fbpx
BerandaTelemedikKetahui Macam-Macam Pemeriksaan dalam Medical Check Up

Sebagian besar dari masyarakat cenderung menunda-nunda memeriksakan kesehatan pada saat sakit. Padahal menunda pemeriksaan kesehatan dapat menjadi awal dari berkembangnya penyakit dan tentunya dapat memperparah kesehatan tubuh, sehingga perlu dilakukan resep obat rutin untuk dapat mengurangi gejala penyakit yang muncul nantinya. Dengan semakin cepat memeriksakan kesehatan, maka peluang untuk memperoleh kesembuhan atau terhindar dari penyakit akan dapat ditanggulangi dengan baik. Terlebih dahulu, mari mengenal lebih jauh apa itu medical check up di bawah ini.

resep-obat-ruton

Mengenal Medical Check Up?

Medical check up merupakan kegiatan memeriksakan kesehatan baik itu secara fisik dan juga klinis dengan menyeluruh (Baca juga Kegunaan Medical Check Up Rutin Bagi Kesehatan). Pemeriksaan dilakukan secara berkala guna mengetahui kondisi kesehatan dan juga dapat mengetahui potensi dari timbulnya penyakit lebih dini. Sehingga bila terdapat penyakit, dapat dilakukan pengobatan melalui resep obat rutin lebih awal untuk mencegah penyakit berkembang lebih parah.

Manfaat Medical Check Up

Bagi karyawan sebuah perusahaan, medical check up ini diperlukan untuk mengetahui apakah kondisi karyawan benar-benar sehat ketika bekerja pada sebuah pekerjaan. Selain itu, bila ditemukan adanya potensi penyakit yang timbul, maka dapat diketahui secara lebih awal. Nantinya hal tersebut dapat berpengaruh pada angka kesembuhan, harapan hidup dan juga mencegah penyakit berkembang menjadi semakin parah. Biasanya dokter akan memberikan anjuran berupa resep obat rutin yang dapat membantu karyawan agar dapat sembuh dari penyakit dan terbebas dari ancaman penyakit yang dideritanya (Baca juga Cek Penyakit ke Dokter Online, Apa Bisa?).

Apa Saja Pemeriksaan Pada Medical Check Up?

resep-obat-rutin

Beberapa pemeriksaan yang dilakukan terkait dengan medical check up antara lain:

1. Pemeriksaan Tekanan Darah

Pemeriksaan tekanan darah dilakukan untuk membaca gejala dari adanya kondisi yang berbahaya dengan tekanan darah, seperti hipertensi. Beberapa acuan klasifikasi dalam memeriksa tekanan darah menurut Joint National Comittee (JNC) 8, yakni :

  1. Normal kurang dari 120/80 mmHg
  2. Pre Hipertensi yang berkisar antara 120/80 hingga 139/89 mmHg
  3. Hipertensi Tahap 1 yang berkisar antara 140/90 hingga 159/99 mmHg
  4. Hipertensi Tahap 2 tekanan darah lebih dari 160/100 mmHg

Bila hasil pemeriksaan tekanan darah menyatakan bahwa Anda mengalami hipertensi, mungkin Anda akan diberikan resep obat rutin oleh dokter untuk mengontrol tekanan darah Anda supaya tetap normal. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah yaitu Amlodipine HJ 10 mg – 100 tablet – Hipertensi (Rp136.500).

Jaminan Lifepack untuk Anda

2. Pemeriksaan Kolesterol dan Gula Darah

Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah dan juga kolesterol dalam tubuh (Baca juga Ternyata, Ini Dia Bahaya Kadar Gula Tinggi dalam Darah). Karena dapat berpotensi timbulnya penyakit seperti jantung, hipertensi, diabetes dan stroke. Beberapa kriteria dari kadar kolesterol yang cukup dalam tubuh antara lain:

  1. Kolesterol total kurang dari 200 mg/dL
  2. LDL (Low Density Lipoprotein) kurang dari 100 mg/dL
  3. HDL (High Density Lipoprotein) lebih dari 60 mg/dL
  4. Trigliserida kurang dari 150 mg/dL

Sedangkan pada kriteria kadar gula darah yang normal yakni 99 mg/dL pada saat berpuasa, kemudian kurang dari 140 mg/dL pada saat tidak sedang berpuasa.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

3. Tes Darah

Hal yang paling umum dilakukan ketika rangkaian medical check up yakni dengan melakukan tes darah di mana dilakukan untuk mengetahui level dari gula darah, kolesterol dalam darah dan juga mengidentifikasi adanya infeksi atau penyakit tertentu. Jika pada pemeriksaan ini dokter menemukan Anda menderita satu penyakit tertentu, dokter akan memberikan resep obat rutin untuk Anda.

4. Pemeriksaan Jantung

Pada medical check up dilakukan juga pemeriksaan jantung yang mana penting untuk mengetahui kesehatan jantung dan juga potensi adanya penyakit jantung seperti serangan jantung maupun hipertensi. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan EKG atau elektrokardiogram untuk mengetahui jantung berfungsi secara normal atau tidak.

5. Pemeriksaan Mata

Pemeriksaan pada mata dilakukan untuk mengetahui apakah mata atau penglihatan mengalami masalah atau tidak. Pemeriksaan dilakukan meliputi bagian otot mata, retina, pemeriksaan perimetri, ketajaman penglihatan dan tes tekanan intraokular.

Menurut dr. Irma Lidia dari Tim Dokter Lifepack juga menyebutkan bahwa kebanyakan penyakit kronis pada tahap awal tidak memberi gejala, seperti hipertensi, kolesterol tinggi dan masih banyak lagi. Itu sebabnya penting melakukan Medical Check Up sehingga dapat mengetahui lebih awal dan bisa dirawat lebih awal agar terhindar dari komplikasi penyakit-penyakit tersebut.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Demikian tadi beberapa informasi menarik seputar medical check up yang berguna untuk mendeteksi penyakit sejak dini, sehingga dapat diberikan resep obat rutin untuk menunjang kesembuhan pasien.

Konsultasikan kebutuhan kesehatan karyawan Anda dengan Lifepack, aplikasi apotek online yang menjangkau seluruh Indonesia.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

jenis jenis apotek

Ternyata Ada Beberapa, Ini Jenis-jenis Apotek dan Pengertiannya

Telemedik   30/09/2022

Tak Usah Bingung, Cek Cara Tebus Obat di Apotek Bandung

Obat   28/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022
apotek terlengkap di bandung

Daftar Apotek Terlengkap di Bandung

Telemedik   17/06/2022
apotek bandung

Apotek Modern Lifepack Akan Segera Hadir di Bandung

Telemedik   16/06/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman