fbpx
BerandaHidup SehatFungsi Tulang Pergelangan Kaki

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Kaki merupakan bagian tubuh yang memiliki struktur yang kompleks. Diketahui, ada sekitar seperempat dari total tulang tubuh, berada di kaki, salah satu di antaranya adalah tulang pergelangan kaki. Tulang pergelangan kaki ini memiliki andil besar dalam pergerakan yang Anda lakukan sehari-hari. Simak berikut ini ulasan mengenai fungsi tulang pergelangan kaki tersebut. 

fungsi-tulang-pergelangan-kaki

Jenis Tulang yang Menyusun Pergelangan Kaki 

Pergelangan kaki terdiri atas 3 tulang yang berbeda, yakni tulang tibia, fibula, dan talus. Tulang tibia merupakan tulang bagian dalam, yang dikenal juga dengan istilah tulang betis. Tibia pada pergelangan kaki bertanggung jawab untuk menopang sebagian besar berat badan tubuh seseorang, saat ia sedang berdiri.  

Selanjutnya, ada tulang fibula atau tulang kering, yang posisinya berdampingan dengan tulang tibia. Kedua tulang ini, tibia dan fibula, bertumpu pada tulang talus, yang posisinya berada di bawah kedua tulang tersebut. Ketiga tulang ini bekerja dengan dukungan dari otot dan ligamen yang berlokasi di pergelangan kaki tersebut.  

Fungsi Tulang Pergelangan Kaki 

Tulang pergelangan kaki yang terdiri atas tiga jenis tulang tersebut, memegang peranan penting dalam kehidupan. Tulang pergelangan kaki manfaat untuk berjalan, berlari, melompat, atau pun melakukan tindakan lain yang melibatkan gerakan kaki. Selain itu, Tulang pergelangan kaki fungsinya untuk menjaga kestabilan tungkai bawah tubuh. 

Gangguan pada Pergelangan Kaki 

Tahukah Anda bahwa pergelangan kaki merupakan sendi tubuh yang paling sering terluka. Salah satu gangguan pada pergelangan kaki yang paling sering terjadi adalah keseleo. Terjadinya gangguan pada pergelangan kaki bisa dipicu oleh cedera tulang, otot, atau jaringan lunak yang terdapat di pergelangan kaki tersebut. Simak berikut ini beberapa jenis gangguan pada pergelangan kaki. 

  1. Pergelangan Kaki Terkilir atau Keseleo 

Keseleo atau terkilir merupakan gangguan yang paling kerap terjadi pada pergelangan kaki. Seseorang mengalami keseleo karena adanya cedera pada ligamen di pergelangan kaki. Ligamen ini sendiri memiliki fungsi untuk menghubungkan tulang dari lutut ke pergelangan kaki dengan tulang dari pergelangan kaki ke telapak kaki. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Pergelangan kaki yang terkilir umumnya terjadi saat pergelangan kaki secara tiba-tiba terpelintir atau terputar. Umumnya, hal tersebut terjadi saat seseorang terjatuh atau saat sedang berolahraga yang melibatkan pergerakan kaki, misalnya seperti sepak bola, berlari, basket, dan lainnya. Tak jarang, terkilirnya pergelangan kaki disertai dengan pembengkakan pada area pergelangan kaki tersebut. 

Saat pergelangan kaki terkilir, baiknya langsung menghubungi dokter untuk bisa menentukan seberapa parah cedera pada ligamen tersebut dan pengobatan yang baiknya dilakukan. Durasi penyembuhannya sendiri beragam, ada yang sembuh dalam waktu beberapa minggu, serta ada juga yang harus menunggu hingga beberapa bulan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jika cedera ligamen pada pergelangan kaki terbilang ringan, pengobatan bisa dilakukan di rumah. Anda mungkin disarankan untuk mengonsumsi ibuprofen atau acetaminophen untuk mengurangi rasa sakitnya, menggunakan ankle brace, atau bahkan kruk. Anda pun bakal diminta untuk beristirahat dan tak melakukan pergerakan yang memberikan beban pada pergelangan kaki. 

Jika cedera pada ligamen tersebut terbilang parah, ada kemungkinan harus dilakukan operasi. Operasi yang dilakukan tersebut seperti artroskopi dan rekonstruksi. Setelah dilakukan operasi, konsultasi lanjutan harus tetap dilakukan, hingga kondisinya benar-benar pulih. Dengan cara inilah, maka fungsi tulang pergelangan kaki telapak kaki jari kaki bisa kembali pulih.   

  1. Patah Pergelangan Kaki 

Keretakan atau patah pada pergelangan kaki bisa terjadi pada satu atau lebih tulang pergelangan kaki tersebut. Jika keretakan ringan terjadi hanya pada satu tulang saja, Anda mungkin masih bisa berjalan. Namun, jika keretakan terbilang serius atau mungkin patah pada beberapa tulang pergelangan kaki, Anda mungkin tak bisa memfungsikan kaki dalam beberapa waktu yang relatif lama. 

Seseorang yang mengalami retak atau patah tulang pergelangan kaki, umumnya akan merasakan beberapa gejala seperti nyeri dan bengkak pada area pergelangan kaki tersebut. Saat diberi tekanan, area pergelangan kaki pun terasa tak nyaman atau terasa sakit. Jika Anda merasakan sakit pada pergelangan kaki setelah terjadinya suatu insiden, baiknya segera berkonsultasi dengan dokter. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

“Sebaiknya tetap  memeriksakan diri setelah jatuh atau kecelakaan untuk meyakinkan bahwa tidak terjadi keretakan tulang. Sementara itu, jangan bebani tulang anda yang nyeri, bisa juga memberikan es pada lokasi yang cedera untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan atau obat pereda rasa sakit seperti Paracetamol dan Ibuprofen. Bila ada tulang yang keluar, jangan melakukan apapun untuk berusaha memperbaikinya. Bila ada luka terbuka, sebaiknya ditutup dengan kain bersih dengan sedikit tekanan untuk mengurangi pendarahan” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk menjalani pemeriksaan seperti sinar X, CT Scan atau MRI. Dengan begini, akan diketahui apakah ada kerusakan pada tulang pergelangan kaki Anda. Jika kondisinya tak terlalu parah, mungkin Anda hanya diminta untuk menggunakan kruk atau penyangga kaki saja. Namun, jika kondisi patahnya lumayan parah, operasi mungkin saja akan dilakukan. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Itulah tadi ulasan mengenai fungsi tulang pergelangan kaki, serta beberapa bentuk gangguan yang kerap terjadi di area pergelangan kaki tersebut. Jika Anda merasakan nyeri di pergelangan kaki setelah terjatuh atau sehabis berolahraga, baiknya segera periksakan kondisi pergelangan kaki Anda ke dokter. Dengan begini, maka tulang pergelangan kaki fungsi bisa kembali normal. 

Dengan Lifepack, Anda dapat menolong pasien tanpa rasa khawatir. Konsultasi dengan pasien jadi lebih aman dan nyaman dimana saja. Daftar sekarang dan rasakan kemudahan saat menolong pasien.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

hubungan demam berdarah dan trombositopenia

Hubungan Demam Berdarah dan Trombositopenia

Hidup Sehat   24/09/2022
pentingnya kesehatan seksual

Dari Emosi Hingga Fisik, Ini Pentingnya Kesehatan Seksual untuk Semua Usia

Hidup Sehat   03/09/2022

Nutrimax Nutri Kidz: Manfaat, Kandungan, Efek Samping

Ibu dan Anak   25/07/2022
konimex renovit

Konimex Renovit: Kandungan, Manfaat, dan Dosis

Hidup Sehat   23/07/2022
apotek terlengkap dan terdekat

5 Tips dan Trik Mencari Apotek Terlengkap dan Terdekat

Hidup Sehat   04/07/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman