaga stabilitas tekanan darah. Sebisa mungkin hindari faktor-faktor yang bisa memicu tekanan darah meningkat. Misalnya pola makan yang tidak teratur juga emosi yang tidak terjaga.

Ketika Anda berpuasa maka tubuh akan menurunkan produksi hormon yang bisa menaikkan tekanan darah. Sementara itu bagi umat muslim yang menjalani puasa sebagai suatu ibadah, emosi juga akan lebih terjaga. Oleh sebab itu tekanan darah akan menjadi lebih stabil.

Jaminan Lifepack untuk Anda

  1. Menurunkan Kolesterol

Salah satu manfaat puasa yang dirasakan oleh penderita hipertensi adalah kadar kolesterol bisa menurun. Kolesterol ini harus selalu dipantau terutama bagi pasien hipertensi. Kadar kolesterol yang tinggi akan meningkatkan risiko pasien hipertensi mengalami serangan jantung. Berpuasa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga aliran pembuluh darah dalam tubuh akan lebih lancar.

  1. Manfaat Puasa Mencegah Obesitas

Telah banyak diketahui bahwa berpuasa menjadi salah satu metode menurunkan berat badan yang aman bagi kesehatan. Berpuasa akan membantu mengendalikan bobot tubuh tetap ideal sehingga mencegah terjadinya obesitas. Jika pasien hipertensi tidak mengontrol berat badan bahkan sampai obesitas maka risiko serangan jantung dan kematian juga akan meningkat. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Merasakan Manfaat Puasa secara Optimal

manfaat puasa

Semua manfaat yang telah disebutkan tadi bisa dirasakan secara optimal oleh penderita hipertensi jika dilakukan dengan benar. Tentu berpuasa tidak langsung membuat tekanan darah menurun dan masuk ke angka normal. Dibutuhkan upaya dan kemauan bagi penderita hipertensi untuk mengendalikan tekanan darah agar tidak melonjak.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pasien hipertensi di samping berpuasa agar tekanan darah tetap terkontrol:

  • Minum obat rutin
  • Memilih makanan sehat saat sahur dan berbuka
  • Mengurangi konsumsi garam dan gula
  • Menghentikan konsumsi alkohol
  • Berolahraga teratur

Sangat penting bagi penderita hipertensi untuk selalu mengontrol tekanan darah. Anda dapat melakukannya dengan mengkonsumsi obat seperti Terazosin Dexa 1MG 100 Tablet – Obat Hipertensi (Rp525.000).

Jika hanya menjalani puasa tanpa menerapkan pola hidup yang sehat maka kontrol tekanan darah akan tetap sulit untuk dilakukan. Jika perlu konsultasikan juga kepada dokter untuk mendapatkan panduan hidup sehat yang tepat, aman, dan bisa mengendalikan tekanan darah. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Aturan Berpuasa

“Beberapa diet terkait puasa atau disebut dengan fasting memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya ialah memperbaiki metabolisme tubuh dan melatih dalam menjaga asupan dan appetite berlebih. Salah satu cara berpuasa dengan aman dan baik ialah tetap mengonsumsi buah dan sayur untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral serta serat, serta memilih makanan yang diolah dengan baik seperti ditumis, direbus, dikukus, atau dipanggang untuk mengurangi asupan lemak berlebih,” tambah Kelvin Halim, nutrisionis Jovee dan Lifepack.

Demi menikmati manfaat puasa untuk hipertensi maka harus diketahui aturan berpuasa yang tepat. Jika penderita hipertensi memeluk agama Islam maka lakukan puasa seperti biasa. Tetap lakukan sahur dan berbukalah secara perlahan-lahan. Pilih makanan yang sehat dan rendah kolesterol sebagai menu sahur juga berbuka. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Pemilihan waktu untuk berpuasa juga bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tak harus selalu melakukan puasa secara runtut setiap hari. Anda bisa melakukan puasa secara intermiten, sehari puasa dan sehari tidak. Lakukan juga puasa sesuai dengan yang disunnahkan menurut agama, di luar puasa wajib Ramadhan tentunya.

Sementara itu bagi pemeluk agama lain tetap bisa menjalani puasa untuk mengendalikan tekanan darah. Puasa bisa dilakukan sesuai kemampuan dengan aturan jam tertentu. Hindari konsumsi makanan dan minuman apapun selama waktu berpuasa. Konsultasikan pada dokter jika merasa kesulitan mengatur alur berpuasa ini.

Itulah tadi ragam manfaat puasa yang dapat dinikmati oleh pasien dengan kondisi hipertensi. Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan penerapan pola hidup yang tepat dan konsumsi obat secara rutin. Kontrol ke dokter juga sangat penting dilakukan untuk memantau status tekanan darah sekaligus mendapat resep obat rutin.

Beli obat tanpa perlu antre di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

vaksin anjuran who

Vaksin Anjuran WHO

Hidup Sehat   13/09/2021
covid-19 di india

Fenomena COVID-19 di India

Hidup Sehat   13/09/2021

Apakah Benar Vaksin Corona Menyebabkan Impotensi?

Hidup Sehat   06/09/2021
vaksin mrna

Vaksin mRNA Dapat Memicu Kanker? Apakah Benar?

Hidup Sehat   03/09/2021
efek sampin vaksin

Efek Samping Vaksin COVID-19, Apa Saja?

Hidup Sehat   03/09/2021

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

Partner Pengiriman