fbpx
BerandadirektoriObatCefadroxil Monohydrate: Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping

Apakah Anda pernah bertanya-tanya cefadroxil obat apa? cefadroxil monohydrate obat apa? Obat cefadroxil adalah obat yang digunakan untuk menghalang perkembangan dari bakteri.

cefadroxil monohydrate

Lalu, sebenarnya cefadroxil monohydrate obat untuk sakit apa? Apa manfaat obat cefadroxil monohydrate? Cefadroxil monohydrate merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi permasalahan infeksi pada saluran tenggorokan, saluran kencing, kulit, dan jantung. Obat ini hanya tersedia dalam bentuk tablet dan sirup. 

Berbeda dengan antibiotik yang lain, kegunaan cefadroxil monohydrate harus disesuaikan dengan anjuran dan resep dokter. Perlu untuk dihabiskan obat yang dianjurkan oleh dokter agar tubuh Anda lebih kebal terhadap infeksi. Padahal kondisi dari infeksi yang sedang Anda alami sudah sangat mereda dibandingkan sebelumnya 

Baca juga: Mengenal Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan

Penggunaan Cefadroxil Monohydrate pada pasien penyakit kronis seperti penyakit jantung dan pembuluh darah serta pernapasan kronis mungkin membutuhkan metode perawatan tambahan agar lebih cepat sembuh. 

Baca juga Palliative Care: Perawatan Untuk Mereka Melawan Penyakit Berat

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dosis Cefadroxil Monohydrate

Dosis dalam penggunaan obat cefadroxil monohydrate memakai volum mg (miligram) dan g (gram). Ada frekuensi takaran tersendiri dalam pemakaian obat cefadroxil monohydrate bagi orang dewasa dan anak-anak usia di atas 6 tahun. 

Orang dewasa menggunakan dosis gram, dengan takaran 1-2 gram dengan dosis yang terbagi setiap 12 jam. Untuk sistitis (peradangan pada bagian kantung kemih) maka pemakaian dosis dalam takaran 1-2 gram dalam sehari.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

 Infeksi pada jaringan kulit, jaringan lunak, saluran nafas atas, saluran nafas bawah pemakaian dosis pada obat ini adalah 1 gram/hari. Infeksi dengan skala cukup berat, maka ditingkatkan menjadi 2 gram dalam sehari terbagi. Dosis untuk faringitis dan tonsilitis cukup dengan dosis 1 gram/ hari terbagi dalam 10 hari. 

Anak-anak akan berbeda dengan dosis orang dewasa. Takaran penggunaan dosis pada anak-anak >6 tahun cukup mengenakan takaran miligram. Dosis untuk obat Cefadroxil monohydrate kapsul 500 mg, adalah cukup 25-50 mg/hari dalam takaran terbagi 2. 

Kontraindikasi 

Ada bahaya yang akan bermunculan jika penggunaannya tidak tepat untuk dilakukan. Ketika Anda memiliki hipersensitif dengan obat ini, maka bisa hubungi dokter dan lakukan konsultasi agar tidak berbahaya untuk tubuh. 

Interaksi dengan Obat Lain 

  • Penggunaan obat dibarengi dengan antibiotik yang lain akan menimbulkan efek yaitu penurunan pada efektivitas dari masing-masing obat yang dikonsumsi. 
  • Cefadroxil monohydrate digunakan bersama dengan vaksin BCG dan tifoid, maka kualitas dan efektivitas dari vaksin akan menurun tidak maksimal. 
  • Cefadroxil monohydrate digunakan bersama dengan mengkonsumsi pil KB maka akan melemahkan efek pil KB. 
  • Penggunaan cefadroxil monohydrate dengan probenecid, maka akan menimbulkan efek samping. 
  • Konsumsi cefadroxil monohydrate dengan cholestyramine memberikan efek obat yang akan menurun fungsinya. 

Kelompok Orang Berisiko 

Penggunaan cefadroxil monohydrate akan beresiko jika penggunanya tidak mematuhi atau menerapkan aturan dosis dari dokter. Walaupun golongan cefadroxil monohydrate yang termasuk ke dalam golongan B, maka tidak akan berpengaruh buruk terhadap beberapa pengguna. Layaknya, penelitian yang sudah dilakukan dalam obat cefadroxil monohydrate. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Meski penggunaan Cefadroxil pada ibu hamil tergolong aman, tetap konsultasi penggunaan cefadroxil monohydrate dengan dokter dan sesuaikan dengan manfaat serta resiko yang hadir ketika mengkonsumsi obat. 

Efek Samping Cefadroxil Monohydrate

Efek samping cefadroxil monohydrate termasuk banyak, tetapi efek samping ini akan nampak umum saja. Jika Anda sangat khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan oleh tubuh Anda. Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter yang sesuai dengan kondisi medis. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Beberapa efek samping yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi cefadroxil monohydrate, diantaranya sebagai berikut: 

  • Diare
  • Dispepsia atau sakit maag tiba-tiba
  • Mual serta muntah yang berlebih
  • Gangguan pada daerah saluran pencernaan
  • Demam yang mendadak menyerang tubuh
  • Hipersensitif, layaknya ruam pada kulit, wajah membengkak, sesak nafas 

Cara Konsumsi 

Konsumsi obat cefadroxil monohydrate cukup mudah karena hanya menyesuaikan dengan dosis yang sudah dianjurkan oleh dokter. Melihat golongan dari obat yang termasuk B dan merupakan obat khusus dengan resep obat. Maka Anda hanya perlu memperhatikan aspek dosis yang tertera pada kemasan dan sudah tertulis oleh dokter yang Anda ajak berkonsultasi. 

Tidak hanya itu, karena obat cefadroxil monohydrate berbentuk tablet dan sirup. Maka konsumsinya cukup mudah, untuk tablet bisa ditelan langsung atau dihancurkan menjadi bubuk agar bisa diminum. Berbeda dengan sirup, konsumsinya cukup diminum dan ditelan begitu saja. 

Konsumsi sesuai dengan usia yang sedang Anda injak saat ini. Ikuti anjuran dosis yang sudah disediakan oleh dokter. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis dari obat karena akan berpengaruh pada kinerja dan fungsi dari obat cefadroxil monohydrate. Anda bisa perhatikan dengan baik anjuran dosis agar tidak membahayakan tubuh diri sendiri. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Bagi ibu hamil dan menyusui, Anda bisa konsultasikan takaran yang baik dalam konsumsi obat ini untuk kondisi hamil dan menyusui kepada dokter. 

Demikian informasi seputar Cefadroxil monohydrate. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Butuh konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati konsultasi gratis dengan tim dokter berpengalaman Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 021 5086 8889 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Jika Anda telah memiliki resep obat, unggah foto resep Anda melalui aplikasi atau WhatsApp. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Atau kunjungi apotek kami offline Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet atau Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 021 5086 8889 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi dan lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jam operasional pada hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

komunitas jantung sehat

Mengenal Jenis Obat Vasodilator: Cara Kerja, Daftar Obat, dan Efek Samping

direktoriObat   25/11/2022
verapamil

Verapamil: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

direktoriObat   11/11/2022
obat angiotensin

Obat Hipertensi Angiotensin Receptor Blocker, Bagaimana Cara Kerjanya?

direktoriObat   09/11/2022
kandungan obat lapibal

Sering Digunakan untuk Gangguan Saraf, Apa Kandungan Obat Lapibal?

direktoriObat   04/11/2022
kandungan obat lansoprazole

Sering Digunakan untuk Obati GERD, Apa Kandungan Obat Lansoprazole?

direktoriObat   12/10/2022

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman