fbpx
BerandaHidup SehatApa Itu Sifat Temperamental? Kenali Penyebabnya

Ketika mendengar istilah temperamental, banyak orang beranggapan bahwa temperamental adalah orang yang mudah marah. Namun sebenarnya istilah temperamental lebih tepat digunakan untuk perasaan yang cepat berubah akibat sesuatu hal. Misalnya, mudah marah ketika ada hal kecil yang mengganggu, atau mudah berbesar hati saat mendapat pujian. Lalu, apa itu sebenarnya sifat temperamental? Simak ulasannya berikut ini. 

apa itu sifat temperamental

Apa Itu Sifat Temperamental?

Dalam masyarakat terjadi salah kaprah penggunaan istilah temperamental. Istilah temperamental sering dikaitkan dengan kondisi orang yang mudah marah. Namun sebenarnya, temperamental merujuk pada kondisi sifat seseorang yang perasaannya mudah berubah. Tidak selalu berubah ke arah pemarah, namun juga bisa berubah ke arah lebih sedih, atau menangis. 

Istilah temperamental yang beredar di masyarakat sekarang lebih tepat digunakan untuk menyebut istilah seseorang dengan kondisi pengelolaan amarah (anger management) yang buruk. Orang dengan pengelolaan amarah yang buruk cenderung mudah marah pada apa pun yang ada di sekitarnya, meskipun terkadang tidak disertai penyebab yang jelas. 

Penyebab Sifat Temperamental

Orang yang memiliki temperamen mudah marah dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk di antaranya stres dan masalah keluarga yang dialami. Beberapa penyebab sifat temperamental antara lain:

Depresi 

Orang yang mudah marah, uring-uringan dapat mengindikasikan gejala depresi yang ditandai dengan perasaan sedih dan kehilangan minat yang berlangsung setidaknya lebih dari 2 minggu. Setiap orang memiliki cara mengungkapkan kemarahan atau stres yang berbeda-beda. Pada beberapa orang, stres dapat memicu kemarahan yang berlebihan. Jika Anda mengalami depresi, Anda mungkin mengalami gejala lainnya seperti sifat lekas marah, kehilangan energi, putus asa dan muncul keinginan untuk bunuh diri. 

Obsessive compulsive disorder (OCD) 

Obsessive compulsive disorder (OCD) atau gangguan obsesif kompulsif adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan pikiran obsesif dan perilaku kompulsif, dimana seseorang memiliki pikiran dan dorongan atau gambaran yang tidak diinginkan dan mengganggu sehingga mendorong mereka untuk melakukan sesuatu secara berulang. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dalam sebuah penelitian di tahun 2011, kemarahan disebutkan sebagai salah satu gejala umum OCD. hampir sekitar setengah penderita OCD mengalami gejala kemarahan. Kemarahan pada pengidap OCD dapat timbul karena frustrasi dari ketidakmampuan Anda mencegah pikiran obsesif dan perilaku kompulsif atau karena adanya seseorang mengganggu kemampuan Anda dalam melakukan ritual.

Intermittent explosive disorder (IED)

Intermittent explosive disorder (IED) atau gangguan ledakan intermiten rentan mengalami perilaku agresif termasuk mudah marah. Orang dengan gangguan ini mungkin bereaksi berlebihan terhadap situasi di sekitarnya dengan ledakan kemarahan yang tidak seimbang dengan situasi tersebut. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Selain marah, beberapa gejala gangguan ledakan intermiten antara lain mudah marah, sering berargumen, berkelahi dan mudah melakukan kekerasan fisik, suka melempar barang. Biasanya orang dengan gangguan ini mudah merasa menyesal atau malu setelah mengalami satu episode.

Selain beberapa penyebab di atas, bagaimana dan kapan Anda merasa marah, serta bagaimana Anda bereaksi terhadap kemarahan, dapat bergantung pada banyak faktor dalam hidup Anda, termasuk di antaranya:

  • Masa kecil dan pendidikan
  • Pengalaman masa lalu
  • Kondisi kesehatan mental dan fisik saat ini
  • Kesehatan dan kesejahteraan saat ini

Entah kemarahan Anda disebabkan oleh sesuatu yang terjadi di masa lalu atau sesuatu yang terjadi saat ini, Anda dapat memikirkan kembali bagaimana sebaiknya bereaksi terhadap hal-hal yang memicu kemarahan. Anda dapat belajar bagaimana mengatasi emosi kita dengan lebih baik dan menemukan cara untuk mengelola kemarahan kita. 

Penanganan Sifat Temperamental

Marah sebenarnya adalah emosi yang wajar dialami manusia. Namun jika Anda merasa sifat temperamental Anda sudah berlebihan dan mengganggu hubungan sosial dan profesional, sebaiknya periksakan ke dokter atau psikolog. 

Jaminan Lifepack untuk Anda

Dokter atau psikolog dapat membantu menentukan apakah Anda memiliki kondisi kesehatan mental mendasar yang menyebabkan masalah kemarahan dan memerlukan pengobatan. Untuk mengatasi sifat temperamental tersebut, dokter atau psikolog dapat merekomendasikan manajemen kemarahan (anger management) yang meliputi: 

  • Teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan, yoga, atau meditasi
  • Terapi perilaku, di antaranya terapi perilaku kognitif untuk mengetahui emosi yang dirasakan dan mengendalikan reaksinya
  • Minum obat-obatan untuk meredakan gejala depresi dan kecemasan
  • Mengikuti kelas manajemen amarah dengan bimbingan dokter atau psikolog dan latihan manajemen kemarahan di rumah

Dalam latihan manajemen amarah, Anda mungkin akan diminta menulis jurnal harian untuk menyalurkan amarah dan mengubah pola pikir Anda. Selama proses latihan, sebaiknya hindari hal-hal penyebab amarah untuk meredam sifat temperamental Anda. 

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Demikian informasi seputar apa itu sifat temperamental?. Karena tergolong ke dalam obat keras, obat-obatan untuk kesehatan mental hanya bisa didapatkan melalui konsultasi dokter dengan obat resep. Dapatkan informasi dan kebutuhan kesehatan Anda hanya di Apotek Lifepack.

Ingin konsultasi dokter dan tebus obat resep?

Nikmati kemudahan konsultasi GRATIS dengan tim dokter berpengalaman Apotek Lifepack. Sampaikan keluhan dan kebutuhan obat Anda langsung ke dokter kami melalui WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 atau melalui link berikut.

Dengan layanan digital Apotek Lifepack yang telah terintegrasi, Anda tidak perlu lagi antre ketika menebus resep obat. Apoteker kami akan membantu memvalidasi resep Anda. Layanan tebus resep akan sangat membantu kebutuhan obat rutin pasien kronis.

Jaminan Lifepack untuk Anda

Apa Itu Apotek Lifepack?

Apotek Lifepack menyediakan beragam obat bebas, obat rutin, suplemen, hingga alat kesehatan dengan harga hemat, produk original berlisensi BPOM, dan gratis ongkir se-Indonesia. Layanan Lifepack tersedia secara online maupun offline. Dapatkan konsultasi dokter gratis dan program prioritas obat rutin secara khusus di layanan online kami. 

Kunjungi juga apotek offline kami di berbagai kota besar. Jakarta di alamat Infinia Park, Jl. Dr. Saharjo No.45, Manggarai, Tebet. Sedangkan Surabaya di Jl. Raya Manyar 11 F, Menur Pumpungan. Untuk warga Bandung, Anda juga bisa membeli obat di Apotek Lifepack Bandung di Jl. Abdul Rahman Saleh Nomor 1A Ruko D, Cicendo. Nantikan kehadiran Apotek Lifepack di kota-kota besar Indonesia lainnya.

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Jangan ragu juga untuk hubungi WhatsApp di nomor 0811 1062 5888 untuk beli obat, tebus resep, layanan konsultasi, dan lain-lainnya. Tim Asisten Apoteker kami akan membalas pesan Anda pada jadwal operasional, yaitu hari Senin – Minggu, pukul 07.00 – 23.00. Dapatkan informasi Apotek Lifepack lebih lanjut di sini.

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Referensi

Pertanyaan Seputar Lifepack

+

Apa itu Lifepack?

+

Apa yang membuat Lifepack berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Lifepack?

+

Berapa lama pengiriman obat saya?

+

Dokter spesialis apa saja yang tersedia di Lifepack?

Konsultasi Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat Anda

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Konsultasi mobile Bersama Dokter kami secara Gratis, dan Dapatkan Resep Obat anda

Konsultasi Sekarang

Jaminan Lifepack untuk Anda

100% Obat Asli

Semua produk yang kami jual dijamin asli dan kualitas terbaik.

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS!

5 Alasan Beli Obat di Lifepack

Kebersihan Apotek Selalu Terjaga

Apoteker selalu dicek suhu badannya

Apoteker selalu menggunakan Sanitizer

Kemasan obat praktis dan aman

Pengiriman dilakukan tanpa kontak langsung

Artikel Terkait

Sering Merasa Cemas dan Susah Tidur? Jangan Diabaikan!

Hidup Sehat   23/02/2024
manfaat me time bagi mental

Manfaat Me Time bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   30/12/2023
pengaruh perselingkuhan orang tua bagi mental anak

Pengaruh Perselingkuhan Orang Tua bagi Mental Anak

Hidup Sehat   29/12/2023
efek perselingkuhan bagi mental

Efek Perselingkuhan bagi Kesehatan Mental

Hidup Sehat   28/12/2023
kondisi mental orangtua berpengaruh ke anak

Kondisi Mental Orang Tua Berpengaruh ke Kesehatan Anak

Hidup Sehat   27/12/2023

Tebus Obat Tak Perlu Antre Lagi

Dapatkan atau Upload resep, obat siap dikirim ke lokasi Anda

Chat via Whatsapp

Respon Cepat, Jawaban Akurat

Download Aplikasi

Obat Dijamin Asli, Lengkap dan Murah

Pelajari Lebih Lanjut

Metode Pembayaran

metode pembayaran

Partner Pengiriman